in

Bukan Main! 5 Senjata Sangar Amerika ini Sukses Dijiplak Tiongkok

Kalau urusan jiplak menjiplak, maka tidak ada yang lebih ahli dari orang Tiongkok. Bukan tanpa alasan kenapa bisa seperti itu, sudah banyak bukti jika mereka memang bisa bikin versi KW untuk benda apa pun. Mulai dari tusuk gigi, sampai mobil Rolls Royce yang harganya miliaran.

BACA JUGA: Balada Kisah Cinta Pak Harto dan Ibu Tien yang Lebih Manis Dari Descendants of The Sun

Kemampuan meniru Tiongkok mungkin dianggap aib bagi sebagian orang, tapi menurut mereka kemampuan ini justru bisa berguna banyak sekali, bahkan termasuk bagi negara khususnya soal alat-alat militer. Ya, sama seperti barang-barang KW lainnya, siapa sangka jika Tiongkok juga melakukan aksi jiplak alutsista, dan yang mereka tiru adalah negara peringkat pertama militer dunia, Amerika Serikat.

Lalu, alutsista apa saja yang sukses dijiplak oleh Tiongkok dari AS? Simak ulasannya berikut.

1. Pesawat Pengangkut Kelas Berat C-17

Selama ini Tiongkok selalu kesulitan membangun pesawat pengangkut kelas berat. Beberapa kali mereka mencoba, tapi hasilnya tidak pernah maksimal. Hingga di tahun 2010 kemarin, tiba-tiba saja mereka punya 200 pesawat pengangkut kelas berat tersebut. Ketika dilihat secara detail ternyata desain pesawat yang bernama Y-20 ini sama persis dengan C-17 milik AS. Dan misteri pun mulai terkuak dari sini.

C-17 dan Y-20
C-17 dan Y-20

Ya, siapa sangka jika pesawat Y-20 ini memang tiruan dari C-17 milik Amerika. Alasan kenapa Tiongkok bisa bikin pesawat kelas berat ini diduga merupakan hasil intelijen oleh seorang agen bernama  Dongfan Chung. Diketahui pria ini mencuri sekitar 250 ribu dokumen dari Boeing dan Rockwell. Dalam salah satu dokumen itu konon juga menyertakan desain dari C-17.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Benda Ini Paling Sering Dibuat Versi Bajakannya, Kamu Pernah Punya?

5 Rumah Sakit Paling Angker di Jawa Timur ini Akan Membuatmu Ogah Opname