in

7 Serangga Mengerikan yang Bisa Hidup di Dalam Tubuh Manusia!

Kita sudah sangat tahu jika beberapa penyakit yang menjangkiti manusia ditularkan oleh serangga, salah satunya nyamuk. Penyakit itu bisa berupa demam berdarah, malaria, hingga chikungunya. Meski demikian, tak banyak yang tahu jika beberapa jenis serangga (bisa larvanya juga) ini bisa hidup dalam tubuh kita. Mereka masuk dan akhirnya menjadi parasit yang menggerogoti tubuh kita perlahan-lahan.

Tubuh kita tak hanya digunakan untuk virus atau bakteri untuk berkembang biak. Namun juga digunakan untuk serangga hidup dan beranak pinak. Well, apa saja saja serangga itu. Monggo kita simak bersama-sama. Jangan sampai kaget dan takut ya!

1. Naeglaria Fowleri – Serangga Zombie

Berdasarkan cerita fiksi, zombie adalah makhluk yang doyan sekali makan otak. Seperti yang dilakukan oleh serangga Naeglaria Fowleri ini. Hewan ini senang sekali hidup di otak manusia lalu perlahan-lahan memakannya. (Meski tak sampai habis!)

Naeglaria Fowleri – Serangga Zombie [image source]
Naeglaria Fowleri – Serangga Zombie [image source]
Serangga ini akan menyebabkan sistem saraf terganggu. Akibatnya kita akan mengalami sakit kepala, mual, hingga muntah berkali-kali. Kita bisa mengalami koma jika parasit ini telah menguasai otak kita. Kasus Naeglaria sangat jarang terjadi. Namun sampai sekarang sudah ada 1.000 yang terkena hingga banyak yang kehilangan nyawa.

2. Onchocerca Volvulus – Serangga Pembuat Buta

Onchocerca Volvus adalah serangga yang inangnya hanya manusia. Mereka masuk ke dalam mata ketika manusia sedang mandi di sungai. Daerah-daerah pinggiran yang sangat kumuh di Afrika menjadi sarang serangga mengerikan ini untuk terus berkembang biak dan membuat manusia buta secara instan!

Onchocerca Volvulus – Serangga Pembuat Buta [image source]
Onchocerca Volvulus – Serangga Pembuat Buta [image source]
Begitu masuk ke dalam mata, serangga ini akan menyusup ke kornea. Dalam waktu yang tak begitu lama, kornea mata akan mengeras dan membuat manusia langsung buta. Tubuh manusia tidak akan bisa mengenali serangga ini sebagai parasit berbahaya. Artinya, hewan ini akan terus menginveksi hingga manusia buta permanen.

3. Filarial Worm – Serangga Penyebab Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah ditularkan oleh nyamuk. Hewan ini akan memasukkan mikrofilaria dalam tubuh manusia. Lambat laun larva hewan ini akan masuk dan berkembang dalam tubuh manusia. Saat dewasa hewan ini akan masuk ke dalam kelenjar limfa dan membuat penyumbatan di sana.

Filarial Worm – Serangga Penyebab Kaki Gajah [image source]
Filarial Worm – Serangga Penyebab Kaki Gajah [image source]
Akibat dari penyumbatan ini, manusia akan mengalami pembengkakan di kaki. Pembengkakan ini akan berlangsung dalam waktu yang lama dan menyerupai kaki gajah. Jika dibedah, kaki ini akan berisi cairan serta serangga Filarial yang mengerikan itu!

4. The Bofty – Serangga Pembedah Kulit

Bofty adalah serangga yang meminjam kulit manusia atau hewan untuk meletakkan telurnya. Serangga ini akan hinggap di kulit anda dan menginjeksikan beberapa telur. Saat menetas, larva serangga ini akan masuk ke dalam sel otot hingga mereka tumbuh besar.

The Bofty – Serangga Pembedah Kulit [image source]
The Bofty – Serangga Pembedah Kulit [image source]
Bofty yang telah dewasa akan keluar dar kulit hingga membuat sebuah lubang besar. Bisa dibayangkan bagaimana sakitnya saat serangga dewasa membelah kulit? Bahkan perlu operasi untuk menutup luka yang akan terus menganga ini. Serem!

5. Cacing Guinea – Cacing yang Suka Berenang di Tubuh

Cacing Guinea sangat suka hidup dalam perairan yang sangat kotor. Mereka bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, telinga, hingga mata. Di dalam tubuh mereka akan berenang melalui pembuluh darah dan menyerap semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia hingga habis.

Cacing Guinea – Cacing yang Suka Berenang di Tubuh [image source]
Cacing Guinea – Cacing yang Suka Berenang di Tubuh [image source]
Mereka bisa memiliki panjang 70-100 cm saat dewasa. Jika tubuh manusia yang telah jadi inang tak memasok banyak nutrisi, hewan ini akan memaksa keluar. Ia akan membuat lubang hingga menyebabkan kulit jadi melepuh. Orang yang terkena parasit ini akan merasakan rasa panas dan perih yang tak terkira!

6. Vandellia Cirrhosa – Ikan Vampire

Meski bentuknya seperti ikan, sebenarnya hewan ini adalah sejenis cacing. Mereka sangat menyukai lingkungan dengan kadar amoniak yang sangat tinggi. Saat anda mandi di sungai atau danau, jangan sesekali kencing di dalam air. Hewan ini akan bergerak dan mendeteksi dari mana arah amoniak itu datang.

Vandellia Cirrhosa – Ikan Vampire [image source]
Vandellia Cirrhosa – Ikan Vampire [image source]
Hewan ini akan merayap dan masuk ke dalam tubuh. Mereka akan perlahan menyedot darah seperti vampire dan hidup dalam tubuh dalam waktu yang sangat lama. Tidak mau kan hanya gara-gara pipis di dalam air malah terkena hewan mengerikan menghisap darah ini!

7. Ascaris Lumbricoides – Cacing Gajah Sesungguhnya!

Ascaris Lumbricoides adalah cacing yang terbilang sangat besar. Panjangnya bisa mencapai 30 cm dengan warna merah hati. Hewan ini suka hidup di lingkungan yang sangat kotor. Lalu masuk ke dalam tubuh manusia dengan menembus kulit manusia. Biasanya melalui kulit kaki karena hewan ini banyak hidup di dalam tanah.

Ascaris Lumbricoides – Cacing Gajah Sesungguhnya! [image source]
Ascaris Lumbricoides – Cacing Gajah Sesungguhnya! [image source]
Cacing ini dapat menyebabkan gangguan pada tubuh seperti sakit kepala, demam, hingga mual dan diare. Cacing ini lebih banyak memberikan efek buruk pada anak-anak karena mereka memiliki kekebalan tubuh yang masih sangat lemah.

Coba bayangkan jika salah satu dari hewan mengerikan ini menginvasi tubuh kita? Bukankah itu sangat mengerikan? So, selalu jaga kesehatan dan jangan lupa pakai sandal saat ke zona yang sangat kotor. Salah-salah nanti ada cacing yang masuk dan menyusup!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Foto-foto Sejarah Hair Dryer, Repotnya Mengeringkan Rambut Ala Wanita Jaman Dulu

6 Aksi Kriminal yang Takkan Membuatmu Dipenjara Jika Jadi Warga Amerika Serikat