Resep Soto Ayam Kuah Kuning Spesial Lebaran

oleh Maya Galuh
12:53 PM on Jul 15, 2015

Soto ayam memang menu yang biasa ditemui sehari-hari, tapi bukan berarti tidak bisa disajikan untuk menu bersama saat lebaran tiba. Salah satu kreasi soto yang nikmat adalah soto ayam kuah kuning. Wah menarik ya kedengarannya?

Soto Ayam Kuah Kuning
Soto Ayam Kuah Kuning [ImageSource]
Berbeda dengan bumbu soto ayam yang kuahnya bening, hidangan satu ini citarasanya juga beda. Yuk kejutkan keluarga dengan sajian yang istimewa ini. Cara membuatnya juga sangat mudah:
Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Bahan:
1 ekor ayam kampung
2 buah tomat merah segar
50 gr mie bihun putih
3 butir telur ayam kampung
2 liter air
Separuh kubis
Tauge secukupnya
4 buah kentang
Bawang goreng secukupnya

Bumbu Soto:
2 lembar daun salam
1 batang daun bawang, rajang halus
25 gr lengkuas
2 sdm minyak goreng
3 lembar daun jeruk purut
2 batang serai, geprek hingga pipih

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica
2 sdm garam halus
1 buah kunyit ukuran kecil
4 buah kemiri, sangrai hingga kecoklatan
1 ruas jahe ukuran kecil
3 buah bawang merah

Langkah Memasak:
1. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
2. Sisihkan, lalu rebus ayam yang telah dibersihkan dan dipotong-potong bersama bumbu tumis tadi, tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai hingga bumbu meresap dan ayam empuk.
3. Aduk hingga jadi kuah soto, lalu angkat ayam dan suwir-suwir.
4. Masukkan tulang ayam tadi kembali ke dalam kuah.

Penyajian:
Rebus tauge, kubis hingga matang, tiriskan. Lalu potong-potong telur ayam yang telah direbus, tomat segar dan kentang rebus. Sajikan bersama ketupat atau lontong dan kuah. Untuk aroma yang segar, peraskan jeruk nipis di atasnya dan taburkan bawang putih goreng sebagai pelengkap.
Jika Anda suka sambal, maka sambal tomat mentah cocok untuk mendampingi soto ayam kuah kuning ini. Tambahkan juga remah-remah emping dan juga kerupuk ikan untuk rasa yang makin lezat dan menggoda.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA