5 Souvenir Paling Aneh di Dunia, Dari Selai Kayu Sampai Kotoran Panda!

oleh Tetalogi
07:00 AM on Oct 30, 2016

Nggak ada cara yang lebih baik untuk mengenang kisah traveling kita dengan foto, video atau souvenir. Nah, kalau foto dan video sih, kita bisa mengambil gambarnya sendiri dan memilih mana momen atau pemandangan paling cantik yang kita mau. Kalau souvenir, biasanya memang sudah dijual dan disediakan di sekitar tempat wisata tersebut yang unik dan khas.

Tapi, unik dan khas saja kadang masih belum bisa menggambarkan souvenir-souvenir ini dengan cukup baik. Pasalnya, ada juga beberapa kenang-kenangan yang benar-benar aneh dan bikin geleng kepala. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Buku dari Kotoran Panda

Yup, benar, di kebun binatang Toronto, Canada, kamu bisa membeli sebuah buku yang terbuat dari kotoran binatang paling lucu di dunia, Panda. Binatang ini makan bambu sebagai menu hariannya, tapi yang dicerna hanya 30 persennya saja.

Buku dari kotoran panda [Image Source]
Buku dari kotoran panda [Image Source]
Jadi, staf kebun binatang akan mengumpulkan potongan bambu yang neggak tercerna ini, mengeringkannya, kemudian disterilkan sebelum dibuat menjadi buku tulis. Entah siapa yang punya ide membuat kotoran panda sebagai buku tulis untuk oleh-oleh turis. Tapi kalau kamu mungkin berminat, kamu bisa mendapatkannya di kebun binatang Toronto, Canada.

2. Selai Kayu

Siapa yang akan tergoda dengan hidangan berupa sepotong kayu di piring? Rasanya sih nggak ada, tapi inilah yang ditawarkan Argentina untuk turis yang berkunjung ke negaranya. Berabad-abad yang lalu, penduduk asli Argentina menyadari bahwa pohon Yacaratia sangat kaya protein, vitamin, karbohidrat, dan air.

Selai [Image Source]
Selai [Image Source]
Nah, tapi bukan berarti kamu akan diberi sepotong kayu begitu saja. Bangsa Argentina akan mencampur pohon bernutrisi ini dengan madu dan gelatin untuk diubah ke selai. Jangan berkecil hati dulu, karena selai ini rasanya sangat lezat meski terbuat dari kayu. Nama makanan khas ini adalah confiture de Madera yang artinya selai kayu.

3. Janin Llama

Jalan-jalan di sekitar pasar sihir di La Paz, Bolivia, kamu akan menemukan banyak benda-benda dan alat magis untuk menyembuhkan semua masalahmu. Mulai dari penambah nafsu, sampai obat-obatan herbal. Tapi yang paling aneh adalah janin llama yang sudah jadi mumi.

Janin Llama [Image Source]
Janin Llama [Image Source]
Benda ini adalah persembahan tradisional dalam budaya Andean. Agar bisa membawakan keberuntungan, kamu harus mengubur janin ini di bawah fondasi rumah yang baru akan dibangun. Bagi orang luar, hal ini tentu saja sangat aneh dan ngeri, tapi sebenarnya juga sangat penting bagi budaya Bolivia.

4. Wolpertinger

Di Bavaria, kamu akan mendengar dongeng kuno yang menjelaskan binatang mitos wolptinger. Bentuknya seperti gabungan dari tupai, kelinci, burung, dan rusa. Masyarakat lokal percaya bahwa binatang ini bisa ditemukan di hutan alpen dengan Munich dan tertarik pada wanita cantik.

Wolpertinger [Image Source]
Wolpertinger [Image Source]
Nah, untuk menghidupkan mitos ini, maka dibuatlah wolptinger sungguhan. Souvenir ini dibuat dengan menggabungkan bagian tubuh dari boneka binatang yang dijadikan satu. Tentu saja bentuknya jadi nggak keruan, tapi inilah Wolpertinger yang siap untuk kamu bawa pulang.

5. Whisky Cobra

Di daerah Asia Tenggara, terutama Vietnam, Thailand, dan Kamboja, kamu akan menemukan binatang mengerikan seperti kalajengking, kobra, dan kaki seribu yang dimasukkan ke dalam botol whiskey lokal. Minuman ini biasanya didiamkan selama beberapa bulan sebelum dijual di restoran. Rasanya pada umumnya terasa  sedikit anyir.

Whiskey Cobra [Image Source]
Whiskey Cobra [Image Source]
Selama berabad-abad, ramuan seperti ini sudah digunakan dalam pengobatan China untuk menyembuhkan sakit punggung dan membuat mereka kembali segar dan bersemangat. Bahkan ada juga yang mengatakan obat ini mampu menjadi penambah gairah.

Itulah beberapa souvenir paling aneh yang ada di dunia dan mungkin akan membuat orang-orang bertanya-tanya untuk membelinya. Kalau di Indonesia, souvenir apakah yang menurutmu lebih unik dari negara atau wilayah lainnya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA