Seru dan Susahnya Hidup di Era 90an, Anak Jaman Sekarang Gak Bakal Paham

oleh Norman Duarte
15:15 PM on Sep 10, 2015

Kalo di jaman sekarang para remaja suka mengeluh karena hidupnya ‘susah’, itu karena mereka belum tahu betapa susahnya hidup di era 90an. Tapi meskipun era 90an itu susah, rasanya seru banget loh.

Yakin deh, banyak dari orang dewasa jaman sekarang, pengen balik lagi ke tahun 90an. Sebagian karena kenangan, sebagian lagi karena mengakui bahwa era 90an itu keren!

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Mau tau apa aja perbedaannya? Nih, kita ulas satu per satu.

1. Gak Ada Google dan Sosmed

Mau nyari bahan buat tugas sekolah? Kamu harus ke perpustakaan. Dengan segala syarat dan peraturan untuk menjadi anggota. Nggak ada tuh istilah Googling, atau baca Wikipedia. Jadi, kalo ada anak pintar dan punya wawasan luas di jaman 90an, itu karena ia benar-benar pinter dan rajin membaca. Jika ada anak populer, itu karena ia emang berprestasi dan punya pergaulan luas. Bukan karena ngeksis di sosmed.

perpustakaan
Anak 90an temenan sama perpustakaan [Image Source]
Kalo pengen tahu kabar gebetan, kamu gak bisa stalking di sosmed. Kamu hanya bisa bertanya kepada teman-temannya, atau datangi langsung rumahnya. Ketemuan ama orang tuanya, dll. Beda banget di jaman sekarang yang bisa jadian dengan gampang cukup lewat sosmed. Makanya anak jaman sekarang lebih gampang kecewa karena pacarnya ternyata tidak seindah ‘profil’ di sosmednya.

2. Dengerin Lagu

Di jaman sekarang, kalo mau cari lagu tinggal download, buka Spotify atau Youtube. Di jaman 90an, kamu harus nunggu depan radio agar lagu kesenengan kamu diputar. Itu pun dengan cara menelpon radio untuk request agar lagu itu diputar. Kalo request kamu gak diputar, ya udah nunggu hari berikutnya. Kadang anak 90an harus nentengin radionya berjam-jam biar bisa ngerekam  lagu kesenangan itu. Di sinilah serunya. Menunggu kapan lagu ini diputar. Di jaman tahun 90an, para remajanya dilatih bersabar dan menghargai sebuah karya.

Perjuangan anak '90an demi bisa dengerin lagu kesukaannya [Image Source]
Perjuangan anak ’90an demi bisa dengerin lagu kesukaannya [Image Source]
Era 90an terkenal dengan istilah Mixtape. Yaitu kumpulan lagu-lagu yang kita rekam sendiri. Pembuatannya gampang sih, tapi kudu sabar nungguin lagu itu muncul. Atau tebel muka pinjem kaset milik temen. Kadang remaja jaman 90an menggunakan Mixtape ini untuk pdkt. Ngasiin lagu-lagu cinta buat gebetannya. Jaman sekarang mah tinggal ngasih link!

3. Nonton Film

Sekarang sih tinggal dowload di Torrent. Di jaman 90an, kamu Cuma bisa nonton di bioskop, TV, atau nyewa ke persewaan video. Buat mereka yang tinggal di luar jawa, nonton film terbaru itu amat susah, karena belum ada bioskop 21 di daerah mereka. Jadi bioskop biasanya nayangin film-film yang kadaluarsanya setahun lebih. Ditambah lagi dengan kondisi bioskop yang kursinya udah reot, banyak nyamuk, dan film yang kadang-kadang putus di tengah jalan. Tapi seruuu! Apalagi pilihan film di jaman 90an cukup beragam, mulai dari film hollywood ketinggalan jaman, film india, film Indonesia hot, atau film kung fu mandarin!

Pernah ngalamin bioskop yang pasang spanduk seperti ini? [Image Source]
Pernah ngalamin bioskop yang pasang spanduk seperti ini? [Image Source]
Berharap pada TV juga ya gak bisa, karena TV gak bisa nayangin film-film baru. Di jaman sekarang, orang bisa download serial terbaru kayak Game of Thrones atau Arrow beberapa jam setelah serial itu tayang. Di jaman 90an, waaaah, nunggu tahunan agar serial itu bisa disetel. Seru bagi angkatan 90an karena selalu ada yang dinantikan setiap saat. Menunggu hari minggu biar bisa nonton kartun, menunggu hari kamis biar bisa nonton serial A, atau hari jumat untuk menonton serial B. Setelah itu, besoknya mereka akan membahas film itu di sekolah. Asik loh!

4. Duit Koin Sangat Dihargai

Ya, di jaman sekarang koin udah kayak gak ada harga. Tapi di jaman dulu, berharga banget. Kita bisa beli coklat cap Superman atau cap ayam. Bisa jajan bakso. Untuk para remaja, uang koin ini dikumpulin untuk dipakai di telpon umum.

Riwayat duit koin yang berharga banget di 90an [Image Source]
Riwayat duit koin yang berharga banget di 90an [Image Source]
Jaman 90an belum ada HP, jadi media komunikasi adalah telpon rumahan, dan telpon umum (ada wartel juga sih).

Telepon umum yang kini langka, dulu banyak berjasa [Image Source]
Telepon umum yang kini langka, dulu banyak berjasa [Image Source]
Nah duit koin ini kalo dikumpulin banyak, bisa dibuat pake telpon gebetan berlama-lama.

5. Foto

Tau gak di jaman dulu, untuk bisa lihat hasil potret, kamu harus nunggu seminggu! Ini karena pada saat itu, hanya ada kamera analog yang menggunakan pita film yang harus diproses secara khusus di sebuah tempat ‘misterius’ bernama Tempat Cuci Foto.

Jaman semua foto masih dicuci cetak, bukan diupload [Image Source]
Jaman semua foto masih dicuci cetak, bukan diupload [Image Source]
Proses pencucian sih cepat, tapi karena begitu banyak orang yang mencuci foto di sana, maka garapanmu harus ngantri berhari-hari. Seru dan deg-degan lihat hasil foto bareng gebetan. Hancur hati saat hasil foto itu jelek, buram, atau ‘terbakar’.

6. Kursus Macem-Macem

Jaman dulu, kamu harus benar-benar belajar ke ahlinya. Kalo jaman sekarang mah, tinggal liat video tutorial. Era 90an, banyak banget kursusan tentang apa aja. Dilatih oleh mereka yang kompeten dan memiliki sertifikat untuk mengajar. Jadi ketika lulus, kamu benar-benar bisa, punya sertifikat pula! Jadinya juga kamu akan dianggap serba bisa karena ikut ini ikut itu. Generasi 90an akan merengek minta dikursusin ama orang tuanya, beda ama anak sekarang yang merengek minta dibeliin gadget!

kursus masih ngetren di jaman 90an
Rajin-rajin kursus berbagai keahlian [Image Source]
Emang harus ngeluarin duit sih untuk ngambil kelas kayak les gitar, les matematika, les menjahit atau les masak. Tapi worth it banget lah! Kebanyakan generasi 90an yang mengambil kursus-kursus ini membuat bisnis tersendiri ketika dewasa. Mereka jadi pengusaha sukses berkat ilmu yang mereka dapatin pas kursus dulu.

7. Guru Galak

Mental anak jaman sekarang udah kayak krupuk. Dimarahin dikit nangis, dikecewain dikit mau bunuh diri. Dulu di tahun 90an, anak-anak mudanya ‘tahan banting’, karena kehidupan di sekolah cukup horor.

Ciyee.. muka-mukanya kalo sudah dihukum guru [Image Source]
Ciyee.. muka-mukanya kalo sudah dihukum guru [Image Source]
Gak ngerjain PR ditampar sampai pipi bengkak. Dapat nilai jelek dihukum berdiri depan kelas. Macem-macem duh hukumannya mulai dari fisik, sampai yang cuma berupa ngerjain tugas. Tapi itu bikin mental murid-murid jadi pemberani.

8. Gadget? Apaan Tuh?

Generasi 90an hidup di jaman miskin hiburan, tapi kaya pengalaman. Mereka aktif dalam berbagai kegiatan fisik seperti permainan anak, olah raga dll. Kalau mau gaul dan ketemuan temen, ya pasti datengin rumahnya, ngobrol ngalor ngidul, bermain apa aja yang seru-seru.

gadgetnya anak 90an
Gadgetnya anak 90an yang kesannya masih mendalam [Image Source]
Yah, kadang sih ada juga anak yang punya game konsol di rumahnya. Tapi untuk main game di jaman itu susah banget, karena orang tua kadang mengultimatum hanya boleh main game setelah ngerjain PR, itu pun dibatasi beberapa jam.

Jadi luasnya pergaulan itu karena benar-benar main ke mana-mana. Gaul ke mana-mana. Gak Cuma di rumah dan sok ngeksis lewat gadget. Oh iya, di jaman 90an tuh ada juga persewaan game watch (gembot) di depan sekolah. Tapi game ini diiketin ke tali sama abang yang punya. Kalo udah lewat waktunya, talinya bakal ditarik-tarik biar kamu cepetan game over!

9. Mesin Ketik

Tahu gak, di jaman 90an, untuk garap skripsi kamu harus pake mesin ketik manual! Hasil kerjanya gak bisa di save dalam bentuk file komputer. Jadi jika skripsi mu adalah koreksi atau salah buat, kamu harus mengetik dari awal!

Jaman kejayaan mesin ketik [Image Source]
Jaman kejayaan mesin ketik [Image Source]
Masih bilang kuliah itu susah di jaman sekarang? Masih banyak keseruan era 90an yang belum Boombastis bahas. Tunggu artikel selanjutnya yang tak kalah keren yawww!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA