5 Cara Smartphone Bikin Puasamu NOL Pahalanya

oleh Rizal
07:10 AM on Jun 12, 2016

Berpuasa itu kelihatannya gampang, tapi aslinya susah banget. Nggak hanya tentang menahan diri untuk tak makan dan minum, puasa juga soal menjaga pahalanya biar tetap sempurna. Dan yang kedua itu sungguh sangat susah, karena terlampau banyak godaannya. Bahkan mereka bisa dijangkau dalam genggaman. Yup, kamu tentu paham tentang apa yang bakal kita bicarakan ini.

Smartphone, benda pintar ini berguna sangat banyak, pun saat berpuasa. Tak hanya jadi hiburan sambil menunggu buka, smartphone bisa dijejali banyak apps yang bisa bikin puasa kita makin syahdu dan berpahala. Tapi, smartphone itu ibarat pedang bermata dua, alias punya sisi yang menghujam muka alias hal negatif, terutama yang berpotensi bikin puasa NOL pahalanya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Smartphone bisa bikin puasa tanpa arti adalah fakta. Makanya, harus aware biar nggak puasa dengan percuma. Sadari hal-hal berikut biar benda pintar ini nggak bikin puasa jadi kosong pahalanya.

1. Tergoda Main Internet di Smartphone

Smartphone nggak ada koneksi internet itu seperti sayur bayam nggak ada garamnya, alias hambar. Wajib hukumnya untuk ada koneksi di smartphone. Nggak hanya karena banyak servis yang mengharuskan adanya koneksi, tapi internet sendiri memang jadi kebutuhan pengguna smartphone.

Internetan di smartphone [Image Source]
Internetan di smartphone [Image Source]
Nah, jika biasanya di luar Ramadan kita bisa main internet sebebas-bebasnya, pas puasa jangan sampai hal tersebut terus dilakukan. Kadang meskipun puasa kita suka nggak sadar dengan browsing hal-hal yang NSFW (not safe for work). Harus dihati-hati ya, biar pahala puasa bisa tetap genap alias nggak kurang bahkan hilang.

2. Godaan Nge-Youtube Juga Besar

Ada begitu banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan dengan smartphone. Salah satu yang paling hits adalah streaming youtube. Memang asyik tuh streaming-an sambil nungguin buka. Tapi awas, jangan sampai gara-gara ini puasa nggak ada nilainya.

Nonton youtube di smartphone [Image Source]
Nonton youtube di smartphone [Image Source]
Apa pun yang mancing kita, itu bisa bikin puasa nggak berpahala, dan jujur saja nih di youtube itu banyak yang begitu. Mulai dari video klip artis manca, sampai video-video parodi. Iklan juga begitu, kadang menampilkan yang bikin kita mikir aneh-aneh. Emang sih semua tergantung mindset, tapi bukan jaminan kalau nggak kepancing pas ada pemicunya?

3. Game-Game Smartphone Bisa Juga Bikin Puasa NOL

Segala hal yang berhubungan dengan hiburan bisa dilakukan di smartphone. Nggak hanya nonton youtube dan berinternet ria, main game juga bisa. Bahkan smartphone adalah media gaming paling ajib hari ini. Nah, untuk menjaga puasa, kamu harus perhatikan juga yang satu ini.

Main game di smartphone [Image Source]
Main game di smartphone [Image Source]
Game di smartphone bisa bikin puasa gagal? Ya, bisa lah. Apalagi game-game yang memicu macam Drift Girl atau bahkan yang nggak ada di Playstore macam K-Pet Girl. Nggak hanya yang memang jelas-jelas mancing, game biasa macam COC pun juga bisa bikin puasa batal. Apalagi mainnya sambil emosi-emosi.

4. Ada Godaan di Setiap Chat

Chat adalah bagian penting dari smartphone. Lebih dari 50 persen penggunaan smartphone adalah untuk chat. SMS dan mail juga bisa dimasukkan dalam kategori ini. Nah, perlu diketahui kalau chat ini juga berpotensi bikin puasa gagal. Chat juga membawa godaan besar untuk membuat puasa nggak ada pahalanya.

Chat di smartphone [Image Source]
Chat di smartphone [Image Source]
Chat dengan pacar bilang kangen bisa bikin batal, chat dengan klien yang nggak ngerti terus emosi bisa bikin batal, chat sama teman dan nggosip bisa bikin batal. Bahaya banget chat ini buat puasa. Makanya, harus kita sendiri yang pintar-pintar atur diri.

5. Godaan Sosmed Juga Gede

Dari semua hal di atas, aktivitas yang paling sering dilakukan di smartphone adalah main sosmed. Entah itu FB, Twitter, Path, Instagram, Tumbler, dan lain sebagainya. Dan yap, ini juga berpotensi banget bikin pahala puasa kosong melompong.

Pakai sosmed di smartphone [Image Source]
Pakai sosmed di smartphone [Image Source]
Percaya deh akan selalu ada postingan yang bakal bikin kamu bereaksi. Marah, emosi, kesindir, tertawa berlebihan, iri, dan lain sebagainya. Emang bahaya tuh sosmed buat puasa kita. Seiring dengan makin sering kita scroll ke bawah, maka makin ludes pelan-pelan pahala puasa kita.

Smartphone emang bisa bikin puasa makin oye, tapi di sisi lain, benda cerdas ini juga berpotensi besar banget bikin puasa kita isinya cuma lapar dan haus. Jadi, penting banget untuk memperhatikan bagaimana kita memakainya. Karena salah dikit puasa bisa buyarrr.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA