5 Senjata Legendaris Jepang ini Bikin Negara Sakura Disegani Dunia

oleh Rizal
14:14 PM on Apr 12, 2016

Katana bisa dibilang merupakan salah satu senjata lawas yang paling ikonik dengan Jepang. Pedang yang sudah ada sejak abad 15 ini digambarkan sangar luar biasa dengan kemampuan menebas serta efisiensinya yang oke sekali. Dan memang pada faktanya, katana benar-benar sangat maut. Bahkan jika diadu, pedang ini lebih unggul dari broad sword khas Eropa yang tebal dan panjang itu.

Berbicara senjata lawas Jepang, mungkin yang terkenal hanya Katana, padahal negeri sakura ini memiliki banyak jenis senjata lainnya. Misalnya Tekkan dan Hachiwari, dua pedang tumpul nan berat namun jadi senjata pembunuh mengerikan. Berbeda dengan Katana yang sifatnya memotong, dua senjata ini lebih ke arah menghancurkan. Sangar!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Ya, tentu saja bukan cuma ini senjata kuno mematikan yang dimiliki Jepang. Masih banyak lagi yang lebih keren dan edan. Simak ulasannya berikut.

1. Kusarigama, Senjata Mematikan Kombinasi Sabit dan Rantai

Jika Katana sangat efektif untuk pertarungan jarak dekat, senjata bernama Kusarigama ini justru sebaliknya. Begitu maut untuk perkelahian jarak jauh. Kusarigama adalah senjata kombinasi antara sabit tajam yang dikemas dengan rantai. Penggunaannya sendiri adalah dengan cara dilempar ke arah target lalu ditarik sekuat-kuatnya.

Kusarigama [Image Source]
Kusarigama [Image Source]
Senjata satu ini juga bisa dipakai dengan cara diputar-putar dulu sebelum kemudian dilempar. Gerakan memutar akan menambah kecepatan dan bisa sangat melukai. Di masa lalu senjata ini sangat populer di kalangan prajurit. Ninja pun bahkan ada yang memakainya pula.

2. Kyoketsu – Shoge, Senjata Penjerat Mematikan

Secara prinsip Kyoketsu – Shoge hampir mirip dengan Kusarigama. Namun, ia bukan sabit dan rantai, namun semacam dagger atau pisau kecil dan tali panjang dengan sebuah ring besi di bagian belakangnya. Senjata ini bisa digunakan untuk pertarungan jarak jauh, namun bisa pula untuk menjerat musuh.

Kyoketsu - Shoge [Image Source]
Kyoketsu – Shoge [Image Source]
Uniknya senjata ini adalah bobotnya yang lebih ringan dari Kusarigama. Ia juga memiliki jarak lempar yang lebih jauh karena menggunakan tali. Senjata ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, tapi ketika ia berada di tangan yang tepat, bisa jadi sangat mematikan.

3. Sasumata, Senjata Unik Untuk Menyiksa Para Kriminal

Senjata satu ini bisa dibilang aneh. Bentuknya mirip garpu namun bagian ujungnya melengkung dua arah keluar. Di gagang besinya juga terdapat duri-duri lancip yang merata dari atas sampai bawah. Senjata satu ini tak digunakan untuk bertarung, namun lebih untuk menyiksa.

Sasumata [Image Source]
Sasumata [Image Source]
Tujuan dari bentuknya sendiri memang untuk itu. Bagian ujungnya bisa digunakan untuk memukul, sedangkan duri-duri lancipnya dipakai untuk jaga-jaga agar senjata ini tidak direbut tiba-tiba. Unik dan aneh, namun sekilas nampak sangat ngeri.

4. Tekko – Kagi, Cakar Khas yang Mematikan

Senjata satu ini sangat lazim digunakan para ninja. Bentuknya seperti cakar namun dengan dimensi yang pendek. Meskipun begitu, ia bisa dibilang mematikan karena terbuat dari besi tajam serta memiliki lengkungan yang bisa dipakai untuk mengoyak musuh dengan sadis.

Tekko - Kagi [Image Source]
Tekko – Kagi [Image Source]
Biasanya senjata ini dipakai di satu tangan saja, sedangkan tangan yang lain dipakai untuk fungsi yang berbeda. Konon senjata ini sangat efektif bukan hanya untuk mengoyak musuh tapi juga melucuti Katana. Hal tersebut bisa terjadi kalau pengguna Tekko-Kagi-nya sudah sangat ahli.

5. Cincin Berduri Mematikan Ala Kakute

Sekilas, senjata satu ini mungkin sangat sederhana. Ia hanya berbentuk cincin biasa dengan salah satu sisi yang lancip. Meskipun terlihat biasa, namun cincin ini bisa sangat menyakiti lawannya.

Kakute [Image Source]
Kakute [Image Source]
Ia bisa digunakan dengan dua cara. Pertama bisa dipakai untuk memberikan efek pukulan yang lebih menyakitkan. Ya, bagian ujungnya yang tajamnya diarahkan ke musuhnya. Selain itu ia bisa dipakai untuk mencengkeram musuh dengan meletakkan bagian runcingnya ke dalam. Menurut sejarahnya, senjata ini konon menjadi salah satu yang paling ditakuti orang-orang.

Inilah senjata-senjata gila di zaman Jepang kuno. Terlihat sederhana memang, namun mekanisme senjata-senjata ini benar-benar sangar. Tak heran kalau Jepang begitu ditakuti di masa lalu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA