Sistem Gojek Jebol! Orang Ini Diteror Puluhan Driver Sekaligus

oleh Adi Nugroho
19:20 PM on Sep 26, 2016

Kemajuan teknologi memang memudahkan manusia dalam melakukan banyak hal. Tidak hanya untuk keperluan komunikasi saja namun juga bisnis seperti Gojek. Jika di masa lalu ojek hanya bisa ditemui di pangkalan, saat ini bisa dipanggil kapan saja menggunakan sebuah aplikasi yang bisa di-install di ponsel pintar.

Meski memiliki kemudahan dalam hal sistem dan cara kerja, aplikasi yang dimiliki Gojek ternyata memiliki banyak kekurangan. Bahkan, menurut seorang programmer hebat Indonesia, sistem Gojek rawan dibobol. Dan benar saja, kasus jebolnya akun sempat menimpa beberapa pelanggan yang membuat mereka jadi kesusahan. Berikut contoh kasus yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan
Ditilang karena Melanggar, Pejabat Ini Berdalih Seribu Alasan Serta Bawa Nama Kekuasaan

Aplikasi sudah di-unistall masih dihubungi driver

Nasib malang menimpa seorang wanita dengan akun Twitter bernama @leilafw. Pada suatu pagi dia mendadak dihubungi oleh banyak driver melalui pesan singkat atau SMS. Para driver ini menanyakan posisi dari calon penumpang tersebut. Perempuan yang bernama Leila itu tentu kebingungan, terlebih dia sama sekali tidak memesan Gojek. Aplikasinya pun sudah dilepas dan tidak ada di ponsel pintar yang dia miliki.

mengadu ke CS
mengadu ke CS
laporan ke CS di Twitter
laporan ke CS di Twitter
diserbu SMS
diserbu SMS

Karena tidak tahan terus diganggu oleh puluhan pesan dari driver Gojek, dia menghubungi CS di Twitter. Solusi yang ditawarkan oleh pihak Gojek adalah menonakifkan layanan sehingga kelak bisa mendaftar lagi jika dibutuhkan. Sayangnya, metode ini tetap saja tidak menyelesaikan masalah secara instan. Banyak driver Gojek yang ngotot agar @leilafw membatalkan pesanannya padahal dia tidak memiliki aplikasinya lagi.

Tidak ada jaminan keamanan akun

Kasus yang telah dijabarkan di atas menjadi bukti besar bahwa keamanan sistem Gojek kurang aman. Akun adalah sesuatu yang pribadi dan tidak bisa dibocorkan begitu saja. Di sana akan membuat nama, nomor telepon, hingga uang yang disimpan secara virtual. Jebolnya akun akan membuat seseorang jadi merugi dan kemungkinan menggunakan layanan ini akan terus menurun.

akun Gojek Jebol [image source]
akun Gojek Jebol [image source]
Belakangan ini fenomena penjualan akun Gojek di beberapa forum sempat membuat masyarakat resah. Pasalnya, dalam akun itu terdapat banyak hal penting sehingga tidak bisa dibocorkan. Meski pihak Gojek mengatakan bocornya akun terjadi karena keteledoran pelanggan, seharusnya pengamanan pada akun harus ditingkatkan. Kalau kasusnya seperti @lelilafw apa iya itu human error.

Hacker ungkap kelemahan sistem Gojek

Pada awal tahun 2016 silam CNN Indonesia pernah melansir sebuah berita yang diambil dari penelitian Yohannes Nugroho. Salah satu programmer hebat Indonesia itu mengungkap kalau keamanan pada sistem Gojek rawan sekal diretas. Siapa saja bisa melakukannya asal mengetahui bugs atau celah kesalahan sehingga bisa dirusak atau dimodifikasi.

keamanana Gojek lemah [image source]
keamanana Gojek lemah [image source]
Masih menurut Yohannes, sistem Gojek memiliki enam buah kelemahan yang terdiri dari: Siapa pun bisa mencari identitas konsumen berdasar nama, nomor telepon dan e-mail. Siapa saja bisa mengubah pendapatan seorang driver (sudah diperbaiki). Siapa saja bisa menyalin identitas pelanggan. Bisa mengedit data pelanggan tanpa password. Siap saka bisa mendapatkan data sopir Gojek, dan siapa saja bisa melihat riwayat pemesanan pengguna.

Merugikan konsumen dan driver secara bersamaan

Kasus yang terjadi di atas tentu bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak. Jebolnya sistem pada Gojek mau tidak mau membuat pelanggan menjadi rugi uang dan waktu. Bisa saja pelanggan berhenti menggunakan layanan ini dengan segera dan beralih ke layanan ojek serupa yang kemungkinan erornya sedikit.

merugikan driver dan pelanggan [image source]
merugikan driver dan pelanggan [image source]
Bagi driver, kelemahan sistem Gojek juga membuat mereka jadi merugi. Pertama masalah salah paham dengan pelanggan. Kasus di atas juga bukan murni salah driver Gojek. Selanjutnya, mereka juga bakalan sepi order karena banyak pelanggan yang lebih memilih jasa ojek lainnya.

Semoga apa yang terjadi di atas bisa membuat kita jadi lebih berhati-hati dalam menggunakan layanan ojek online. Selain itu, semoga pihak Gojek bisa memperbaiki sistem agar tidak terus merugikan konsumen.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA