in

5 Perbedaan Mendasar Sistem Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri

5. Hasil akhir adalah segalanya

Memang segala macam ujian akan dinilai dengan hasil akhir sebagai resultnya. Hal ini diterapkan di semua jenjang pendidikan di Indonesia. Bahkan sampai ada standarisasi khusus yang banyak membuat para siswa pada khususnya stres dan depresi karena harus mencapai nilai minimal setara standarisasi sesuai dengan yang ditentukan pemerintah.

Di kebanyakan jenjang pendidikan di luar negeri, contohnya saja di Australia, hasil akhir bukanlah segala-galanya. Semua pendidik akan lebih menitikberatkan pada sektor prosesnya daripada hasil akhir. Jika dalam prosesnya saja berantakan, maka dapat diketahui bahwa hasil akhirnya juga amburadul.

Hasil akhir adalah segalanya [image source]
Hasil akhir adalah segalanya [image source]
Selain hasil akhir, dengan banyaknya materi yang diberikan dengan jam belajar yang cukup lama juga membuat seseorang tidak dapat mencerna pelajaran atau segala informasi yang diberikan karena otak terlanjur ‘panas’ dan susah untuk digunakan mengingat secara detail. Sedangkan di luar negeri, materi yang diberikan hanyalah yang berupa poin khususnya saja dan jam pendidikannya akan lebih ditikberatkan pada praktik, sehingga seorang siswa atau mahasiswa akan lebih mengerti dan paham secara langsung daripada hanya menghafal teori dan materi.

Baca Juga :Ini Alasan Mengapa Sistem Pendidikan Finlandia Menjadi yang Terbaik di Dunia

Walaupun ada beberapa poin yang menjadikan sistem dan kualitas pendidikan di Indonesia tertinggal dari banyak negara-negara di dunia, namun bukan berarti tidak ada yang dibanggakan dengan belajar di Tanah Air. Contohnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk biaya belajar dan lain sebagainya. Tentunya semua akan menjadi satu pekerjaan rumah bagi siapa saja agar dapat mewujudkan sistem dan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dan dapat bersaing dengan negara luar, serta dibutuhkan dukungan serta perhatian dari berbagai pihak untuk hal tersebut.

Written by Diah

Leave a Reply

5 Fakta Tentang Demam Emas California yang Pernah Menggemparkan Dunia

6 Seni Bela Diri Asli Indonesia Ini Menunjukkan Negara Kita Itu Gudangnya Jagoan