Ternyata Bung Karno Bukan Presiden Terbaik Indonesia, Ini Lho Orangnya Menurut Survey!

oleh Rizal
09:07 AM on May 16, 2016

Bapak Bangsa, Pendiri Indonesia, Putra Sang Fajar, Sang Proklamator, adalah sedikit dari banyaknya gelar yang disandang oleh Presiden Soekarno. Memang tak mengherankan karena apa yang dilakukannya benar-benar besar. Indonesia yang akhirnya lepas dari kungkungan penjajahan dan bisa berdiri di bawah kakinya sendiri adalah berkat jasanya. Melihat sumbangsih yang diberikannya, maka kita bisa ambil kesimpulan kalau Bung Karno-lah presiden terbaik republik ini.

Baca Juga: Fakta Miris Soekarno di Era Orde Baru yang Seakan ‘Hidup Segan Mati Tak Mau’

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Ya, kesannya memang seperti itu, tapi kalau dilihat dari statistik, apakah sama? Sayangnya tidak. Bung Karno nyatanya bukan presiden terbaik. Dilansir dari data survey yang dilakukan oleh Indo Barometer, Soekarno menempati peringkat kedua presiden terbaik. Nah, sekarang yang jadi pertanyaan besar, siapa yang bisa mengalahkan Bapak Bangsa ini? Menurut survey, pemimpin terbaik Indonesia adalah HM Soeharto, presiden kedua kita.

Tentu ada alasannya kenapa suami Ibu Tien ini jadi yang paling greget. Dan berikut ini adalah alasan kenapa Soeharto jadi yang terbaik serta peringkat para presiden lainnya.

Soeharto, Presiden Terbaik NKRI

Soeharto dianggap menjadi pemimpin terbaik Indonesia dengan mengantongi 27,5 persen suara. Para voters ini sepakat kalau di masa presiden kedua ini Indonesia berada di masa terbaiknya. Harga pangan murah, bbm tak tinggi, sangat aman, pembangunan merata dan lain sebagainya.

Soeharto [Image Source]
Soeharto [Image Source]
Kalau berkaca dari realitanya memang begitu. Soeharto benar-benar tahu caranya bikin rakyat bahagia. Meskipun begitu Soeharto pernah bikin blunder besar yang membuatnya harus diturunkan. Terlepas dari apa yang pernah dilakukannya, berkaca dari data yang ada Soeharto tetap yang terbaik.

Soekarno Ternyata Tak Bisa Mengungguli Si Junior

Sangat mengejutkan ketika tahu Soekarno sang pendiri bangsa ternyata ada di nomor dua dalam survey presiden terbaik. Kalau dilihat dari statistiknya, Bung Karno meraih suara sebanyak 24,8 persen. Hanya selisih 3 persen saja dari sang junior.

Soekarno [Image Source]
Soekarno [Image Source]
Kalau dilihat dari apa yang dilakukannya, tentu jasa Soekarno sangat besar. Ada pun alasan kenapa suara Soeharto lebih banyak, mungkin lantaran banyak yang menganggap kalau Bung Karno kalah dalam hal penyejahteraan rakyat. Mungkin juga karena peristiwa G30S yang sedikit banyak mencatut namanya.

Jokowi Hampir Mengungguli Soekarno

Hal lain yang juga mencengangkan dalam survey ini adalah fakta Jokowi yang dinobatkan sebagai presiden terbaik ketiga. Bahkan kalau dilihat dari angka, hanya selisih sedikit sekali sang mantan Walikota Solo ini dengan bapak bangsa. Jokowi mencatatkan angka 23,8 persen.

Jokowi [Image Source]
Jokowi [Image Source]
Merakyat, down to earth, tak neko-neko adalah alasan kenapa mantan pasangan Ahok ini dipilih. Di samping itu, Jokowi juga dianggap membuat banyak gebrakan lewat program-programnnya yang sangar.

SBY, Presiden Terbaik Keempat

Jauh dari tiga teratas ada nama Susilo Bambang Yudhoyono di peringkat keempat. Jumlahnya sendiri hanya 9 persen. Sebenarnya ini cukup mengejutkan juga, pasalnya SBY pun melakukan banyak hal-hal positif selama memimpin. Bahkan sampai terpilih dua kali adalah bukti kalau beliau kredibel.

SBY [Image Source]
SBY [Image Source]
Tapi, mungkin jika dibandingkan dengan Soeharto atau Soekarno, SBY memang masih belum bisa mengimbangi. Terlepas dari itu, apa yang telah dilakukannya selama 10 tahun sangat layak untuk diapresiasi. Mungkin kalau survey-nya presiden terlama SBY masuk dalam tiga besar.

Megawati, Dianggap Presiden Paling Terburuk

Setelah SBY ada nama BJ Habibie dan Gusdur, maka otomatis julukan presiden terburuk Indonesia jatuh kepada Megawati. Menurut survey, pentolan PDI Perjuangan ini hanya mendapatkan 0,5 persen suara.

Megawati [Image Source]
Megawati [Image Source]
Kalau berkaca kepada perkataan Rachmawati Soekarnoputri, ada beberapa blunder yang dilakukan oleh presiden kelima itu. Hal tersebut adalah soal BLBI dan juga manuver Mega yang menjual aset-aset berharga negara. Mungkin ini juga yang membuat koresponden enggan memilih putri Bung Karno sehingga menempatkan Megawati di posisi buncit daftar presiden terbaik.

Baca Juga: Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Soeharto jadi presiden terbaik mengungguli Bung Karno, sungguh sebuah fakta yang mengejutkan. Survey ini sendiri dilakukan hanya di beberapa kota besar dengan koresponden acak sebanyak 400. Seumpama dilakukan dengan skala yang lebih besar, kemungkinan pasti mengalami perubahan. Terlepas dari semua ini, soal Soeharto yang dianggap presiden terbaik, kita mungkin harus mengakui hal tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA