7 Skenario Kiamat yang Bisa Menimpa Bumi dan Seluruh Isinya

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 2, 2015

Suatu saat kiamat akan datang dan membuat semua makhluk di bumi dan alam semesta lenyap. Semuanya hancur dan tak menyisakan apa-apa. Beberapa keyakinan menyebut kiamat sebagai akhir zaman di mana manusia akan diadili atas apa yang telah dilakukannya. Manusia akan di bawa ke surga atau neraka tergantung amal yang telah dibuat.

Itu adalah kiamat versi keyakinan. Lantas bagaimana dengan kiamat versi sains yang banyak ilmuwan percayai? Bagaimana bumi ini bisa hancur hingga kehidupan dipastikan hancur. Well, inilah skenario yang bisa terjadi di masa depan! Bersiaplah!

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Masa Muda Kim Jong Un yang Ternyata Sangat Jauh Dari Kata “Diktator”
Mulai Hadiah Emas Hingga Hukuman, Inilah Cara Unik 4 Negara Agar Warga dan Aparaturnya Jadi Kurus

1. Supernova Matahari

Matahari adalah bintang yang suatu saat akan mati. Seluru energi yang ada di dalamnya telah memasuki fase kritis hingga membuatnya seperti membesar. Matahari akan menjadi bulatan merah yang suatu saat akan meledak menjadi supernova.

Supernova Matahari [image source]
Supernova Matahari [image source]
Jika sampai supernova pada matahari terjadi, bisa dipastikan planet terdekatnya hancur. Tak terkecuali Merkurius, Venus, Bumi, hingga mencapai Mars. Ledakan ini membuat matahari menjadi bintang mati sempurna dan tak akan mengeluarkan cahaya apa pun.

2. Bahan Pangan Menipis

Satu hal yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup adalah makan. Tanpa makan manusia bisa lemas dan akhirnya mati dengan mengenaskan. Well, sekarang coba bayangkan jika bahan pangan ini tidak ada lagi. Bencana yang besar menyebabkan banyak sekali panen yang gagal hingga manusia mulai kesulitan mendapatkan makanan.

Bahan Pangan Menipis [image source]
Bahan Pangan Menipis [image source]
Jika hal ini terjadi, bukan tak mungkin harga bahan makanan lebih tinggi dari emas. Akibatnya akan banyak tindakan kriminal, kelaparan hingga kematian besar. Umat manusia akan habis dengan sendirinya tanpa perlu menunggu ledakan supernova dari matahari yang menjadi sumber energi utama di bumi.

3. Perang Dunia yang Kembali Terjadi

Perang adalah penyebab banyak manusia meninggal dunia. Perang juga yang menyebabkan banyak wilayah jadi lautan api, darah, dan air mata. Dua kali perang dunia yang terjadi di bumi sudah ada jutaan orang meninggal tanpa sebab. Itulah mengapa perang bisa menyebabkan kiamat terjadi di bumi.

Perang Dunia yang Kembali Terjadi [image source]
Perang Dunia yang Kembali Terjadi [image source]
Tidak perlu menunggu bencana besar menimpa bumi. Cukup perang saja, maka bumi langsung kiamat. Saat ini dunia sudah dikuasai orang serakah. Jika mereka ingin sesuatu, perang akan dilancarkan. Contohnya di daerah timur tengah yang perang sudah seperti hal biasa. Sesuatu yang wajar hingga kematian bukan sesuatu yang mengerikan.

4. Semua Gunung Meletus

Bumi adalah wilayah yang dikelilingi sabuk api. Di setiap wilayah dunia terdapat gunung api yang saling bersambung di bawah tanah. Sebut saja gunung di Indonesia. Jika satu gunung meletus atau meningkat aktivitas vulkaniknya, maka gunung lain akan ikut memanas. Coba bayangkan jika semua gunung ini semua meningkat aktivitas dapur magmanya.

Semua Gunung Meletus [image source]
Semua Gunung Meletus [image source]
Sebuah ledakan yang berturut-turut bisa membuat banyak bencana di bumi. Lava panas, hingga asap beracun bisa memenuhi bumi. Manusia akan susah bertahan. Terlebih semua tanaman dan ternak hancur. Kegelapan akan memenuhi bumi dan manusia lambat laun akan binasa dengan sendirinya.

5. Medan Magnet Bumi Terbalik dan Lenyap

Bumi memiliki medan magnet di kutub utara dan juga selatan. Magnet ini berguna untuk membuat bumi jadi stabil. Namun sebuah penelitian menyebutkan jika setiap seratus tahun sekali kekuatannya menurun 5% hingga bisa menyebabkan kekuatannya hilang atau bertukar posisi. Jika hal ini terjadi maka bumi bisa mengalami kiamat yang mengerikan.

Medan Magnet Bumi Terbalik dan Lenyap [image source]
Medan Magnet Bumi Terbalik dan Lenyap [image source]
Tanpa medan magnet atau medan magnet yang energinya kecil, badai dari matahari akan mengenai bumi. Dampaknya, lapisan ozon akan bocor dan banyak hal di bumi yang jadi terbakar. Sinar UV yang berbahaya langsung masuk ke bumi tanpa disaring. Akibatnya manusia rentan terkena kanker bahkan mungkin kebutaan. Manusia tidak akan mampu bertahan di situasi seperti ini.

6. Black Hole Dibuat Oleh Manusia

Mungkinkah membuat black hole yang harusnya terjadi setelah terjadi supernova? Jawabannya adalah mungkin. Manusia bisa membuat sebuah black hole dengan menggunakan alat-alat canggih yang saat ini telah ada. Bahkan menggunakan teori relativitas Einstein hal ini bisa terjadi dengan mudah.

Black Hole Dibuat Oleh Manusia [image source]
Black Hole Dibuat Oleh Manusia [image source]
Efek black hole sangatlah mengerikan bagi manusia. Segala hal yang ada di dekatnya akan dihisap hingga habis. Sekarang coba bayangkan jika ada black hole di bumi ini. Bukankah segala hal akan tersedot masuk ke dalamnya. Jika hal ini terjadi maka kiamat akan tiba jauh lebih cepat.

7. Kecerdasan Buatan yang Jadi Liar

Anda mungkin sering melihat film tentang manusia melawan robot. Sesuatu yang diciptakan itu justru menjadi kejam dan hilang kontrol. Bahkan bertingkah seperti manusia. Di masa depan hal ini bisa saja terjadi. Terlebih saat ini manusia mulai mengembangkan banyak kecerdasan buatan yang dimasukkan ke dalam robot.

Kecerdasan Buatan yang Jadi Liar [image source]
Kecerdasan Buatan yang Jadi Liar [image source]
Jika di masa depan robot jadi tak bisa dikontrol, maka kiamat manusia bisa terjadi. Peperangan melawan robot adalah hal yang tak lagi isapan jempol dan film. Pada akhirnya bumi hanya akan berisi robot dan manusia jadi makhluk yang punah.

Anyway, itulah tujuh skenario kiamat yang bisa menimpa bumi dalam puluhan atau ratusan tahun ke depan. Manusia yang jadi makhluk superior bisa akan hilang dan punah dengan cepat oleh banyak hal. Dan beberapa di antaranya terjadi karena ulahnya sendiri. Miris!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA