Santa Muerte, Sekte Kematian di Meksiko yang Dipuja Para Kriminal

oleh Adi Nugroho
14:54 PM on Oct 17, 2016

Masyarakat di Meksiko percaya akan adanya santo kematian. Santo ini memiliki wujud yang mengerikan dan biasanya membawa senjata sejenis sabit yang besar. Dari sekian banyak santo kematian yang dipercaya oleh masyarakat di Meksiko, Santa Muerte adalah yang paling kuat. Bahkan, sebuah sekte didirikan dan menjadikan santo ini sebagai pemimpin tertinggi yang harus dipatuhi.

Santa Muerte disembah oleh banyak sekali kriminal di Meksiko. Rata-rata yang menyembah Santa Muerte adalah kartel narkoba, pencuri, dan orang-orang kelas bawah yang mudah sekali dibelokkan. Saat ini, para penyembah dari Santa Muerte cukup banyak dan kerap meresahkan banyak warga di sekitarnya. Berikut fakta-fakta tentang sekte Santa Muerte selengkapnya.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Sekte dengan Ajaran Kombinasi

Tidak ada yang tahu ajaran apa yang diberikan oleh sekte ini kepada para pengikutnya yang masih baru bergabung. Satu yang jelas terlihat adalah ajaran ini memadukan antara dua hal yang berbeda. Pertama adalah ajaran dari Katolik Spanyol dan juga ajaran dari pengikut Aztec yang menyembah sebuah dewa bernama Mictecacihuati yang merupakan dewi dunia bawah dan alam sesudah kematian.

Sekte Santa Muerte [image source]
Sekte Santa Muerte [image source]
Sebelum tahun 2001, para penyembah La Muerte selalu melakukan peribadatannya secara diam-diam. Namun seiring dengan berjalannya waktu, para penyembah ini mulai berani menunjukkan jati dirinya. Bahkan mereka mendirikan kuil-kuil dan juga patung dari Santa Muerte sebagai bagian dari pengabdiannya.

2. Sekte Fleksibel yang Jumlah Pengikutnya Terus Meningkat

Meski Santa Muerte merupakan sekte yang menyembah santo atau dewa kematian. Pengikut dari sekte ini jumlahnya terus saja bertambah. Bahkan pada tahun 2015 saja ada lebih dari 10 juta pengikut dari Santa Muerte yang melakukan ritualnya. Mereka biasanya berkumpul di satu tempat cukup tertutup untuk melakukan peribadatan secara bersama-sama.

Pengikut Santa Muerte bertambah [image source]
Pengikut Santa Muerte bertambah [image source]
Yang menjadikan sekte ini terus berkembang adalah adanya kebebasan dalam menjalankan ritual. Seorang dengan agama tertentu diperbolehkan bergabung dengan sekte ini. Mereka tidak memaksa para pengikutnya untuk melakukan hal yang tidak disukai. Taktik ini nyatanya membuat banyak orang terus berdatangan dan menyembah santo kematian bernama Santa Muerte.

3. Pengikut Santa Muerte yang Beragam

Sebagian besar pengikut Santa Muerte adalah mereka yang berada di kalangan bawah. Penduduk miskin di kawasan Meksiko biasanya tergabung dalam sekte ini. Selain orang miskin, para penjahat juga diketahui banyak masuk ke dalam sekte ini. Mereka adalah para anggota kartel narkoba dan penjahat lainnya yang membuat negara itu kian resah.

Mafia Meksiko [image source]
Mafia Meksiko [image source]
Sebenarnya pengikut dari Santa Muerte tidak dibatasi harus orang miskin atau golongan orang jahat. Semua orang bisa masuk dalam sekte ini tanpa syarat. Tua-muda, miskin-kaya, semuanya bisa masuk. Sayangnya stigma negatif tentang sekte ini terlanjur menyebar sehingga kerap dijuluki sebagai sekte kematian para penjahat.

4. Sebuah Pengabdian dan Permintaan Kepada Santa Muerte

Santa Muerte dikenal suka sekali memberikan hadiah kepada para pengikutnya. Biasanya setiap pengikut diperbolehkan mengungkap permintaannya. Saat meminta sesuatu, mereka juga diminta berjanji kepada Santa Muerte. Kalau janji itu diabaikan secara sengaja maka salah satu anggota keluarga dari pengikut akan meninggal dunia.

kuil Santa Muerte [image source]
kuil Santa Muerte [image source]
Permintaan yang diajukan oleh para pengikut sekte ini juga beraneka ragam. Tapi rata-rata selalu tidak jelas seperti melancarkan transaksi jual beli narkoba dan lain sebagainya. Para pengikut bisa melakukan itu karena Santa Muerte akan mengabulkan semua permintaan terlepas itu baik atau buruk. Selama janji yang diberikan (nazar) tetap ditaati, para pengikut yakin jika Santa Muerte akan memberikan apa saja.

Inilah sekilas tentang Santa Muerte yang merupakan sekte kematian di Meksiko. Sekte ini dikenal sebagai sektenya penjahat karena pengikutnya banyak yang berasal dari anggota kartel narkoba. Saat ini Santa Muerte terus tumbuh dan tidak bisa dikekang lagi. Kemungkinan sekte ini menyebar ke berbagai negara seperti Indonesia bisa saja terjadi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA