5 Fakta Ini Menunjukkan Sisi Gelap Manusia Yang Mengerikan

oleh Guntur Aria
15:55 PM on Apr 24, 2015

Jika kamu sesekali melihat media online, koran, atau pemberitaan di televisi, pasti ada yang namanya tindak kriminalitas di mana-mana. Entah itu peperangan antar negara, perampokan, pengeboman, terorisme, pemerkosaan, semuanya hampir selalu menghiasi headline-headline media massa.

Apakah manusia memang lahir dengan membawa sifat keangkuhan, kekerasan, dan kekejaman? Ataukah semua kriminalitas itu terjadi karena efek sosial dan perkembangan zaman? Jawaban dari pertanyaan itu hingga sekarang masih belum bisa dipecahkan oleh siapapun, bahkan seorang psikolog jenius sekalipun. Manusia adalah makhluk yang sangat tak bisa ditebak sifat dasarnya, namun berikut ini adalah beberapa fakta yang menjelaskan bahwa kita semua punya sisi gelap, entah disadari atau tidak..

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Hasrat Berperang

Peperangan adalah sebuah hal mengerikan yang hingga detik ini masih saja terjadi di beberapa tempat. Meski jumlahnya sudah tak lagi sebanyak dulu, namun tetap saja manusia seakan saling tak mau mengalah dan kukuh pada ideologi masing-masing, lalu menumpahkan emosinya lewat perang ketika tak ada titik temu di antara perdebatan mereka.

Hasyrat Berperang (c) listverse
Hasyrat Berperang (c) listverse

Coba kamu tonton sebuah program latihan militer di Discovery Channel. Beberapa orang memang terlihat seperti lahir untuk berperang. Mereka bisa membiasakan diri di tengah-tengah suasana mencekam dan berbahaya dengan sangat cepat. Bahkan mereka terlihat bangga dan sumringah ketika membawa sebuah senjata di tangan. Yang jadi pertanyaan, ‘Apakah kita berperang karena sebuah keharusan atau karena kita menyukainya?’

2. Internet Bully

Cyber bullying adalah sebuah hal yang sudah menjamur di seluruh dunia. Ketika kamu mengunjungi sebuah forum atau media sosial, pastinya kamu akan menyaksikan beberapa netizen jahat yang selalu merasa benar dan mengolok-ngolok orang lain dengan kata-kata super kasar. Kenapa?

Internet Bulliying (c) listverse
Internet Bulliying (c) listverse

Setelah dilakukan penelitian, banyak yang bilang jika tukang bully di dunia maya itu bisa berkata kasar sekenanya karena mereka tak harus mengalami risiko untuk bertemu langsung dengan sang target. Ada juga teori yang menyebut jika tukang bully adalah orang-orang yang terlanjur menyimpan banyak kebencian dalam hidupnya, sehingga akhirnya hanya bisa melepaskan emosinya ke dunia maya yang mereka anggap aman. Yang terakhir ada juga pendapat yang menyebut jika mereka terlalu lama jauh dari sosialisasi dan kontak mata bdengan orang lain. Kalau menurut kalian yang mana yang benar?

3. Kekerasan Sebagai Hiburan di Layar Kaca

Akuilah, pasti ada masa-masa di mana kalian suka nonton pertandingan tinju, smack down, atau film aksi yang di dalamnya terdapat adegan-adegan kekerasan. Karena tingginya rating untuk acara-acara seperti itulah kini stasiun televisi semakin berlomba-lomba untuk memikirkan program baru yang menyelipkan kekerasan di dalamnya untuk kepentingan pribadi.

Kekerasan di Layar Kaca (c) oddee
Kekerasan di Layar Kaca (c) oddee

Well, pihak stasiun televisi tak sepenuhnya bersalah. Yang jadi pertanyaan penting adalah, kenapa kita suka menonton acara-acara berbau kekerasan seperti itu? Beberapa peneliti menyebut jika manusia itu akan mengalami sebuah sensasi aneh yang membuat ketagihan ketika melihat orang lain saling baku hantam. Apapun alasannya, hal itu merupakan sebuah bukti jika manusia memang punya sisi gelap jauh di lubuk hati masing-masing.

4. Orang Pintar Selalu Merendahkan Yang Lain

Jika seseorang gemar menggunakan kekerasan supaya dipandang dengan hormat oleh masyarakat, ada juga sekelommpok orang yang lebih memilih fokus untuk menyendiri dan belajar untuk jadi orang pintar. Meski golongan satu ini tak terlihat berbahaya dari segi fisiknya, namun sebenarnya mereka lebih memilih menyendiri karena punya mindset jika orang lain itu tak berguna untuk dirinya.

Merendahkan Orang Lain (c) oddee
Merendahkan Orang Lain (c) oddee

Semakin mereka merasa diri sendiri pintar, maka pikiran mereka akan dipenuhi dengan sifat merendahkan orang lain yang makin besar. Contohnya, beberapa orang pintar di masa lalu seperti Freud dan Thomas Hobbes sempat menulis buku dengan tema yang sama. Intinya di mata mereka manusia itu adalah makhluk agresif, kesepian, koktor, brutal, dan sejenisnya. Tentu saja mindset merendahkan orang lain seperti ini nantinya berpotensi untuk menyebabkan sebuah perpecahan antara satu orang dan lainnya.

5. Bayi Kembar Bertengkar di Dalam Rahim

Usut punya usut, insting kita untuk bertahan hidup dengan menggunakan cara apapun itu dimulai sejak dini, yakni di dalam rahim ibu. Pada sebuah penelitian terbaru, seorang doktor kandungan menyebutkan jika bayi kembar akan saling bertengkar untuk memperebutkan ruang kosong di dalam rahim ibunya.

Bertengkar dalam kandungan (c) listverse
Bertengkar dalam kandungan (c) listverse

Uniknya lagi, janin yang masih belum sadar itu sudah saling mencuri darah hanya untuk bertahan hidup tanpa memperdulikan kelanjutan hidup yang lainnya. Secara tidak langsung, fakta ini menegaskan jika manusia itu punya sebuah insting untuk melindungi diri sendiri dari bahaya, tak peduli apa yang akan terjadi pada sekitarnya nanti. Apakah kalian yang punya saudara/i kembar merasakan hal seperti itu?

Well, dengan sifat-sifat ‘jahat’ seperti itu, tak heran jika akhirnya manusia masih sering kali melakukan tindakan kriminalitas atau kekerasan lainnya. Meskipun begitu, dengan bantuan hukum yang kini makin berkembang, setidaknya angka kejahatan bisa sedikit dikurangi, meski belum bisa sepenuhnya hilang dari dunia ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA