Nostalgia dengan Pendekar Harum, Serial Silat yang Hits di Era 90an

oleh Norman Duarte
10:15 AM on Nov 3, 2015

Pada akhir dekade 90an, Pendekar Harum tampil di layar televisi dan membuat banyak orang terpesona. Wajahnya yang tampan, karakternya yang tenang, serta akalnya yang pintar membuat si Pendekar Harum dianggap sebagai James Bond nya dunia persilatan.

Tapi dulu mungkin kita masih terlalu awam dan cuma menikmati ceritanya saja. Nah, mari kita berkenalan tentang karakter ini, sahabat-sahabatnya, beserta fakta-fakta di balik serial asal Taiwan ini.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

1. Novel

Serial Pendekar Harum yang nama aslinya adalah Chu Liu Xiang adalah karakter yang diangkat dari novel karya Gu Long (Khu Lung) yang diterbitkan pada tahun 1968. Novel petualangan Chu Liu Xiang sangat digemari karena dianggap berbeda dengan novel-novel silat lainnya.

Novel karya Gu Long (Khu Lung) yang diterbitkan pada tahun 1968
Novel karya Gu Long yang diterbitkan pada tahun 1968 [imagesource]
Chu Liu Xiang lebih menitikberatkan pada kisah misteri ala detektif serta pengembangan karakter yang lebih dalam. Tema persahabatan pun lebih ditekankan pada novel ini.

Chu Liu Xiang
Gu Long, Penulis Novel Pendekar Harum [imagesource]
Chu Liu Xiang dikisahkan sebagai seorang dewasa berusia sekitar 30 tahunan. Ilmu silatnya adalah ilmu silat biasa saja, tetapi ia melakukannya dengan sangat sempurna sehingga sanggup mengalahkan lawan-lawan yang lebih kuat. Ilmu meringankan tubuhnya dianggap salah satu yang paling sempurna sehingga ia dapat bergerak dengan sangat cepat.

2. Chu Liu Xiang

Selain kemampuan bertarungnya, Chu memiliki otak yang sangat cerdas sehingga ia mampu memecahkan kasus-kasus misterius. Ia juga memiliki wajah yang sangat tampan yang terkadang ia gunakan sebagai ‘senjata’ dalam petualangannya. Ia pun memiliki karakter yang tenang, sopan, dan tanggap situasi. Pekerjaannya sehari-hari adalah sebagai seorang pencuri yang baik hati. Setiap hasil curiannya selalu ia bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Di mana-mana ia meninggalkan jejak keharuman tubuhnya yang lembut.

Chu Liu Xiang adalah pencuri yang baik hati
Chu Liu Xiang adalah pencuri yang baik hati [imagesource]
Chu tinggal bersama 3 orang wanita di sebuah kapal kecil yang cukup mewah. Tiga orang wanita ini adalah gadis-gadis yang ia selamatkan sewaktu ia bertualang di dunia persilatan. Hubungan mereka dengannya sudah seperti kakak adik.

Meskipun hebat dalam bertarung, Chu Liu Xiang tidak pernah membunuh orang. Gerak-geriknya anggun namun jantan. Tubuhnya wangi namun tidak berlebihan. Ia sangat pandai mengambil hati orang hanya dengan sikap dan kata-katanya yang santun. Tetapi jika bertindak, ia bisa sangat tegas dan tak kenal lelah. Segala misteri yang terjadi di dunia persilatan pasti bisa dipecahkannya.

Kisah ini sangat digemari hingga berkali-kali diangkat menjadi film dan serial TV. Aktor yang paling terkenal memerankannya adalah Adam Cheng, yang menurut banyak fans sangat mirip dalam penggambaran di dalam novel. Adam tampil berkali-kali sebagai Chu Liu Xiang baik dalam film maupun serial, dan yang paling terkenal di Indonesia adalah serial yang diperankannya pada tahun 1995.

3. Sahabat

Tema persahabatan sangat kental dalam novel-novel karya Gu Long. Demikian pula dengan si Pendekar Harum, Chu Liu Xiang. Ia memiliki beberapa sahabat karib yang selalu sigap menolongnya jika ia perlu bantuan, dan selalu bercanda dengannya.

Sahabat karip Chu Liu Xiang
Sahabat karip Chu Liu Xiang [imagesource]
Yang pertama adalah Hu Thi Hua. Lelaki ini digambarkan dalam novel sebagai orang tinggi besar dan bercambang lebat. Kesukaannya adalah minum arak dan mabuk-mabukan. Tetapi ilmunya tidak bisa dibuat main-main. Ia sangat setia kepada Chu Liu Xiang karena mereka berdua memang sahabat karib sejak kecil. Mereka melalui suka dan duka bersama dan menghadapi bahaya bersama-sama pula. Ia pula yang memberi nama panggilan ‘Ulat Busuk Tua’ kepada Chu Liu Xiang. Sedangkan Chu Liu Xiang memanggilnya dengan sebutan ‘Setan Arak’. Pada versi tahun 95, Hu Ti Hua diperankan oleh Shen Meng Sheng.

Shen Meng Seng saat ini
Shen Meng Seng saat ini [imagesource]
Yang kedua adalah Ji Bing Yan. Dia adalah seorang kaya raya yang lebih suka berdagang ketimbang bertarung. Ia pun adalah sahabat masa kecil dari Chu dan Hu. Kadang-kadang ia pun suka membantu dalam petualangan kedua sahabatnya itu. Meskipun jarang bertarung, harta kekayaannya adalah bantuan yang cukup signifikan dalam petualangan ini. Di versi 95, ia diperankan oleh Kang Kai.

4. Kekasih

Ada banyak wanita di dalam kehidupan Pendekar Harum. Gayanya yang flamboyan serta sifat playboynya memang sudah menjadi ciri khas yang tidak mungkin bisa diubah. Karena itu banyak wanita yang jatuh hati padanya. Ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk berkencan dengan mereka. Biasanya pada akhirnya para wanita itu harus melepaskan Chu untuk pergi bertualang, karena mereka tahu, hatinya hanya tertarik pada petualangan.

Su Rong Rong adalah salah satu dari ketiga adik angkat yang jatuh hati padanya. Dan nampaknya Chu Liu Xiang sendiri pun ada sedikit perasaan kepadanya. Di versi tahun 95, karakter ini tidak terlalu menonjol. Ia diperankan oleh Lin Mei Chen.

Shangguan Wuji adalah salah satu kekasih Pendekar Harum. Ia bertemu nona cantik ini saat sedang iseng jalan-jalan di pasar. Karena ketertarikannya, ia menguntit nona ini hingga sampai ke kediamannya yang ternyata merupakan sebuah gua rahasia. Petualangan mereka kemudian di mulai bersama-sama. Pada awalnya nona ini tidak menyukai Chu karena mengganggapnya sebagai penggoda. Tokoh Shangghuan Wuji ini adalah karakter di dalam serial TV, dan tidak pernah muncul pada novel. Ia diperankan dengan manis oleh Cynthia Khan.

Shangguan Wuji
Shangguan Wuji [imagesource]
Dalam versi novel, Chu Liu Xiang akhirnya menikah dengan Zhang Jie Jie. Seorang wanita dari perkumpulan rahasia di atas gunung. Tetapi pernikahan ini kandas setelah Zhang Jie Jie melihat bahwa Chu Liu Xiang tidak bahagia dan harus tinggal menetap di atas gunung.

Zhang Jie Jie
Zhang Jie Jie [imagesource]
Wanita ini kemudian berbesar hati melepasnya pergi kembali bertualang di dunia persilatan. Di versi 95, Zhang Jie Jie tidak dimunculkan. Baru muncul pada versi 2012, diperankan oleh Xia Qing.

5. Masih Digemari

Di negeri yang berbahasa China (China, Hongkong, Taiwan, dll) kisah-kisah persilatan masih sangat digemari. Dan serial TV tentang petualangan tokoh-tokoh persilatan pun masih dibuat sampai sekarang.

Masih Digemari
Masih Digemari [imagesource]
Chu Liu Xiang telah diperankan oleh berbagai aktor mulai dari Ti Lung, Adam Cheng, Michael Miu, Aaron Kwok (aktor dan penyanyi terkenal), Richie Ren (sang penyanyi terkenal), Ken Zhu (anggota F4), dan terakhir Ken Chang di tahun 2012. Tapi fans selalu menganggap bahwa versi Adam Cheng adalah yang terbaik.

Masih kangen dengan serial silat di masa 90an? Stay tune terus yah, redaksi Boombastis akan kembali mengulas dan memberikan informasi menarik tentang mereka.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA