Di Balik Gemerlapnya Bollywood, Inilah Wajah Lain India yang Serasa Seperti di “Neraka”

Bukan hanya kotor, mungkin hanya di India kita bisa lihat mayat sering mengambang di sungai

oleh Arief Dian
15:00 PM on Jun 14, 2017

Mungkin kalau bicara mengenai India, yang ada di kepala kita adalah mengenai keindahan Taj Mahal, hingga kehidupan bahagia seperti yang ada di film-film Bollywood. Namun siapa sangka apa yang tergambar dalam film tersebut hanya sisi luarnya saja. Karena gambaran sejati keadaan di sana adalah sangat kumuh dan kotor. Pokoknya bisa dibilang sudah seperti “Neraka”.

Potret miris kehidupan di India ini memang jarang orang ketahui. Mungkin kamu tidak akan percaya bahwa hampir di setiap tempat bakal ditemui banyak sampah yang berserakan dimana-mana. Bahkan saking kotornya beberapa kota di India masuk dalam jajaran terjorok di dunia. Jadi seperti anak gambaran sisi gelap India tersebut? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Menjadi tempat yang seperti neraka

Sudah seperti neraka [image source]
Siapa sangka ternyata di balik gemerlapnya kota Bollywood, ada tempat yang super jorok di sana. Bahkan saking kotornya, beberapa kota tersebut sampai masuk dalam jajaran sepuluh yang terjorok di dunia. Di sana sini sangat banyak sampah yang berserakan baik organik maupun non organik. Tingkat pencemaran sampah di New Delhi dan Mumbai ternyata juga masuk dalam kategori kritis. Sungai tidak lagi jernih seperti biasanya, karena ulah jorok para penduduknya. Apalagi salah satu pantai di India ternyata dinobatkan sebagai pantai paling kotor di bumi. Belum lagi budaya melarungkan mayat kremasi di India yang masih ada.

Kehidupan orang-orangnya yang jauh dari kata sehat

Kehidupan tidak sehat [image source]
Ternyata itu semua juga disebabkan oleh pola hidup dari orang-orangnya sendiri. Bukannya buruk, namun beberapa pola hidup di India faktanya memang jauh dari kata sehat. Mulai dari minum, cuci baju hingga gosok gigi, kebanyakan  dilakukan di sungai yang tercemar. Belum lagi kegiatan orang-orangnya yang suka buang sampah sembarangan ternyata lebih parah dari pada Indonesia. Pemerintah India sudah berusaha keras dengan mengucurkan biaya yang tidak sedikit, namun sayang yang karena perilaku jorok penduduknya, jadinya seperti tidak ada perubahan sama sekali.

Sungai-sungai suci namun ternodai

Sungai suci ternodai [image source]
Meskipun orang India sangat menghormati dan menganggap sakral sungai, namun ternyata sekarang keadaannya sangat miris. Baik sungai atau pantai di India ternyata keadaannya bisa lebih parah dari Indonesia. Mirisnya, meskipun keadaan airnya yang sudah berubah hitam, namun masih banyak orang India yang masih menyakralkan sungai di sana. Buktinya, mereka masih menggunakan air dari sungai Gangga dan Yamuna untuk menyucikan diri dan minum. Miris melihat sungai yang dianggap suci ternyata banyak ditemukan sampah yang berserakan.

Binatang ternak ada dimana-mana

Ternak dimana-mana [image source]
Satu lagi faktor yang membuat keadaan di India jadi sangat kotor. Seperti yang diketahui bahwa orang India sangat menghormati beberapa binatang seperti sapi. Oleh karena itu banyak yang memeliharanya di sana. Namun demikian, banyak orang yang sering membiarkan sapi-sapi mereka berkeluyuran di jalan. Akhirnya banyak dari sapi-sapi tersebut yang masuk ke daerah-daerah yang tidak seharusnya seperti tempat pembuangan sampah. Akhirnya ternak-ternak itu memakan benda seperti botol, kantong plastik dan sampah lainnya. Belum lagi keadaan di India yang banyak sekali ditemukan kotoran ternak di mana-mana. Hal tersebut membuat keadaan di India jadi  sangat kotor dan tidak higenis.

Pantai paling kotor di dunia

pantai paling kotor [image source]
Tidak ada yang menyangka kalau pantai paling kotor di dunia ternyata ada di India. Sangat jauh dibanding di Indonesia, pantai ini tidak terlihat seperti selayaknya tempat wisata. Sampah di sana-sini sangat banyak berserakan. Belum lagi keadaan air laut yang sangat hitam dan sudah tidak terasa asin. Hampir tidak ada tumbuhan yang hidup di pantai ini. Kepiting dan ikan kecil tidak lagi ditemukan di sana, satu-satunya hewan yang dapat ditemui hanyalah lalat yang terbang kesana-kemari.

Kalau dibandingkan dengan India, ternyata keadaan di Indonesia tidak ada apa-apanya ya. Meskipun begitu bukan berarti kita mesti biasa saja menanggapi soal kebersihan ini. Kalau kita terus menganggap enteng, bukan tidak mungkin Indonesia juga bakal seperti India. Kita mesti awas soal menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA