Selebritis yang Dilarang Tampil di Beberapa Negara

oleh Tetalogi
07:00 AM on Oct 6, 2015

Setiap musisi memang memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal itulah yang membuatnya disukai oleh para penggemarnya. Meski begitu, saking unik dan berbedanya mereka, terkadang para musisi ini akhirnya juga terlibat masalah dan bahkan konser mereka sampai dicekal.

Nah, ternyata tidak sedikit lho para musisi yang dicekal di beberapa negara tertentu. Kali ini, yuk kita melihat artis siapa saja yang pernah dicekal dan mengapa mereka sampai dilarang tampil di negara tersebut?

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Madonna

Ratu Pop Madonna memang tidak asing dari kontroversi. Jadi, sebenarnya tidak terlalu mengherankan jika ia akhirnya dicekal di suatu tempat. Tahun 2004, ia dicekal di Mesir oleh Parlemen Mesir. Namun anehnya, pencekalan ini bukan karena ia menyanyikan lagu-lagu erotis atau karena pakaiannya yang terlalu terbuka. Tapi hal lain yang berbeda.

Madonna [Image Source]
Madonna [Image Source]
Madonna dicekal di Mesir justru karena kepercayaannya pada Kabbalah, sebuah paham yang berasal dari Judaisme. Tidak hanya itu saja, ia juga baru saja melakukan perjalanan ke Israel untuk merayakan tahun baru Yahudi. Nah, dua negara ini memang memiliki sejarah yang buruk dan hal inilah yang membuat bintang pop ini dicekal di Mesir.

2. Miley Cyrus

Tahun 2009, bintang Hannah Montana ini dilarang melakukan konser di China. Gara-garanya sebuah foto tersebar memperlihatkan ia dengan pose rasis bersama teman-temannya. Tidak hanya dilarang tampil di China, acara TV show miliknya juga dilarang untuk ditayangkan di China, begitu pula dengan merchandisenya.

Miley Cyrus [Image Source]
Miley Cyrus [Image Source]
Pemerintah China mengatakan bahwa jelas sudah Miley Cyrus bukanlah teman China sehingga mereka tidak tertarik meracuni pikiran para remaja dengan ketidakpedulian Miley. Hal ini ternyata juga bukan yang pertama kali ia dicekal. Tahun 2014, ia dilarang tampil Republik Dominika atas dasar moral mengingat penampilan dan pakaiannya di atas panggung yang sangat berlawanan dengan budaya Dominika.

3. Lady Gaga

Lady Gaga juga merupakan sosok yang penuh kontroversi hingga ia sering dibandingkan dengan Madonna. Namun ternyata kemiripan mereka tidak hanya dalam hal tingkah laku, tapi juga dalam hal pencekalan. Tahun 2012, penyanyi ini dilarang tampil di Indonesia karena penampilannya yang terlalu provokatif dan dinilai bisa meracuni pemuda Indonesia.

Lady Gaga [Image Source]
Lady Gaga [Image Source]
Kelompok FPI menentang penampilannya yang vulgar dan juga karena ia menggambarkan dirinya sebagai anak iblis serta menyebarkan ajaran setan. Bukan pertama kalinya ia bermasalah karena dengan urusan agama. Albumnya yang berjudul Born This Way dicekal di Lebanon karena dianggap menghina Kristiani. Singlenya yang berjudul Judas juga dilarang diputar di setiap stasiun radio di Lebanon.

4. Justin Bieber

Penyanyi muda ini juga penuh dengan kontroversi. Sudah ada banyak insiden yang melibatkan musisi dengan wajah innocent. Namun nyatanya, pria ini tidak se-innocent kelihatannya. Justin Bieber pernah diberitakan meludahi penggemar, melakukan balap mobil, serta menyebarka fotonya yang kurang pantas.

Justin Bieber [Image Source]
Justin Bieber [Image Source]
Baru-baru ini, ia menyebabkan kekacauan di Buenos Aires, Argentina ketika ia mengirim bodyguard-nya untuk menyerang seorang fotografer, Diego Pesoa di luar klub malam Buenos Aires. Gara-gara masalah ini, sebuah surat penangkapan akan segera muncul begitu ia menginjakkan kakinya di Argentina. Hakim Alberto Julio Banos bahkan telah memerintahkan penangkapannya beserta si bodyguard. Jika ia nekat masuk ke Argentina, ia akan menghadapi hukuman antara 1 bulan hingga 6 tahun.

5. Amy Winehouse

Amy Winehouse adalah sosok penyanyi yang begitu akrab dengan alkohol dan obat-obatan terlarang. Tahun 2008, visanya ditolak oleh Kedutaan Amerika di London karena ketergantungannya dengan obat-obatan terlarang.

Amy Winehouse [Image Source]
Amy Winehouse [Image Source]
Faktor utama penolakan ini adalah karena pada tahun 2007 ia tertangkap di Norwegia karena memiliki ganja, serta adanya rekaman video yang menggambarkan Amy menghisap kokain. Amy akhirnya tampil di London melalui satelit karena saat itu Amy harus tinggal di klinik rehabilitasi untuk mengatasi masalah ketergantungannya.

Kontroversi memang tidak selamanya akan memberikan hasil yang baik. Apalagi jika sudah mulai menyinggung orang lain seperti yang dilakukan oleh para selebritis ini. Akhirnya, penampilan mereka justru dicekal di negara-negara lain.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA