Inilah Senapan-Senapan Paling Konyol yang Pernah Diciptakan Manusia

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 12, 2016

Cantik dan sangar adalah dua kata yang pantas disematkan ketika melihat deretan senjata legendaris macam AK-47 dan M-16. Bagaimana tidak, ketika senjata-senjata lain masih begitu-begitu saja, dua senapan ini menunjukkan sesuatu yang benar-benar luar biasa. AK-47 dan M-16 seolah melangkahi zaman dengan bentuknya yang unik nan rumit, serta kemampuan daya gedor luar biasa.

Penemuan AK-47 dan M-16 adalah gebrakan yang luar biasa di ranah alutsista khususnya persenjataan. Pasalnya, dulu itu begitu banyak beredar senapan-senapan nyeleneh bin asal-asalan yang dipakai banyak tentara di dunia. Maksud desainnya mungkin baik dan revolusioner, tapi entah kenapa realisasinya sangat buruk.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Setidaknya ada lima senapan paling buruk di dunia yang pernah dibikin manusia. Tak hanya punya desain yang super nyeleneh, deretan senjata tersebut juga kerap kali menunjukkan kegagalan-kegagalan.

Apache Pistol, Senjata 3 in 1 Sangar tapi Gagal

Bagi para kreator senjata, wajib hukumnya untuk menerapkan hukum efisiensi. Maksudnya, jika bisa membuat senjata dengan berbagai kemampuan dalam satu kemasan, kenapa tidak dilakukan? Jika bisa seperti itu, maka hasil karyanya tentu bakal jadi sesuatu yang luar biasa dan dikenang. Dari prinsip ini kemudian terciptalah bayonet si senapan berpisau atau M-16 yang dilengkapi dengan pelontar. Tapi, tak selalu konsep efisiensi itu diterjemahkan dengan baik. Ada yang justru menciptakan karya yang ngawur macam Apache Pistol ini.

Apache Pistol [Image Source]
Apache Pistol [Image Source]
Senjata ini memang anehnya kebangetan. Maksudnya sih baik dengan mengombinasikan pisau, pistol, dan juga knuckle, tapi jatuhnya malah jelek banget. Tak hanya dari bentuk, tapi juga fungsinya. Okelah knuckle dan pisaunya berfungsi baik, tapi pistolnya benar-benar mengecewakan. Lantaran tidak memiliki laras, tembakannya pun selalu meleset. Di samping itu revolver-nya seperti didesain ala kadarnya sehingga membuat pistol tak memiliki daya.

Krummlauf, Senjata Lengkung yang Gagal Total

Krummlauf sebetulnya mengusung konsep yang sangat bagus. Bentuk larasnya yang melengkung itu bertujuan agar senapan bisa menembakkan peluru ke sudut-sudut yang susah dijangkau. Konsep boleh mumpuni, tapi realisasi Krummlauf ini benar-benar bikin malu.

Krummlauf [Image Source]
Krummlauf [Image Source]
Ada begitu banyak kekurangan dari senjata unik ini. Pertama adalah kekuatan tembakan yang jauh berkurang. Prinsipnya, ketika sebuah peluru ditembakkan dari sebuah laras yang lurus maka ia akan melesat cepat. Tapi, ketika larasnya berbelok macam begini, hal tersebut akan mengurangi daya tembak, pun begitu dengan akurasinya. Kekurangan lain dari senjata ini adalah biaya. Siapa sangka senjata satu ini harga produksinya lebih mahal daripada yang biasa.

Sten Gun MK II, Senjata Paling Memalukan dalam Sejarah Inggris

Ringan, siap sedia kapan pun, serta gampang digunakan, tiga faktor ini membuat Sten Gun MK II pernah mendapatkan gelar senapan paling menyenangkan di masa Perang Dunia II. Ketika itu, senjata satu ini seolah menjawab segala gundah para prajurit yang menginginkan sebuah senapan yang gampang dipakai dan ringan. MK II berhasil mewujudkan itu walaupun ia memiliki satu kekurangan yang sangat vital. Ya, akurasi.

Sten Gun MK II [Image Source]
Sten Gun MK II [Image Source]
Lantaran terlalu mengedepankan ringan dan gampang dipakai, MK II malah sangat buruk akurasinya. Ketika digunakan, senjata satu ini sering sekali miss alias meleset dari sasaran. Dari jarak 100 meter dari target, senjata ini bisa melenceng 1 atau 2 meter dari target. Benar-benar parah. Tak hanya akurasi sih, desain MK II sendiri juga cukup konyol.

Bazooka, Si Senjata Makan Tuan Beneran

Penciptaan Bazooka adalah hal yang keren kalau dilihat dari tujuannya. Ya, ketika pistol dan senapan tidak cukup kuat untuk menghancurkan, Bazooka tampil dengan daya rusaknya yang luar biasa. Pada realitanya, Bazooka sendiri sudah memenuhi harapan. Tapi, meskipun demikian ada satu hal yang membuatnya kemudian dijuluki sebagai senjata terburuk sepanjang sejarah.

Bazooka [Image Source]
Bazooka [Image Source]
Alasannya tak lain karena Bazooka kerap menciptakan semacam back fire kepada penggunanya. Jadi, ketika dipakai, Bazooka sering melukai penggunanya sendiri. Tak hanya itu, Bazooka versi awal ini juga tak memiliki akurasi yang pas sehingga sering melenceng dari target. Penggunaannya sendiri cukup susah dan harus memikirkan banyak hal, terutama jarak tembaknya yang harus benar-benar pas.

Gyrojet, Senjata Sangar yang juga Gagal Total

Gyrojet, pistol satu ini bisa dikatakan senjata yang benar-benar revolusioner di masanya. Bagaimana tidak, ketika pistol biasanya menggunakan mekanisme tenaga penggerak biasa, Gyrojet ini sudah memakai jet. Alhasil, Gyrojet bisa melesatkan peluru dengan sangat cepat dan jauh sekali. Sayangnya, pistol satu ini pun juga punya satu kekurangan yang fatal.

Gyrojet [Image Source]
Gyrojet [Image Source]
Gyrojet mungkin bisa memuntahkan peluru secepat kilat, tapi soal akurasi, pistol ini benar-benar punya kemampuan yang menggelikan. Bahkan dalam jarak yang begitu dekat, Gyrojet tak mampu menunjukkan akurasi yang bagus. Alhasil, senjata yang sedianya bakal diproduksi massal ini pun akhirnya dibuang ke tempat sampah.

Inilah deretan senjata-senjata paling unik dan nyeleneh yang pernah dibuat oleh manusia. Tak hanya desain saja, secara fungsi pun juga menunjukkan kegagalan yang luar biasa. Tapi, meskipun bisa dibilang produk catat atau gagal, namun senjata-senjata di atas menginspirasi lahirnya senapan-senapan maut kekinian. Banyak teknologi persenjataan sangar yang lahir dari konsep-konsep senapan di atas.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA