5 Hal Receh yang Sering Dibagikan di Sosmed Ini Ternyata Bisa Mengancam Keamananmu

Sepele sih, tapi kalau dilakukan berlebihan berbahaya juga

oleh Sastranagari
08:00 AM on Jun 30, 2017

Bermain sosial media menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Ada sensasi tersendiri ketika apa yang kita bagikan di sosmed mendapat reaksi dari banyak orang. Entah itu dalam bentuk like, komen, atau sekedar dilihat banyak orang saja.

Reaksi tersebut membuat kita menginginkan hal yang lebih. Kita akan semakin rajin membagikan apa saja yang kita lakukan, demi mendapat reaksi dari teman-teman di dunia maya. Sampai-sampai hal yang kita lakukan berlebihan, seperti misalnya mengunggah tiket perjalanan. Kalau nggak hati-hati data yang ada di tiket tersebut disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Selain itu, apa lagi sih hal remeh yang bisa merugikan kita kalau sampai diposting di sosmed?

Baca Juga
8 Tips Anti Gugup Ucap Ijab Kabul Ini Wajib Kamu Lakukan Supaya Pernikahanmu Nggak Berakhir Konyol
6 Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya Agar Nggak Sampai Ketipu

1. Mengunggah Tiket Pesawat Ke Sosial Media

Saat liburan, kita nggak sabar ingin memamerkan kegiatan kita di sosial media. Segala macam hal mengenai keberangkatan, kita posting di sosial media. Mulai dari persiapan, packing, hingga tiket pesawat kita posting. Eits, tunggu dulu!

Posting tiket di sosial media [image source]
Memposting tiket pesawat ke sosmed bisa merugikanmu lho. Di tiket tersebut terdapat kode booking yang bisa diretas oleh pihak yang nggak bertanggung jawab. Kalau berhasil diretas, mereka ini bisa mengubah tiketmu sekehendak hati. Parahnya lagi, mereka bisa tahu data pribadimu seperti kartu kredit, alamat lengkap, dan nomor telepon. Bahaya banget kan?

2. Berbagi Lokasi di Sosial Media

Membagikan lokasi di sosial media dianggap perbuatan yang sepele. Sharing lokasi tersebut juga bisa membuat prestisemu meningkat. Namun, lain kali perlu kamu pikir masak-masak saat ingin berbagi lokasi di sosial media.

Share location [image source]
Dengan membagikan lokasi, celah privasimu terbuka lebar. Orang lain jadi tahu di mana kamu berada. Ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang nggak suka denganmu. Selain itu, kamu juga memberi tahu banyak orang kalau kamu sedang nggak berada di rumah. Informasi ini akan berbahaya jika jatuh ke tangan orang jahat.

3. Membagikan Foto Identitas Pribadi di Sosial Media

Passport [image source]
Punya KTP, paspor, SIM baru pasti rasanya sangat menyenangkan. Siapa sih yang nggak suka menunjukkan barang baru? Sedikit banyak pasti kita ingin orang lain tahu dong ya. Namun, kalau ingin berbagi kartu identitas baru ada baiknya dipikir berulang kali. Membagikan identitas pribadi di dunia maya sangat berbahaya. Identitas yang kamu bagi bisa disalahgunakan orang lain untuk melakukan kejahatan.

4. Mengunggah Foto Anak

Bagi pasangan muda, memiliki anak adalah sebuah anugerah yang tak terkira. Hal membahagiakan tentunya layak dong untuk dibagi ke teman di jejaring sosial. Tanpa pikir panjang lagi foto anak lah yang akhirnya menghiasi linimasa.

Share foto anak [image source]
Mengunggah foto anak sebaiknya nggak dilakukan sering-sering, karena akibatnya bisa fatal. Anak bisa menjadi korban penculikan atau pemerkosaan. Sudah banyak kasus yang menimpa anak selebriti yang menjadi korbannya, salah satunya Ruben Onsu.

5. Menuliskan Nomor Telepon di Sosial Media

Nomer telepon [image source]
Nomor telepon pribadi adalah hal yang sensitif. Kalau sampai banyak orang mengetahui nomor telepon kita, maka bahaya bisa mengintai. Saat ini sering sekali orang tak bertanggung jawab yang menggunakan nomor telepon kita untuk keuntungan mereka. Mereka berpura-pura menjadi anggota keluarga kita yang kecelakaan dan meminta transfer sejumlah uang. Modus lainnya penipuan lewat nomor telepon ini banyak sekali. Jadi, kita harus berhati-hati.

Nggak ada salahnya bermain sosial media, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keselamatan kita terjaga. Jangan sampai kita rela melakukan apa saja hanya demi dilihat dan disukai banyak orang. Ingat, yang namanya dunia maya tak semuanya nyata.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA