5 Peristiwa Tragis Akibat Sengketa Mahar Pernikahan

oleh Anas Anas
07:00 AM on Nov 8, 2016

Pernikahan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu sepasang manusia. Seseorang pastinya selalu membayangkan hal-hal yang indah, apalagi untuk segera bisa hidup bersama seorang yang dicintainya. Bahkan hal ini akan semakin terlihat manis bilamana kita melihat sepasang manusia yang terus saling mencintai hingga usia kakek-nenek.

Namun apa jadinya bila kesemuanya itu hanya menjadi angan-angan kosong? Kejadian-kejadian berikut adalah bukti bahwa bermimpi hidup bahagia ternyata tidak selalu bisa diwujudkan oleh semua orang. Hanya gara-gara mahar atau mas kawin, mimpi dua orang manusia bisa musnah dengan mudah. Seperti apa sih ceritanya? Berikut kami ulas, 5 peristiwa tragis akibat sengketa mahar pernikahan.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Seorang Ayah Menikahkan Putri Kecilnya Hanya untuk Mendapatkan Mas Kawin

Sungguh tega memang seorang pria Amerika Serikat yang bernama Marcellino de Jesus Martinez ini. Hanya demi menikmati uang sejumlah 194 juta rupiah, belasan kotak daging, dan bir sebanyak 100 kerat, ia rela menikahkan anak perempuannya yang berusia 14 tahun asalkan tetangganya mau memenuhi syarat mas kawin yang telah diajukan tersebut.

Marcellino de Jesus Martinez [Image Source]
Marcellino de Jesus Martinez [Image Source]
Namun setelah dinikahkan, ternyata tetangganya yang bernama Margarito de Jesus Galindo tidak membayar syarat mas kawin yang diajukan. Jadilah sang ayah melaporkan kejadian ini kepada petugas yang berwajib dengan tudingan pemerkosaan. Namun, kejadian sebenarnya terungkap dan kedua orang ini ditangkap karena melanggar undang-undang yang seharusnya seorang anak perempuan Amerika bisa dinikahkan minimal 16 tahun.

2. Seorang Pria Bunuh Diri Karena Tidak Sanggup Membayar Mahar

Malang memang pria Nigeria yang bernama Abubakar Ahmed ini. Seharusnya ia sudah menikmati indahnya pernikahan dengan gadis pilihannya. Namun, karena beratnya mahar yang disyaratkan, yakni uang sebesar tiga juta rupiah, ia merasa tertekan dan tiba-tiba ditemukan gantung diri di sebuah pohon dekat rumahnya.

Ilustrasi gantung diri [Image Source]
Ilustrasi gantung diri [Image Source]
Menurut beberapa sumber, pria ini bunuh diri karena pernikahannya harus ditunda sampai dia bisa mendapatkan uang itu. Namun, selang berapa lama tetap saja ia tak mampu mengumpulkan uang itu dan tidak bisa menikahi mempelai perempuan, ia menjadi sangat tertekan. Akhirnya kondisi ini memaksanya untuk mengakhiri hidup tergantung di sebuah pohon.

3. Seorang Suami Membakar Istri dan Anaknya Akibat Sengketa Mahar

Sadis apa yang dilakukan oleh seorang suami ini kepada istri dan anaknya di India. Annu Devi dan bayi perempuannya harus meregang nyawa setelah keduanya disiram minyak tanah, lalu disulutkan api ke sekujur tubuh mereka. Bayi malang yang baru berusia satu tahun itu tewas di tempat, sementara ibunya meninggal di rumah sakit akibat luka bakar yang sangat parah.

Annu Devi [Image Source]
Annu Devi [Image Source]
Sontak kejadian ini membuat geger warga sekitar karena terjadi di rumah korban sendiri. Sang suami dan mertuanya ditahan akibat perbuatan ini. Menurut pihak berwenang yang menangani kasus ini, pembunuhan terhadap istri dan anak ini dilatarbelakangi karena sengketa mahar yang terjadi antara orang tua dan mertua korban. Berbeda dengan yang di Indonesia, di India yang wajib membayar mahar adalah pihak perempuan.

4. Seorang Istri Disiksa Minum Air Keras Karena Perkara Mahar

Malang memang nasib perempuan Bangladesh ini, sama seperti halnya dengan perempuan India di atas. Karena perkara pembayaran mahar yang tak lunas, Ripa Rani Pandit, seorang perempuan berusia 23 tahun, harus disiksa oleh mertuanya sendiri sejak menikah di bulan Desember sampai delapan bulan kemudian. Parahnya siksaan ini ternyata sampai meninggalkan bekas luka di sekujur tubuhnya.

Ripa Rani Pandit [Image Source]
Ripa Rani Pandit [Image Source]
Pada suatu kesempatan, ia bahkan menerima siksaan untuk menelan air keras yang dipaksakan oleh mertuanya. Tak ayal kondisi Ripa Rani ini semakin memburuk dan harus dilarikan ke rumah sakit. Dalam hal mahar, Bangladesh mempunyai budaya yang sama dengan India, yakni mahar dibayarkan oleh pihak perempuan.

5. Seorang Pria Membunuh Tunangannya karena Tidak Sanggup Bayar Mahar

Mungkin pria ini mengalami stres berat akibat tidak sanggup membayar mahar yang disyaratkan keluarga tunangannya. Pria Pakistan ini sampai menembak mati bekas tunangannya dan sembilan anggota keluarga calon mertuanya, termasuk dua anak kecil dan empat wanita. Bahkan sebelumnya ia juga membunuh orang tua dan kedua adiknya lantaran menolak membayarkan mahar kawinnya.

Ilustrasi membunuh tunangan [Image Source]
Ilustrasi membunuh tunangan [Image Source]
Pria yang sebenarnya anggota kepolisian ini menjadi buronan di Pakistan. Ngerinya, ia buron dengan membawa senjata senapan laras panjang AK-47 dari Distrik Charsadda, Provinsi Pakhtunkhwa, Pakistan. Dalam mengejar pria ini, pihak kepolisian meningkatkan statusnya sebagai tersangka kasus pembunuhan berantai dan menjadikannya sebagi buronan utama.

Nah, itulah tadi 5 peristiwa tragis yang terjadi akibat sengketa mahar pernikahan. Mungkin bagi sebagian masyarakat, mahar pernikahan menunjukkan harga diri. Tapi bukankah tujuan pernikahan adalah untuk ibadah dan mendapatkan keturunan? Dalam agama Islam pun, Nabi Muhammad SAW mengarahkan supaya memilih mahar yang tidak memberatkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA