5 Senapan Paling Mematikan yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

oleh Rizal
08:53 AM on Mar 10, 2016

Sama seperti manusia yang berevolusi dari kera menurut Darwin, senapan juga mengalami perubahan signifikan seiring dengan berjalannya waktu. Jika para pendahulu kita di masa lampau masih memakai sumpit atau panah sederhana, kini orang-orang modern sudah menggunakan deretan senapan mematikan yang sudah sangat berkembang.

Tentang senapan, senjata ini pertama kali ditemukan oleh orang Tiongkok sekitar seribuan tahun sebelum masehi. Senapan pertama itu bisa dibilang sangat gahar pada masanya, meskipun sebenarnya akurasi dan damage atau dampak kerusakan yang ditimbulkannya sangat kecil. Kemudian waktu mengevolusinya menjadi deretan senjata-senjata maut kekinian yang lebih akurat serta punya potensi merusak yang besar.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Boombastis telah menghimpun mana-mana saja senjata paling mematikan yang pernah dibuat oleh manusia, dan berikut adalah daftarnya.

1. DSR-Precision – DSR 50 Sniper Rifle

Bukan tanpa alasan kenapa DSR 50 sampai diberi gelar Most Dangerous Weapon in The World. Ya, apalagi kalau bukan karena senapan ini memang gila dan mematikan luar biasa. Seperti namanya, DSR 50 adalah senjata jenis bidik presisi alias sniper, meskipun demikian kerusakan yang dihasilkannya bahkan lebih greget dari machine gun sekalipun.

DSR-Precision - DSR 50 Sniper Rifle [Image Source]
DSR-Precision – DSR 50 Sniper Rifle [Image Source]
Meskipun sangar, senjata ini nyatanya bisa dipakai dengan sangat mudah. Hanya butuh insting saja karena semuanya sudah disematkan di DSR 50. Mulai dari teropong super presisi, peredam kejut, serta berbagai konfigurasi yang bisa menyesuaikan kenyamanan penggunanya. Andai senjata ini sudah ada di Perang Dunia II, maka Nazi mungkin masih eksis sampai sekarang. Ya, senjata ini adalah buatan DSR-Precision asal Jerman.

2. Heckler and Koch – HK414

Dilihat dari bentuknya, senjata satu ini mirip secara desain dengan M16 yang terkenal itu. Namun, jika diamati lekat, HK414 sama sekali berbeda. HK414 memiliki banyak sekali ornamen dan pernik yang membungkus luarnya. Misalnya handle di bagian depan, teropong mini di bagian atas, dan juga berbagai peralatan lainnya. Tak hanya beda kemasan, perbedaan senjata satu ini dengan M16 adalah damage yang dihasilkan.

Heckler and Koch-HK414 [Image Source]
Heckler and Koch-HK414 [Image Source]
Ya, HK414 bisa memberikan dampak yang lebih kuat dan destruktif gara-gara mekanisme bagian dalamnya yang sangar. Senjata ini mampu memuntahkan peluru dengan sangat cepat dan diiringi tenaga atau joule yang ampuh pula. HK414 sudah digunakan sejak tahun 2004 lalu di berbagai konflik. Misalnya di Irak dan Afghanistan. HK414 juga dibuat oleh perusahaan Jerman yang bernama Heckler and Koch.

3. XM307 Advance, Senapan Mesin Paling Maut di Bumi

Sekuat apa pun sniper rifle dan rifle biasa, keduanya akan sangat susah untuk menghajar musuh dalam jumlah banyak sekaligus. Maka untuk itulah kemudian diciptakan senjata jenis machine gun. Dalam perkembangannya, senapan mesin ini juga menunjukkan evolusi yang luar biasa. Paling maut adalah milik Amerika yang bernama XM307 Advance.

XM307-Advance [Image Source]
XM307-Advance [Image Source]
Senjata mesin ini terbukti mampu memuntahkan sekitar 250an peluru dalam menitnya. Bahkan ia juga bisa dikemas menjadi senjata pelempar granat. Keunggulan lain XM307 Advance adalah ia sudah terintegrasi komputer. Alhasil, kelemahan senjata mesin yang konon sering tidak akurat itu bisa teratasi. Senjata ini digunakan oleh dua orang sekaligus untuk mengimbangi lonjakan tenaganya yang besar.

4. AK-47, Senjata Maut Legendaris yang Tiada Duanya

Ak-47 memang sudah ada sejak beberapa puluh tahun lalu, tepatnya di tahun 1946. Namun, sampai hari ini tidak disangkal kalau senjata buatan Rusia itu masih mematikan luar biasa. Banyak sekali keunggulan AK-47 yang tidak dimiliki senjata lain. Misalnya, kemudahan dalam penggunaan. Pengguna senjata pertama dipastikan bakal langsung mahir dengan AK-47 hanya dalam sejam pemakaian saja.

AK-47 [Image Source]
AK-47 [Image Source]
Tak cuma itu, AK-47 dikenal dengan ketahanannya yang luar biasa. Ia tidak akan mengalami macet walaupun terendam lumpur dan bisa dipakai di dalam air. Selain itu, keunggulan yang sangat mencolok adalah harga AK-47 yang murah meriah. Perbandingannya, 3-4 AK-47 untuk sebuah M16. Senjata ini sudah dipakai puluhan juta orang di seluruh dunia.

5. FN F2000, Senjata Canggih yang Luar Biasa Gila

FN 2000 adalah senjata buatan Belgia yang diproduksi oleh pabrik senjata bernama FN Herstal. Di lihat dari bentuknya, FN F2000 mungkin nyleneh. Tapi, secara fungsi ia sangatlah oke. Bentuknya yang seperti bull-pup modifikasi itu membuatnya nyaman di tangan. Apalagi dengan bentuk handle seperti itu. Tidak ada namanya meleset kalau sudah memakai senjata ini. Bahkan ditambah lagi dengan teropong di bagian atas. Fix, senjata ini sangat mematikan.

FN F2000 [Image Source]
FN F2000 [Image Source]
Penggunaan dan model bisa dibilang oke, lalu bagaimana dengan kemampuan? Tentu saja luar biasa sangar. Senjata ini sangat mengandalkan kecepatan. FN F2000 bisa memuntahkan peluru dalam sekejab. Kombinasi stabilitas penggunaan dan kecepatan peluru, senjata ini pasti sangat berguna di tangan para tentara, tapi membahayakan di tangan teroris.

Indonesia sebenarnya juga punya senjata mematikan yang bisa dibilang penemuan mengejutkan. Ya, senjata tersebut adalah sniper rifle SPR 2 buatan Pindad yang bikin heboh itu. Bagaimana tidak, peluru yang diletuskan dari senjata ini konon bisa membuat baja pelindung tank itu bisa ditembus.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA