in

Serba Serbi Mengenai Sidang Isbat Jelang Awal Puasa

Sidang Isbat Penentuan Ramadhan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Berhubung di Indonesia tanggalan yang dipakai adalah kalender Masehi, maka perlu dilakukan beberapa cara untuk menetapkan jatuhnya tanggal 1 Ramadan. Di mana para umat Muslim akan memulai untuk melaksanakan puasa Ramadan.

Baca Juga : Ini yang Harus Dipersiapkan Menjelang Bulan Ramadan

Sidang Isbat Penentuan Ramadhan

Keputusan ditetapkannya tanggal 1 Ramadan, akan diumumkan lewat sebuah sidang yang bernama sidang Isbat. Dalam sidang itu akan dihadirkan beberapa ulama dan para pakar juga. Lalu, apa itu sidang Isbat? Berikut penjelesannya dibawah ini.

1. Pengertian Sidang Isbat

Menurut kamus bahasa Indonesia, Isbat mempunyai makna penyungguhan, penetapan, dan penentuan. Sedangkan sidang Isbat, adalah penetapan dalil syar’i di hadapan hakim dalam suatu majelis, untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan
Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan [ImageSource]
Di Indonesia, sidang Isbat yang paling populer dilaksanakan adalah untuk menetapkan jatuhnya tanggal 1 Ramadan, 1 Syawal atau Idul Fitri dan 10 Dzulhijijjah atau Idul Adha. Biasanya sidang ini dilaksanakan satu hari sebelum hari perkiraan dari tanggal yang dimaksud.

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

5 Hal Dalam Kehidupan Ini Akan Punah Dalam Waktu Dekat

Mengenang Kembali 5 Alasan Kenapa Christopher Lee Itu Aktor Hebat