7 Senjata Perang Kuno Paling Unik yang Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Dec 1, 2015

Perang telah menjadi bagian dari manusia sejak ribuan tahun yang lalu hingga sekarang. Dalam perkembangannya, perang selalu dihiasi dengan senjata-senjata yang mematikan. Saat ini, Rusia adalah negara yang memiliki senjata tempur paling canggih hingga mampu membungkam Amerika dan NATO. Di masa lalu, banyak kelompok-kelompok yang mengembangkan senjata perang yang kadang terlihat sangat aneh.

Inilah tujuh senjata kuno aneh yang ada di masa lalu. Anda pasti belum pernah mendengar dan melihat seperti apa bentuknya. Mari kita ulas satu per satu!

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Archimedes Steam Cannon

Ribuan tahun yang lalu, Archimedes berhasil membuat sebuah senjata perang yang sangat hebat. Senjata ini berupa cannon atau meriam yang cara kerjanya menggunakan prinsip tekanan udara panas. Archimedes membuat alat unik yang memanfaatkan tekanan uap untuk mendorong sebuah bola yang berisi partikel kimia atau bola besi.

Kekuatan dari alat ini sungguh diluar dugaan. Dari penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan. Sebuah bola yang diluncurkan oleh meriam ini memiliki energi kinetik nyaris 2 kali dari pistol M2 yang memiliki peluru kaliber 0.5. Selain itu, bola yang dilontarkan mampu menempuh jarak hingga 1,2 km.

2. Axe Guns

Hampir semua kebudayaan memiliki alat perang yang menggabungkan pistol degan senjata lainnya. Sebagai contoh, pistol yang juga menggabungkan kapak sebagai kemampuan kedua. Pistol ini dikembangkan sekitar abad ke-16 masehi oleh orang-orang di Jerman.

Senjata ini mampu bekerja dengan baik sebagai pistol dan juga alat pemotong yang sangat bermanfaat saat perang. Jika tidak menginginkan bagian kapaknya, maka ujung pistol bisa dilepas dan menjadi pistol yang lebih ringan untuk digunakan.

3. Hwacha

Hwacha adalah sebuah mesin pelontar misil yang dikembangkan oleh Korea sekitar tahun 1590an. Alat ini berisi puluhan anak panah yang bisa meledak setelah mengenai sasaran. Korea mengembangkan alat unik ini untuk menjaga wilayahnya saat Jepang yang saat itu ingin menginvasi seluruh wilayah di Korea.

Hwacha [image source]
Hwacha [image source]
Saat Jepang menginvasi di Korea, tentara korea menggunakan Hwacha dan berhasil membuat banyak pasukan Jepang lari tunggang langgang. Setidaknya sekitar 10.000 tentara meninggal dunia terkena Singijeon (peluru Hwancha) yang meledak mengenai sasaran dengan tepat.

4. Gun Shields

Gun Shields pertama kali dibuat sekitar abad ke-16. Saat itu Raja Henry VIII memiliki ide untuk membuat sebuah pistol yang memiliki fungsi ganda. Akhirnya dibuat sebuah pistol yang di sekelilingnya terdapat sebuah lempeng logam yang bisa berputar dan membuat orang yang berada di belakangnya tak terkena peluru.

Gun Shields [image source]
Gun Shields [image source]
Senjata yang dibuat ini ternyata tak berfungsi dengan baik. Meski demikian, Gun Shiled tetap bisa digunakan meski kadang pelindungnya harus di pisah. Saat ini gun shiled masih ada dan disimpan di beberapa museum Inggris.

5. Triple-Bow Arcuballista

Arcuballista pertama kali ditemukan dan dikembangkan oleh orang di Yunani ribuan tahun lalu. Alat ini berupa busur panah yang dipasangkan dengan alat yang mampu melempar panah dengan sangat cepat dan tepat sasaran. Alat ini akhirnya sampai China beberapa ratus tahun kemudian.

Triple-Bow Arcuballista [image source]
Triple-Bow Arcuballista [image source]
Akhirnya di China alat ini dikembangkan lagi dengan besar-besaran. Mereka ingin lebih dari satu pelontar. Akhirnya ditambahkan lagi dua pelontar hingga total menjadi tiga. Alat ini akhirnya digunakan oleh China untuk melawan serangan tentara Mongol yang melakukan inovasi.

6. Rocket Cats

Barangkali alat perang ini paling unik dibandingkan beberapa yang lain. Pasalnya alat perangnya berupa hewan yang sangat lucu, yaitu kucing. Sekitar tahun 1530, Jerman mengembangkan alat yang dipasangkan kepada kucing. Mereka akan menangkap kucing secara random lalu memasang alat semacam bom.

Setelah kucing di lepas maka kucing akan berkeliaran ke seluruh kota. Atau kembali ke rumah pemiliknya. Lalu beberapa saat kemudian, akan terjadi ledakan yang sangat kuat. Lalu seluruh isi kota bisa hancur berantakan. Well, alat perang yang kejam.

7. Chinese Flamethrower

Chinese Flamethrower adalah sebuah alat yang dikembangkan oleh China sekitar abad ke-10 masehi. Alat ini berbentuk seperti tabung bambu dan dapat menyemburkan api yang sangat besar dan banyak dengan jarak hingga beberapa meter saja.

Chinese Flamethrower [image source]
Chinese Flamethrower [image source]
Selain api, biasanya alat ini juga bisa melontarkan asap beracun dari bahan kimia seperti arsenik. Alat ini hanya dipakai dalam beberapa tahun saja. Pasalnya orang yang menggunakan alat ini juga ikut terkena racun hingga meninggal dengan cepat.

Itulah tujuh senjata perang kuno paling unik yang pernah dibuat di dunia ini. Meski terlihat kuno dan kadang aneh, dahulu alat ini sangat bermanfaat. Bahkan ada yang dikembangkan hingga sekarang, salah satunya misil pelontar yang dikembangkan Korea. Dari tujuh alat di atas, kira-kira mana yang paling hebat di zamannya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA