4 Senjata Sangar Bikinan Tanfoglio, Perusahaan Alutsista Indonesia yang Tak Kalah Edan dari Pindad

oleh Rizal
09:40 AM on Jun 3, 2016

Selama ini kita hanya mengenal pindad sebagai produsen alutsista dalam negeri. Padahal masih ada satu lagi yang juga tak kalah hebatnya. Ya, namanya adalah Tanfoglio atau lengkapnya Tanfoglio Indonesia Jaya. Perusahaan satu ini bisa dibilang sangat greget. Pasalnya, mereka lah satu-satunya produsen alutsista swasta di Indonesia.

Tanfoglio sendiri bukanlah pemain baru. Brand ini berkembang di Italia kemudian masuk ke Indonesia. Di sini kemudian perusahaan itu berkembang dan kena sentuhan dalam negeri. Bukti nyatanya adalah deretan senjata-senjata buatan mereka yang disemati nama ala Indonesia. Soal produk, senjata bikinan Tanfoglio juga tak kalah gila dari buatan Pindad.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Berbeda dengan Pindad yang juga membuat kendaraan tempur, Tanfoglio khusus hanya membikin senjata-senjata saja. Lalu, senjata keren macam apa yang dibuat oleh mereka? Simak ulasannya berikut.

1. Pistol-Pistol Mematikan Dengan Nama Indonesia

Sama seperti Pindad yang membuat pistol-pistol macam G2 Elite dan Combat, Tanfoglio juga melakukan hal yang sama. Hanya saja, produksi pistol mereka jauh lebih banyak dan variatif. Setidaknya ada sekitar 8 jenis pistol yang mereka buat. Uniknya, masing-masing pistol memiliki nama ala Indonesia.

Beberapa jenis pistol Tanfoglio
Beberapa jenis pistol Tanfoglio

Sebut saja S9 Tambora, S9 Arafura, sampai S9 Korowai. Soal kemampuan, pistol-pistol ini memiliki spesifikasi mereka sendiri yang disesuaikan dengan penggunaan. Tak hanya itu, Tanfoglio juga membuat semacam perangkat sangar yang memungkinkan pistol untuk diubah menjadi senapan ringan, namanya adalah KPOS Conversion Kit. Pindad belum punya yang satu itu.

2. Dua Senapan Serbu Super Maut

Berbeda dengan Pindad yang membuat cukup banyak variasi senapan, Tanfoglio hanya membuat dua tipe saja. Namanya pun cukup sederhana, D5 dan D7. Meskipun namanya biasa, senapan ini memiliki banyak sekali keunggulan yang gila.

Dua jenis senapan Tanfoglio
Dua jenis senapan Tanfoglio

Mengutip dari website resmi Tanfoglio, dua senjata ini diklaim sangat mematikan. Mereka dijejali dengan berbagai perangkat mutakhir yang membuatnya punya kemampuan sangar. Tak hanya itu, mereka juga terbuat dari bahan-bahan pilihan yang sudah diuji berkali-kali dengan bermacam teknik. Dua senjata ini sangat cocok dipakai untuk segala misi. Sangar!

3. Tanfoglio Juga Punya Sniper Maut

Berbicara soal sniper, kita mengenal Pindad dengan SPR-nya, nah Tanfoglio pun juga tak mau kalah dengan memiliki dua varian sniper yang kemampuannya sama-sama gila. Mereka bernama Bolt Action dan Chasis. Untuk Bolt, senjata ini dirancang seperti sniper kebanyakan. Akurat, mematikan, dan bisa disemati banyak alat-alat khusus, misal teleskop atau night vision.

Chasis Sniper [Image Source]
Chasis Sniper [Image Source]
Nah, yang ngeri adalah Chasis sniper. Secara tampilan sniper satu ini sangat garang dengan bentuk yang tegas serta banyak sudut-sudut tajam di body-nya. Soal kemampuan, Chasis dibekali dengan banyak hal. Senapan satu ini super akurat lantaran bentuk larasnya yang unik serta dipadu dengan teropong yang besar dan detail. Tak hanya itu, ia juga tak berat dan bisa dilipat sehingga memudahkan untuk pengepakan. Sangat mematikan dan handal di segala medan, senjata ini patut dibeli oleh TNI.

4. Eli Gun, Senjata Kelas Berat yang Pindad pun Tak Punya

Satu lagi yang gila dari Tanfoglio adalah senjata mesinnya yang bernama Eli Gun. Mungkin sekilas sama seperti machine gun kebanyakan, tapi yang satu ini benar-benar gila. Salah satunya adalah kemampuannya melontarkan sekitar 3400 peluru dalam semenit.

Eli Gun [Image Source]
Eli Gun [Image Source]
Tak hanya itu, Eli Gun juga dibekali dengan berbagai perlengkapan gila. Mulai dari feed system yang lebih baru, sampai compability yang lebih luas. Untuk senjata yang macam begini di Indonesia yang buat hanya Tanfoglio saja. Pindad belum memilikinya.

Tanfoglio, perusahaan satu ini mungkin sudah saatnya dilirik oleh negara sebagai pemasok alutsista lain selain Pindad. Sama sekali tidak rugi kalau dicoba karena senjata-senjata buatan mereka pun sangat gila. Jika benar-benar direalisasi, maka makin variatif pasokan alutsista TNI kita. Hingga pada akhirnya ini akan berdampak kepada melejitnya militer Indonesia di dunia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA