5 Senjata Perang ini Membuat Iran Jadi Negara yang Paling Ditakuti

oleh Rizal
11:07 AM on Feb 12, 2016

Iran mungkin jadi negara yang tak diunggulkan di ranah militer. Padahal jika dilihat dari statistiknya, negara ini menghuni peringkat 23 dari 126 negara. Sebuah pencapaian yang bagus dan tidak boleh dianggap enteng tentu saja. Dan memang pada kenyataannya, Iran memiliki modal yang lebih dari cukup untuk membuat negara lain tidak coba-coba cari gara-gara.

Hal penting yang perlu diingat, Iran memiliki nuklir. Meskipun mungkin tidak sebanyak Amerika dan negara-negara lainnya, namun ini akan jadi ancaman serius bagi siapa pun yang mengusik negaranya Ahmadinejad itu. Jika nuklir masih belum cukup, Iran masih memiliki banyak senjata mematikan lainnya yang bikin siapa pun menyesal sudah menyulut api dengan negara ini.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Lalu, senjata gila apa saja yang dimiliki Iran sehingga negara ini ditakuti?

1. Quds Force

Setiap negara pastinya punya unit spesial mereka sendiri. Jika Amerika punya Navy Seal, Iran juga tak mau kalah dengan pasukan elit mereka bernama Quds Force. Pasukan spesial ini adalah pilihan dari kandidat terbaik di angkatan bersenjata Iran. Diketahui jumlahnya sekarang ini ada sekitar 15 ribu orang. Jika satu orang pasukan khusus saja bisa membunuh 10 orang lebih, maka jumlah ini lebih dari cukup untuk menghabisi seluruh tentara musuh.

Quds Force [Image Source]
Quds Force [Image Source]
Quds Force dibekali kemampuan mengerikan khas tentara spesial. Tak hanya skill, konon Quds Force juga disediakan berbagai alutsista terbaik oleh pemerintah Iran. Mulai dari senjata kekinian sampai tank-tank tempur yang siap pakai kapan pun dibutuhkan.

2. Misil Balistik

Ada satu alasan khusus kenapa meskipun tidak disukai negara-negara Barat, Iran masih bisa bernafas lega alias tidak khawatir diserang. Ya, ini lantaran mereka punya banyak stok  misil balistik. Hanya sekali tekan, misil-misil ini akan meluncur ke target yang diinginkan.

Misil balistik Iran [Image Source]
Misil balistik Iran [Image Source]
Iran memang mengembangkan beberapa jenis misil dengan kemampuan dan daya ledak berbeda. Misalnya Shabab-4 yang bisa menghancurkan target sejauh 2.400 mil, atau mungkin Sejil 3 yang memiliki berat 38 ribu kilogram dan mampu merengkuh jarak maksimum 4 ribu kilometer.

3. Perahu Tempur Cepat

Iran memiliki skuad perahu tempur cepat yang bisa dibilang paling terlatih di dunia. Pasukan ini bisa melakukan aksi gerak cepat yang akan membuat musuh-musuhnya tak sempat melakukan pertahanan dan akhirnya hancur.

Pasuka perahu tempur cepat [Image Source]
Pasuka perahu tempur cepat [Image Source]
Pasukan tempur ini didesain multi fungsi. Ia tak hanya bisa dipakai untuk menghancurkan properti dan fasilitas militer musuh, tapi juga bisa combat di tengah laut. Meskipun mengandalkan kecepatan, tapi pasukan ini biasanya dikemas dengan persenjataan kelas berat.

4. Kapal Selam Ghadir-Class Midget

Ghadir mungkin bukan kapal selam kelas berat, tapi ia bisa jadi ancaman super serius bagi musuh-musuh Iran. Tubuhnya tidak bongsor, alhasil, Ghadir bisa melesat cepat. Bahkan kecepatannya bisa mencapai 11 knot ketika di dalam air. Tak hanya itu, ia juga bisa dijejali dengan torpedo-torpedo kelas berat yang bisa dilepaskan secara akurat.

Ghadir Class Submarine [Image Source]
Ghadir Class Submarine [Image Source]
Fungsi lain Ghadir, ia  juga bisa dipakai untuk memboyong para Quds. Jadi, sekalian bisa sebagai kendaraan akomodasi bayangan yang tak terlihat. Lalu dari sini Quds bisa langsung menusuk ke jantung pertahanan musuh. Satu lagi keunggulan Ghadir adalah biaya pengadaannya yang murah. Dengan memanfaatkan sedikit kekayaan alamnya, Iran bisa memboyong lusinan Ghadir untuk dioperasikan bersama-sama.

5. Misil Soumar

Iran kabarnya baru-baru ini mengembangkan senjata baru bernama Soumar. Ini adalah semacam misil jarak jauh yang punya daya ledak super. Iran terinspirasi dari Kh-55 bikinan Rusia. Meskipun demikian, negara Persia di masa lalu ini punya ciri khas sendiri.

Misil Soumar [Image Source]
Misil Soumar [Image Source]
Tak hanya punya daya ledak yang tidak main-main, Soumar katanya bisa menghancurkan target dari jarak yang cukup jauh. Masih belum diketahui berapa banyak Soumar yang bisa dibuat oleh Iran. Tapi, kalau dilihat dari ekonomi mereka yang stabil, mungkin saja Iran bisa membuat Soumar dengan jumlah yang lebih dari cukup untuk meluluhlantahkan sebuah negara.

Iran mungkin bukan pemilik militer terbaik, tapi setelah melihat fakta ini mereka patut untuk diperhitungkan di kancah dunia. Mungkin gara-gara deretan senjata mematikan ini Arab Saudi agak segan untuk all out melawan Iran dalam perseteruan mereka yang memanas belakangan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA