in

7 Situs Bersejarah Dunia yang Dihancurkan Oleh Teroris!

patung budha
patung budha

Dinamakan sebuah situs bersejarah karena memiliki sebuah arti yang besar. Bahkan kadang menyimpan banyak misteri yang bisa membantu manusia modern mempelajari sejarahnya. Itulah mengapa UNESCO kerap menganugerahkan situs ini menjadi sebuah warisan budaya dunia. Penganugerahan ini memiliki sebuah maksud, yaitu agar banyak orang mau melindunginya. Menganggap situs itu sebagai benda berharga yang tak akan ada duanya.

Baca Juga : 3 Peristiwa Bersejarah yang Menumpahkan Air Mata Soekarno

Namun akhir-akhir ini banyak sekali situs budaya yang sangat bersejarah itu dihancurkan. Para teroris yang kerap membuat keributan menganggap situs itu tak pantas ada. Lalu dengan gampangnya mereka merusak tanpa melihat nilai sejarahnya. Well, inilah tujuh situs bersejarah yang kini hancur lebur akibat aksi keji teroris!

1. Nimrud

Nimrud adalah sebuah situs kota kuno yang terletak di Mosul, Irak. Situs ini sangat bersejarah hingga dianugerahi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Saat ini situs yang dibangun sekitar abad ke-13 sebelum masehi ini hancur lebur tak bersisa. Militan ISIS bertanggung jawab atas perusakan situs super penting di Irak.

Nimrud [image source]
Nimrud [image source]
ISIS membawa buldozer dan juga beberapa kendaraan militer berat untuk meruntuhkan bangunan ini. Mereka juga menghancurkan ‘lamassu’. Sebuah patung makhluk mitologi dengan bentuk singa bersayap. UNESCO menyebut aksi ISIS ini sebagai kejahatan perang yang sangat berat.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

7 Penulis Legendaris Dunia yang Mati Karena Bunuh Diri

yunani kuno

Tanpa Bangsa Yunani Kuno, 7 Hal ini Tak Mungkin Ada di Dunia