Dengan Menguasai 5 Skill Ini, Kamu yang Lulusan SMA Bisa Setara dengan Sarjana

oleh Sastranagari
17:08 PM on Jan 11, 2017

Beberapa orang berpendapat, bahwa keahlian hanya bisa didapatkan dengan bersekolah setinggi langit. Dengan cara itu, kita bakalan mahir dalam skill tertentu, apalagi punya gelar mentereng dan segambreng membuat kita lebih gampang mendapat pekerjaan. Karena stigma tersebut, nggak sedikit yang menghalalkan segala cara agar bisa meneruskan ke jenjang selanjutnya.

Padahal sebenernya nggak gitu-gitu amat. Di era serba modern ini, kesempatan belajar terbuka lebar, bahkan pekerjaan sudah nggak pandang gelar. Kita bisa dilirik perusahaan bergengsi meskipun hanya makan bangku SMA asal punya keahlian. Misalnya mampu berbahasa asing selain bahasa Inggris, seperti Jepang dan Jerman yang notabene negara-negara ini juga banyak menempatkan anak perusahaannya di Indonesia.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Skill apa saja sih yang mungkin dimiliki lulusan SMA tapi bisa bersaing dengan mereka yang mengecap bangku sarjana? Berikut ini di antaranya

1. Bisa Excel dan Rumus-rumusnya? Banyak Kantor yang Menginginkanmu

Di era yang serba digital ini, penggunaan komputer dan Excel untuk mengolah data sudah jadi makanan sehari-hari. Nggak hanya untuk keuangan, tapi juga statistik, analisa dan sebagainya. Dan yang kerap membuat orang mati kutu adalah rumus-rumus saat menggunakan Excel. Padahal program ini sesungguhnya dibuat untuk membuat kita lebih mudah mengatur dan menghitung daya yang kita miliki.

Mahir di Excel [Image Source]
Setidaknya dengan menguasai hal-hal dasar seperti cara menjumlah dan mengurangi, rumus-rumus seperti IF dan SUM akan sangat membantumu dalam mencari pekerjaan dengan gaji minimal standard UMR. Nggak harus S1 kok buat memahami cara pakai Excel, asal mau latihan lama-lama akan terbiasa.

2. Mahir Public Speaking, Semua Mata Tertuju Padamu

Soekarno dulu bukan siapa-siapa. Dengan kemampuan bicaranya yang kharismatik, beliau mampu jadi Presiden. Hal ini nggak menutup kemungkinan kok meski kita hanya lulusan SMA. Lewat kemampuan mampu menyampaikan sesuatu dengan meyakinkan di depan umum, bisa dengan mudah diterima saat melamar pekerjaan. Dalam ilmu public speaking, bukan hanya cara bicara saja yang diajarkan, tapi juga cara bersikap dan bahasa tubuh saat bersosialisasi dengan orang lain.

Public speaking [Image Source]
Dengan menguasai ilmu ini, kita mudah mempersuasi orang lain. Peluang kerjanya pun nggak main-main. Dari yang remeh seperti jadi pembawa acara, lobi-lobi bisnis di perusahaan, negosiasi dengan klien hingga penyambung lidah antar negara. Tapi yang pertama-tama, bila menguasai skill ini, interview pekerjaan macam apapun bisa kita lalui dengan gampang dan lolos ke tahap selanjutnya.

3. Ahli di bidang IT, Peluang Gaji Besar Terbuka Lebar

Dunia teknologi yang terus berkembang jadi keuntungan lebih untuk kita yang antusias belajar di bidang IT. Tak bisa dipungkiri lagi, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan ahli IT hampir di segala lini. Bahkan sekarang bisnis ojek pun butuh tenaga di bidang ini.

Mendalami programmer [Image Source]
Salah satu skill yang perlu kamu kuasai adalah programming. Pelajaran IT saat di SMA mungkin tidak banyak, tapi bisa djadi bekal untuk dikembangkan. Nantinya, programmer akan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, mulai dari mengelola website hingga menciptakan apps dan teknologi lainnya. Agar mahir di bidang ini kamu nggak perlu sungkan-sungkan bergabung dengan komunitas programmer dan baca buku-buku mengenai programming. Dari sana kamu bisa belajar langsung dari sang ahli.

4. Pandai Menulis, Kamu Pun Bisa Jadi Jurnalis

Jangan remehkan kemampuanmu merangkai kata. Pandai merangkai kata di sini nggak digunakan untuk ngegombalin cewek ya, tapi mampu menulis dengan baik. Skill satu ini sangat potensial kalau kamu kuasai. Kenapa?

Jadi content writer [Image Source]
Karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan penulis handal sebagai content writer, copywriter, membuat jargon iklan dan politik, hingga yang kritis macam jadi jurnalis. Seorang content writer misalnya, berperan penting untuk keberlangsungan sebuah media. Lewat tulisannya mereka menjadi jembatan antara realita dan pembaca.

5. Menguasai Fotografi

Kalau saat ini kamu sudah hobi di bidang fotografi, lanjutin deh! Kalau perlu perdalam lagi dan asah kemampuanmu. Semakin bagus teknik fotografimu, maka akan semakin banyak perusahaan yang tertarik dengan skill yang kamu miliki. Kamu nggak perlu galau lagi deh setelah lulus SMA.

Fotografi [Image Source]
Memang banyak orang yang bisa memotret, tapi sangat sedikit sekali yang bisa mengaplikasikan teknik fotografi dan ‘menekan tombol kamera mereka untuk momen yang tepat’. Butuh insting yang kuat dan itu nggak perlu susah-susah kuliah untuk mendapatkannya. Kita tak akan berakhir jadi tukang pas foto, tapi bisa jadi pion utama untuk sebuah media bergengsi seperti NatGeo.

Nah, itulah skill-skill yang bisa harus kamu kuasai meskipun kamu cuma lulusan SMA. Sebenarnya kunci agar sukses dalam suatu bidang hanya satu, yaitu fokus dan usaha. Jangan menyerah karena keterbatasan, karena semua orang punya kesempatan yang sama untuk berkembang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA