5 Senapan Terhebat Buatan Indonesia ini Laris Manis Diincar Negara Lain

oleh Adi Nugroho
14:50 PM on Mar 30, 2016

Indonesia adalah satu dari beberapa negara dunia yang mulai maju sektor persenjataannya. Negara ini tak hanya bisa membeli senjata dari luar negeri saja, tapi juga mampu membuatnya dengan sangat canggih. Bahkan beberapa senjata seperti senapan menjadi incaran banyak sekali negara di seluruh dunia.

Salah satu produsen senapan paling canggih di Indonesia adalah PT Pindad. Perusahaan yang telah lama bergerak dalam bidang senjata ini berhasil membuat beberapa senapan yang kemampuannya berada di atas rata-rata. Bahkan militer negara lain sampai iri dan ingin mengetahui komponen di dalamnya. Inilah lima senapan terhebat buatan Indonesia yang laris manis diincar oleh negara lain.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. SPR 3 Kaliber 7.62 mm, Senapan Khusus Sniper

SPR 3 Kaliber 7.62 mm adalah senapan yang biasanya digunakan oleh sniper. Kemampuan menembak mereka akan meningkat ketika menggunakan dengan senapan canggih ini. SPR 3 dirancang dengan sangat baik untuk memberikan akurasi tembakan yang sangat tinggi. Selain itu Pindad juga merancangnya agar lebih andal digunakan di kalangan militer.

SPR 3 senapan sniper [image source]
SPR 3 senapan sniper [image source]
Senapan ini memiliki tembakan tunggal yang sangat hebat. Selain itu terdapat juga penglihatan optik yang bisa digunakan saat malam hari. Lensa pada pengeker juga berteknologi teleksop dengan kekuatan 10×5. Senapan ini juga menggunakan baffle muzzle brake yang akan mengurangi hentakan hingga akurasi tembakan kian meningkat.

2. SS2-V5 Kaliber 5.56 mm, Senapan Serbu yang Akurat dan Ringan

SS2-V5 Kaliber 5.56 mm adalah salah satu senapan yang bisa digunakan dalam penyerbuan. Senapan ini didesain dengan sangat ringan namun tetap mampu menampilkan kekuatannya dengan maksimal. SS2-V5 adalah varian dari SS2 yang memiliki sekitar 8 varian tergantung penggunaan. Varian ini masih sama dengan versi pendahuluan yang bekerja dengan sistem gas.

SS2-V5 Kaliber 5,56 mm [image source]
SS2-V5 Kaliber 5,56 mm [image source]
Laras dari senapan ini memiliki enam alur dengan putaran 178 mm (1:7in) dilengkapi dengan peredam sinar dan hentakan ke belakang. Pembidikan melalui lubang pada pisir yang dapat diatur elevasi maupun  azimutnya. Dengan pengaturan ini akurasi tembakan akan semakin meningkat dengan tajam.

3. SM2 V1 Kaliber 7.62 mm, Senapan Mesin Terhebat

SM2 V1 Kaliber 7.62 mm adalah salah satu senapan mesin yang paling hebat di Indonesia. Pindad mendesainnya dengan sangat baik hingga ringan sekali saat digunakan oleh infanteri. Tembakan yang dihasilkan pun bisa berkelanjutan dalam periode tertentu ketika dipasang menggunakan tripot atau penyangga berkaki tiga.

SM2 V1 Kaliber 7.62 mm [image source]
SM2 V1 Kaliber 7.62 mm [image source]
SM2 V1 dilengkapi juga dengan sekrup eliminator cahaya. Senapan ini memiliki penglihatan antara 200-800 meter. Pada bagian depan senapan bisa dipasang bipod dengan ujung depannya berupa silinder gas. Senapan ini bisa diputar-putar tanpa perlu kesusahan ketika sudah menancap di tanah, hal ini memudahkan saat digunakan di lereng atau dataran yang tinggi.

4. PM2-V1 Kaliber 9 mm, Senapan Mesin dengan Flash Hider

Senapan PM2-V1 Kaliber 9 mm adalah sebuah senapan mesin yang dioperasikan dengan blowback. PM2-V1 memiliki tembakan tunggal dalam mode otomatis hingga memudahkan penggunanya. Pindad mendesain PM2 dengan paduan aluminium anodized yang dikenal sangat keras. Meski demikian, perangkat ini dikenal sangat ringan hingga mudah sekali digunakan.

PM2-V1 Kaliber 9 mm [image source]
PM2-V1 Kaliber 9 mm [image source]
Gagang Stock dari senapan ini memiliki dua fitur, pertama adalah slides yang bisa disesuaikan dengan ergonomis yang tinggi. Selanjutnya ada gagang kokang yang ditempatkan di atas laras sebelah kiri untuk memudahkan pengoperasian. Senapan ini efektif digunakan dalam jangkauan 75 meter.

5. SS1-M2 Kaliber 5.56 mm, Senapan Gas Terhebat Indonesia

SS1-M2 kaliber 5.56 adalah jenis senapan gas yang digunakan dalam operasi penyerbuan. Senapan ini didesain mengadopsi senapan FNC produksi Belgian dengan banyak sekali perubahan. Laras dari SS1 dilengkapi dengan peredam sinar yang akan mengurangi pancaran api ketikan senapan mulai menembakkan peluru dengan sangat kencang.

SS1-M2 Kaliber 5.56 mm [image source]
SS1-M2 Kaliber 5.56 mm [image source]
Jarak tembak dari senapan ini memiliki radius 250-400 meter. Senapan ini sering sekali digunakan untuk misi-misi khusus. Kemampuannya dalam tembakan yang sangat hebat membuat SS1-M2 banyak digunakan oleh militer Indonesia. Bahkan membuat negara lain terobsesi ingin memilikinya.

Inilah lima senapan terhebat buatan Indonesia yang banyak sekali dilirik negara asing. Kemampuan yang hebat dan harga yang elatif bersaing membuat Indonesia mulai bisa bersaing di pasar penjualan senjata tempur. Ke depannya Indonesia akan lebih berimprovisasi dan menciptakan peralatan tempur yang lebih hebat.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA