in

7 Kisah Selamat dari Maut Yang Menakjubkan

6. Selamat Walau Tertancap Besi

Kisah dari Phineas Gage menjadi salah satu studi kasus psikologi yang paling terkenal sepanjang masa. Phineas Gage, 25 tahun seorang mandor jalur kereta tua yang hidupnya berubah selamanya sejak sebuah kecelakaan terjadi padanya. Phineas berada di lokasi peledakan batu yang dilakukan untuk membuka jalur kereta api baru. Awalnya proses peledakan terjadi normal sampai sebuah peledak membuat sebuah besi melayang dan langsung menusuk kepala Phineas. Besi panjang itu langsung menembus tengkoraknya sampai ke rahangnya.

Nicholas Gage (c) cloudfront
Nicholas Gage (c) cloudfront

Phineas sempat pingsan beberapa saat tapi saat dokter yang langsung menemui Phineas di TKP masih menemui Phineas yang berbicara dan berpikir senormal biasanya. Hal ini mungkin sedikit gila, mengingat dia sedang dalam keadaan tengkorak yang terbuka menganga. Setelah pria itu berhasil disembuhkan dari lukam terjadi transformasi kepribadian yang mengkhawatirkan pada Phineas.

Ia menjadi pribadi yang tidak lagi ramah dan mudah bergaul. Selain tampak kehilangan konsep prilaku normalnya dalam bersosialisasim ia juga menjadi vulgar, bahkan keluarga, teman dan orang-orang yang mengenalnya menyatakan jika dia bukan Phineas lagi. Phineas meninggal satu dekade kemudian, tapi kematiannya menjadi bantuan bagi dokter untuk meneliti soal fungsi lobus frontal dalam otak manusia.

Written by titi

Leave a Reply

polisi tilang

5 Video yang Menunjukkan Malasnya Orang Indonesia dalam Menaati Peraturan

Ketergantungan Obat (c) listverse

7 Fakta Tentang Kecanduan yang Belum Anda Tahu