in

5 Senjata Fantasi yang Kini Benar-Benar di Dunia Nyata

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi tidak hanya dirasakan oleh orang awam saja, karena kemajuan seperti ini juga berlaku dalam dunia militer. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan senjata-senjata perang yang awalnya hanya berasal atau dapat dilihat dalam film-film sci-fi atai fiksi saja, namun kini sudah diproduksi di dunia nyata, walaupun beberapa di antaranya masih berstatus prototype atau juga rahasia.

Nah, berikut ini adalah beberapa senjata-senjata militer yang konon diilhami dari sebuah film fiksi, film kartun atau juga dari komik dan kini telah diciptakan secara nyata.

Force Fields

Jika kamu adalah penggemar film Star Wars, tentunya akan mengenal apa itu force fields. Dalam film tersebut, force fields merupakan medan gaya yang dapat melindungi bangunan atau seseorang dari serangan berupa peluru atau imbas dari bom yang diledakkan.

Force Fields [Image Source]
Sekarang ini, perusahaan yang bernama Boeing sedang dalam proses pengembangan teknologi yang mirip dengan force fields tersebut. Bahkan, pihaknya sudah mematenkan konsep tersebut agar tidak digunakan oleh perusahaan lain.

Tactical Laser

Di banyak film-film fiksi actions dari Hollywood, khususnya yang mengambil setting angkasa luar atau zaman yang sudah sangat modern sekali, sering diperlihatkan ada senjata laser yang ditembakkan baik dari meriam atau kendaraan tempur.

Tactical Laser [Image Source]
Ternyata, kembali perusahaan yang sama, yaitu Boeing juga sedang mencoba mengembangkan teknologi tersebut. Laser buatan Boeing yang diberi nama Advanced Tactical Laser (ATL) ini sempat diujicobakan dengan meledakkan bom dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan teknologi tersebut. ATL kini sedang dalam tahap penyempurnaan.

Robot

Mirip seperti yang ada di film berjudul Terminator, ternyata beberapa perusahaan di berbagai negara, dua di antaranya dari Australia (Metal Storm) dan satu lagi dari Amerika Serikat, telah mendesain dan mengembangkan sebuah mesin perang tanpa awak.

Robot [Image Source]
Jika Metal Storm mengembangkan droid bersenjata lengkap dengan bentuk mirip seperti tank dalam ukuran sedang, perusahaan Amerika Serikat menciptakan droid berbentuk anjing yang diberi nama BigDogs.

Pedang laser

Di film Star Wars, ada senjata berupa light-saber yang kerap diperlihatkan ketika Luke Skywalkre sedang bertarung melawan musuh. Jika dirasa pedang seperti itu mustahil dibuat, nyata sekarang sudah ada proyek khusus yang sedang mengembangkannya.

Pedang laser [Image Source]
Sebuah divisi khusus pengembangan senjata militer di Amerika Serikat sedang mencoba membuat pedang cahaya di film Star Wars tersebut menjadi nyata. Pedang yang diberi nama Airborne Laser itu merupakan kabarnya menggunakan gelombang plasma yang mana dapat memotong benda dengan sekali tebas.

Baju Iron Man

Di film Avengers, Tony Stark adalah pemilik dan pencipta baju zirah Iron Man. Dengan menggunakan baju ini, maka pengendali yang berada di dalamnya akan mendapatkan kekuatan berlebih daripada kekuatannya sesungguhnya.

Baju Iron Man [Image Source]
Walaupun tidak berbentuk sesempurna baju zirahnya Tony Stark, namun ada sebuah perangkat sejenis, yaitu yang dinamakan HAL (Exoskeleton) telah berhasil diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bernama Cyberdyne. Walaupun sampai sekarang masih terus disempurnakan, namun dipercaya nantinya teknologi tersebut dapat digunakan, terutama di bidang militer. Dengan menggunakan Exoskeleton, penggunanya akan dapat mengangkat barang seberat apapun dengan mudah.

Di satu sisi penemuan senjata-senjata ini adalah hal bagus sebagai bukti bahwa teknologi kita makin maju. Tapi, di sisi lain, tak terbayangkan betapa hebatnya kerusakan yang ditimbulkan seumpama alat-alat ini dipakai sungguhan dalam perang. Dilematis memang. Mudah-mudahan, kemajuan teknologi militer tak membuat mereka gelap mata.

Written by dwiandika

Leave a Reply

Inilah 6 Wanita dalam Sejarah yang Pernah Berpura-Pura Menjadi Pria untuk Misi Tertentu

Menelusuri Fakta Keluarga Onassis, Keluarga Kaya yang Terselubung Kutukan