4 Hal Sepele Tapi Berpahala Besar Dilakukan Saat Ramadan

oleh Sofia Fitriani
12:04 PM on Jun 20, 2015

Sebagai seorang muslim, kita pastinya ingin selalu mendapatkan pahala dari Allah SWT sebagai bekal kita di akhirat kelak. Allah memanglah Maha Pengasih, dengan segala cintaNya, Dia selalu mencurahkan nikmat dan kasih sayang tak terkira. Tak pernah sekalipun Dia menyulitkan hambaNya, kecuali hamba tersebut menyulitkan dirinya sendiri, dengan menjauhkan diri dariNya, atau mengingkariNya.

Nah, untuk selalu mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah dalam kehidupan kita, serta pahala yang berlipat ganda, kita harus selalu ikhlas dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala laranganNya. Karena dengan patuh dan taat padaNya dalam keadaan ikhlas, selain hidup menjadi lebih tenang, maka Allah pun akan senantiasa memberikan kemudahan dalam perjalanan kehidupan kita.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Setelah kita menjalankan berbagai ibadah wajib maupun sunnah, Allah juga memerintahkan kita untuk selalu berbuat baik, dengan amalan-amalan kebaikan yang tak terkira jumlahnya. Beberapa adalah hal-hal yang mungkin bahkan sering kita anggap sepele, namun ternyata justru bisa mendatangkan pahala besar untuk kita. Nah, apa sajakah hal-hal sepele yang ternyata bisa memberikan kita pahala besar tersebut?

1. Memberi Makan Orang Berpuasa

Maksudnya di sini adalah menyiapkan makanan berbuka bagi orang yang menjalankan ibadah puasa, entah puasa sunnah maupun puasa wajib. Allah amat menyukai orang yang menyedekahkan hartanya untuk orang berpuasa, karena itu sama artinya dengan menyedekahkan hartanya di jalan jihad.

Memberi Makan Orang Berpuasa
Memberi Makan Orang Berpuasa [ImageSource]
Terutama bagi kaum perempuan yang sedang mengalami masa haid, maka selama mereka tak bisa menjalankan ibadah puasa mereka bisa memberi makan berbuka bagi yang berpuasa. Sehingga ruh atau rasa dekat seperti menjalankan ibadah puasa tetap bisa didapatkannya.

Hal ini mungkin sering kita sepelekan, namun tahukah kita ternyata pahala yang bisa kita dapat dari memberi makan buka bagi orang berpuasa ternyata sangatlah besar dan sangat rugi jika kita menyepelekannya begitu saja.

2. Mendo’akan Saudara Muslim yang Bersin

Jika kita menemui kondisi dimana saudara kita sesama muslim bersin, dan kemudian dia mengucapkan hamdallah, sebaiknya kita segera menyahutnya dengan do’a. Sepertinya sepele, namun tahukah kita bahwa saat orang bersin, maka seluruh aktivitas organnya terhenti termasuk jantungnya pun berhenti berdetak. Bisa kita bayangkan bukan jika jantung yang berhenti berdetak itu akan terus berhenti, maka itu artinya dia akan mati.

Mendo’akan Saudara Muslim yang Bersin
Mendo’akan Saudara Muslim yang Bersin [ImageSource]
Nah, do’a tersebut sebagai bentuk syukur kepada Allah yang Maha Menghidupkan dan Mematikan, bahwa Dia yang Maha Esa masih menjalankan kembali detak jantung saudara kita setelah bersin tersebut.

Tentunya, dengan mendo’akan tersebut, walau kesannya sangat sepele, ternyata menyimpan sebuah pahala besar untuk kita para pelakunya. Sehingga jangan sampai kita melewatkannya, karena selain menunaikan hak persaudaraan yaitu mendo’akan, kita juga akan mendapatkan pahala besar dari Allah.

3. Berjabat Tangan saat Bertemu Saudara Seiman

Saat seorang perempuan muslim bertemu dengan perempuan muslim atau laki-laki muslim bertemu dengan laki-laki muslim, kemudian mereka saling berjabat dan bertukar salam, maka pada saat itu berguguranlah dosa di antara mereka. Allah juga memberikan pahala yang besar bagi seorang muslim yang dengan tulus meminta maaf lalu menjabat tangan saudaranya, entah dia sesungguhnya salah ataupun tidak.

Berjabat Tangan saat Bertemu Saudara Seiman
Berjabat Tangan saat Bertemu Saudara Seiman [ImageSource]
Sepertinya sepele sekali bukan hal ini? Namun, sangat rugi sekali jika kita sampai menyepelekannya, karena pahala, keberkahan, dan tentunya ampunan yang besar telah siap Allah berikan bagi kita yang saling berjabat tangan dan bertukar salam saat bertemu dengan saudara seiman.

4. Saling Menasehati

Kadang hanya sekedar mengingatkan saat saudara atau sahabat kita melakukan kesalahan, kita malasnya minta ampun. Dengan dalih takut mencari masalah atau takut menyinggungnya. Padahal saling mengingatkan dalam kebaikan atau saling menasehati itu merupakan bagian dari menunaikan hak persaudaraan sesama muslim, serta akan mendatangkan pahala serta keberkahan besar dari Allah.

Saling Menasehati
Saling Menasehati [ImageSource]
Maka jangan sampai kita melewatkan hal yang satu ini, apalagi menyepelekannya. Jika kita takut menyakiti hati saudara atau sahabat kita, kita bisa melakukannya (memberi nasehat atau mengingatkan tersebut) dengan cara yang baik dan lembut, sehingga tak akan membuatnya tersinggung atau merasa terhina.

Itulah keempat hal yang mungkin selama ini sering kita anggap sepele, namun sesungguhnya hal sepele tersebut, merupakan sebuah pahala dan keberkahan besar dari Allah jika kita tulus ikhlas melakukannya. Semoga bisa membuat kita lebih semangat dalam mengejar pahala dan keberkahan dari Allah, dengan terus semangat memperbaiki diri kita. (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA