10 Slentingan Nyeleneh Komentator Sepakbola yang Ramaikan Pertandingan, Lucu Banget

Netizen dibuat gagal move on dengan slentingan nyeleneh ini

oleh Aini Boom
10:00 AM on Sep 11, 2017

Keramaian dunia maya sebab squad Garuda Muda berhasil menaklukkan Myanmar di injury time dengan skor 2-1 masih terasa hingga saat ini. Netizen tak habis-habisnya menyanjung sang aktor utama Egy Maulana Vikri yang sukses dua kali membobol gawang lawan. Selain euforia kemenangan Indonesia yang meramaikan sosial media, ada satu hal lagi yang membuat masyarakat gagal move on dari laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF tahun ini.

Ya, cara komentator menjelaskan keseruan permainan di lapangan yang terbilang sedikit lebay dan bikin ngakak. Komentar-komentar lucu yang dilontarkan membuat pertandingan semakin ramai rasanya sebab ada istilah cukup unik seperti tendangan LDR, umpan antar benua, jebret dan lainnya. Nah, berikut ini komentar lucu yang diucapkan pembawa acara. Siap-siap ketawa guling-guling yak!

Baca Juga
Kebanyakan Micin, Seperti Ini Pose Kocak Para Kids Zaman Now Saat Pingin Eksis di Sosmed
Mulai Adegan Ketabrak Lebay Sampai Ibu Tiri, 6 Kejadian Klise Ini Pasti Selalu Muncul di Sinetron Indonesia

Jebret

Jebret [image: source]
Salah satu istilah yang paling ngehits adalah jebret. Istilah ini digunakan komentator saat melihat seorang pemain sepak bola Indonesia menendang kencang ke arah gawang. Komentar jebret sempat keluar ketika Rifad Marasabessy mendapatkan umpan dari Saddil Ramdani. Berikut komentar Valentino, “Aaaak Jebreeeet ya ampun sebuah aksi overlap yang sangat-sangat baik saat Muhammad Rifad Marabessy mendapatkan umpan manja dari Saddil Ramdani, sebuah kontrol yang sangat cantik dicungkil dari kaki kanan, maksudnya melop (memangkas) bola tadi tetapi belum sempurna”

Tandukan Garuda Pancasila

Istilah Tandukan Garuda Pancasila juga salah satu komentar yang membuat riuh penikmat sepak bola. Istilah ini dipakai Valentino saat Egy Maulana berhasil membobol gawang Myanmar untuk kali pertama. “Sang Messi melakukan crossing berbahaya, ih ya ampun jebreet, tandukan Garuda Pancasila mampu merobek gawang Myanmar”, tutur Valentiono.

Tendangan LDR

Gol pertama yang di cetak oleh feby… #affu18 #timnasu18 #timnasnusantara #timnasday #timnasindonesia

A post shared by Agnes Megawati (@agnes_megawati) on

Buat kamu yang memang sedang menjalani long distance relationship sama pacar pasti jleb banget saat komentator menggunakan kata ini. Namun please jangan baper, sebab LDR di sini ditujukan bagai pesepakbola yang melakukan tendangan dari jarak jauh.

Kelok 9 

Kelok 9 adalah gerakan meliuk-liuk melewati pemain lawan kemudian melepaskan tembakan. Komentar kelok 9 populer sejak Egy Maulana Vikri kerap melakukan gerakan berkelok yang memusingkan lawan-lawannya. Egy pun dijuluki sebagai Egy Messi Kelok 9 sebab keahliannya melakukan gerakan tersebut.

Umpan Terlalu Tega dan Umpan Manja

Umpan manja [image: source]
Komentar umpan terlalu tega diucapkan komentator saat melihat seorang pemain bola memberikan umpan terlalu deras. Akibatnya, rekan setim yang hendak menima bola umpan pun kesulitan. Kebalikan dari komentar ini adalah umpan manja yang terjadi saat seorang pemain memberikan umpan yang pas dan dengan mudah dapat diterima rekan setim. Umpan manja ini kebanyakan bisa menghasilkan gol ke gawang lawan

Umpan Gratifikasi dan Umpan Antar Provinsi 

Umpan grratifikasi [image: source]
Umpan gratifikasi terjadi ketika pemain salah mengumpan bola. Bola yang seharusnya digulirkan ke rekan setim malah diberikan ke tim lawan. Selain umpan gratifikasi ada juga umpan antar provinsi yang artinya sama dengan umpan silang yang dilakukan dengan sempurna.

Pelukan Mesra Menteri Pertahanan

Ilustrasi pelukan mesra penjaga gawang [image: source]
Jelas yang dimaksud bukan menteri pertahanan sesungguhnya. Komentar ini digunakan untuk menggambarkan kipper yang berperan sebagai palang pintu terakhir pertahanan di sepak bola.

Gerakan 378 

Ilustrasi gerakan tipuan [image: source]
Tentu kita bertanya-tanya kenapa ada angka 378? Ternyata istilah ini mengacu pada Pasal 378 KUHP yang identik digunakan sebagai pasal penipuan. Dan Valentino, sang komentator benar-benar niat banget menggunakan nomor pasal tersebut sebagai ganti dari gambaran pergerakan yang berhasil mengecoh lawan.

Gelandang Penimba Sumur

Ilustrasi gelandang penimba sumur [image: source]
Istilah lain yang membuat penonton sepakbola terpingkal-pingkal adalah gelandang penimba sumur. Istilah unik tersebut digunakan untuk menyebut pemain yang posisinya sebagai gelandang pekerja keras. Pemain ini bertugas membantu ke lini depan dan belakang.

Tendangan Efek Jera

Tendangan Egy Maulana [image: source]
Tendangan efek jera diucapkan ketika pemain Indonesia berhasil melesatkan gol ke gawang lawan berulang kali. Tapi beneran jera sih kalau skornya 9-0 untuk Timnas vs Filipina yang lalu.

Hingga kini, komentar-komentar di atas masih banyak dibicarakan publik. Terang saja masyarakat jadi gagal move on, lha nggak hanya unik dan menggelitik, sebagian komentar hasil analisis mendalam juga lho. Contohnya saja gerakan 378 yang malah jadi bikin netizen melek undang-undang juga. Keren bukan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA