Kalem Dulu, Nggak Usah Ikutan Emosi Lihat Sepatu Bersol Peta Indonesia

oleh dyan
13:02 PM on May 14, 2016

Jaman sekarang apapun yang diposting di media sosial bisa jadi ramai, kalau ‘beruntung’ bisa jadi viral dan dibicarakan orang se-Indonesia. Sisi baiknya, semua pihak jadi tahu lalu bisa dicarikan solusi kalau perlu. Tapi nggak jarang malah cuma diperdebatkan, lalu menghilang seiring munculnya postingan aneh lainnya.

Yang ramai belakangan ini adalah sebuah postingan di Instagram, sebuah sepatu yang solnya ‘ditempeli’ peta Indonesia. Postingan akun @bikinrame ini didebatkan netizen. Sudah lihat?

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Sepatu Sol Peta Indonesia
Sepatu Sol Peta Indonesia

Dalam postingan akun ini, tercantum juga tulisan “Ini pendapat saya tidak bermaksud lain. Silahkan yang mau berkomentar.” yang langsung didebatkan oleh netizen. Ada yang bangga-bangga saja tapi tidak sedikit juga yang berpendapat kalau ini menginjak harga diri bangsa Indonesia. Seperti yang dilontarkan netizen @yogiedo, “Contoh kecil, gimana kalo foto Anda diukir di situ?” Komentar senada juga datang dari netizen @frhn_1205, katanya “Wahh penghinaan ini.”

Seperti koin dengan dua sisi, ada pula netizen yang memilih untuk mengambil sisi positifnya saja. @fathur27 misalnya, ia berkomentar “Berusaha menghargai karya yang dihasilkan orang lain, walaupun karya itu tidak semua disukai orang.” Pun @robesafaat yang menimpali dengan “Jangan berargumen dulu, infonya aja ga jelas siapa yang buat tujuannya apa, dikritisin dulu lah.”

Jadi, Siapakah Produsen Sepatu Bersol Peta Indonesia Ini?

Brodo [Image Source]
Brodo [Image Source]
Mereka adalah Brodo, produk gagasan dua anak muda Bandung yang tercipta karena kesusahan cari sepatu ukuran besar. Awal tahun ini, Brodo memang meluncurkan beberapa sepatu edisi terbatas yang tidak disangka-sangka malah jadi perdebatan di dunia maya.

Pengakuan Brodo Tentang Sepatu Bersol Peta Indonesia

Zella Boots
Zella Boots Brodo

Brodo mengakui bahwa sepatu yang jadi perdebatan itu adalah produksi mereka. Dilansir dari Jawa Pos National Network, tujuan mereka menggunakan peta Indonesia di sol adalah agar kemana pun pemakai sepatu itu melangkah, di sanalah tercetak Indonesia.

Netizen yang kontra berpendapat bahwa peta termasuk lambang negara, jadi harus dijaga dan diperlakukan dengan pantas. Hmm.. Patut dipertanyakan nih pengetahuannya. Lambang negara Indonesia kan cuma satu yaitu Garuda Pancasila. Tapi ini jadi bukti kalau kamu emang cinta sama Indonesia. Walau begitu mending kamu kalem dulu dan jangan keburu emosi karena tulisan yang provokatif. Kenali lebih dalam dulu deh negara kita ini, setuju?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA