Bukan Main! 5 Senjata Sangar Amerika ini Sukses Dijiplak Tiongkok

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 5, 2016

Kalau urusan jiplak menjiplak, maka tidak ada yang lebih ahli dari orang Tiongkok. Bukan tanpa alasan kenapa bisa seperti itu, sudah banyak bukti jika mereka memang bisa bikin versi KW untuk benda apa pun. Mulai dari tusuk gigi, sampai mobil Rolls Royce yang harganya miliaran.

BACA JUGA: Balada Kisah Cinta Pak Harto dan Ibu Tien yang Lebih Manis Dari Descendants of The Sun

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Kemampuan meniru Tiongkok mungkin dianggap aib bagi sebagian orang, tapi menurut mereka kemampuan ini justru bisa berguna banyak sekali, bahkan termasuk bagi negara khususnya soal alat-alat militer. Ya, sama seperti barang-barang KW lainnya, siapa sangka jika Tiongkok juga melakukan aksi jiplak alutsista, dan yang mereka tiru adalah negara peringkat pertama militer dunia, Amerika Serikat.

Lalu, alutsista apa saja yang sukses dijiplak oleh Tiongkok dari AS? Simak ulasannya berikut.

1. Pesawat Pengangkut Kelas Berat C-17

Selama ini Tiongkok selalu kesulitan membangun pesawat pengangkut kelas berat. Beberapa kali mereka mencoba, tapi hasilnya tidak pernah maksimal. Hingga di tahun 2010 kemarin, tiba-tiba saja mereka punya 200 pesawat pengangkut kelas berat tersebut. Ketika dilihat secara detail ternyata desain pesawat yang bernama Y-20 ini sama persis dengan C-17 milik AS. Dan misteri pun mulai terkuak dari sini.

C-17 dan Y-20
C-17 dan Y-20

Ya, siapa sangka jika pesawat Y-20 ini memang tiruan dari C-17 milik Amerika. Alasan kenapa Tiongkok bisa bikin pesawat kelas berat ini diduga merupakan hasil intelijen oleh seorang agen bernama  Dongfan Chung. Diketahui pria ini mencuri sekitar 250 ribu dokumen dari Boeing dan Rockwell. Dalam salah satu dokumen itu konon juga menyertakan desain dari C-17.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA