in

4 Pemimpin Indonesia Yang Konon Memiliki Hubungan Batin Dengan Nyi Roro Kidul

Joko Widodo
Joko Widodo [image source]

Mau memisahkan klenik dan hal mistis dari Indonesia? Sepertinya hal itu akan sulit sekali. Karena bukan hanya hal-hal sepele, panggung politik terkadang juga dihubung-hubungkan dengan mitos dan alam ghaib. Ada pejabat yang memang mengakuinya dan secara terang-terangan menunjukkan hubunganya dengan alam ghoib dalam bentuk benda-benda keramat, azimat maupun dalam bentuk aktivitas seperti ritual dan pertapaan di tempat keramat.

Ada juga tokoh-tokoh pemimpin indonesia yang diduga memiliki hubungan batin dengan sosok mistis penguasa pantai Selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Bahkan peristiwa pergantian kekuasaan seringkali juga dihubungkan dengan restu dari sang Nyai. Siapa sajakah pemimpin Indonesia yang konon memiliki hubungan batin dengan Nyi Roro Kidul? Berikut ini ulasanya

1. Soekarno

Para tokoh supranatural banyak yang mengakui bahwa hampir semua penguasa Indonesia memiliki hubungan batin dengan sosok Nyi Roro Kidul. Tak terkecuali presiden pertama Indonesia Soekarno. Proklamator Indonesia tersebut memang besar dengan budaya Jawa. Ia bahkan juga mempercayai ramalan-ramalan kuno seperti ramalan Prabu Jayabaya tentang datangnya bangsa asing berkulit kuning yang kemudian disamakan dengan kedatangan Jepang.

Soekarno
Soekarno [image source]
Hubungan Soekarno dan Nyi Roro Kidul mulai menjadi perbincangan publik sejak lama. Apalagi saat Soekarno mencetuskan ide pembangunan Samudera Beach Hotel, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Sebagian orang menilai keinginan Soekarno sebenarnya adalah membangun tempat untuk menjalin hubungan dengan Nyai Ratu.

2. Soeharto

Soeharto tak bisa dilepaskan dari nilai-nilai filosofis budaya Jawa. Ia begitu kukuh memegang tradisi. Banyak orang-orang di dekatnya yang mengatakan aktivitas spiritual seperti semedi dan puasa adalah hal yang biasa bagi Penguasa Orde Baru ini.

 Soeharto
Soeharto [image source]
Kekuasaanya yang langgeng salama puluhan tahun bagi masyarakat yang kental dengan kepercayaan dan adat Jawa, pasti dihubungkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul juga dianggap sebagai simbol yang menjaga keseimbangan Nusantara. Sesuai dengan Soeharto yang sangat kental dangn filosofis Jawa khusunya untuk hal keserasian antara manuisa dan alam semesta.

3. Sultan Hamengku Buwono IX

Sebelum para presiden Indonesia, para raja Jawa juga konon memiliki hubungan batin dengan Nyi Roro Kidul. Demi melanggengkan kekuasaan, para raja Jawa harus bersedia menjalin hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Mitos yang berkembang di masyarakat menjelaskan bahwa Nyi Roro Kidul erat kaitannya dengan para pendiri Mataram.

Sultan Hamengku Buwono IX
Sultan Hamengku Buwono IX [image source]
Konon hubungan tersebut diteruskan pada para keturunannya sampai saat ini salah satunya adalah Sultan Hamengkubuwono IX. Hamengku Buwono IX bukan hanya seorang raja tapi dia adalah tokoh perjuangan Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia. Hamengku Buwana IX pernah menceritakan perihal pengalaman spiritualnya bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Makhluk ghaib tersdebut digambarkan dengan wujud wanita cantik saat bulan purnama dan sebagai wanita tua di waktu yang lain.

4. Joko Widodo

Presiden Indonesia yang baru, Joko Widodo juga tak lepas dari mitos Nyi Roro Kidul ini. Pribadi Joko Widodo yang juga berasal dari Jawa membuat masyarakat jadi menyamakannya dengan Soekarno dan Seoharto dalam hal kedekatan dengan sosok ghaib Nyi Roro Kidul.

Joko Widodo
Joko Widodo [image source]
Publik sempat heboh dengan isu-isu klenik yang memberitakan bahwa pasukan Nyi Roro Kidul ikut mengawal Joko Widodo saat pawai mengendarai kereta Kenacana setalah ia resmi menjadi presiden. Di lain pihak, ada juga masyarakat yang memandang berita tersebut hanya sebagi isu untuk memperkuat kepemimpinan Joko Widodo.

Itulah empat pemimpin Indonesia yang konon memiliki hubungan batin dengan Nyi Roro Kidul. Adanya sosok ghaib penguasa Pantai Selatan tersebut memang hanyalah sebuah mitos dan belum terbukti kebenarannya. Tentu setiap orang memiliki kepercayaannya masing-masing terutama soal ha-hal yang berbau mistis. Lalu bagaimana dengan Anda sendiri? Percayakah dengan mitos tersebut? Silahkan tuliskan komentar Anda di bawah ini.

Written by Febri

Leave a Reply

Potong Jari di Suku Dani

4 Hukum Adat Paling Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

7 Bangunan Kuno yang Menunjukkan Bahwa Arsitektur Islam itu Super Indah