Ngeri 5 Sekte Berbahaya ini Terobsesi Membuat Negara

oleh Adi Nugroho
15:59 PM on Mar 21, 2016

Di masa lalu banyak sekali diktator yang mendirikan sebuah sekte atau kepercayaan yang mengakomodasi keinginannya. Dengan mendirikan sebuah kepercayaan maka akan semakin mudah baginya untuk memengaruhi banyak orang. Bahkan kepercayaan itu akan membuat mereka nampak lebih hebat  hingga mendirikan sebuah negara adalah hal yang tidak mustahil.

Seperti yang dilakukan oleh sekte-sekte sesat ini. Mereka mengumpulkan banyak sekali massa untuk memenuhi hasrat menjadi pemimpin suatu negara. Bahkan hal-hal buruk pun bisa dilakukan agar niat besar itu bisa direalisasikan dengan cepat. Dan inilah lima sekte yang memiliki obsesi besar membuat sebuah negara.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Taiping Heaveny Kingdom

Taiping heavenly Kingdom adalah sebuah sekte yang dibangun oleh seorang pria bernama Hong Xiuquan. Orang ini mengatasnamakan dirinya sebagai utusan Tuhan atau bisa disejajarkan dengan Yesus dalam kepercayaan Agama Kristen. Ia membangun sektenya ini perlahan-lahan untuk menguasai Tiongkok yang saat itu masih dikuasai oleh Dinasti Qing.

Perang antara Taiping dan Tiongkok [image source]
Perang antara Taiping dan Tiongkok [image source]
Kelompok ini akhirnya melakukan penyerangan-penyerangan kepada pemerintah. Bahkan mereka juga menyerang para pengikut Konfusius yang kala itu jumlahnya sangat banyak. Taiping Heavenly Kingdom terus membangun kekuatannya hingga mampu menguasai satu per tiga wilayah Dinasti Qing. Untungnya birokrasi kelompok ini rusak hingga kerajaan bisa menghabisinya dalam sekali tekan.

2. Legion of The Archangel Michael

Legion of The Archangel Michael adalah sebuah sekte atau gerakan yang dibuat oleh Corneliu Zelea Codreanu. Ia adalah orang yang penuh karismatik dan mengaku telah didatangi oleh Malaikat untuk membuat sebuah kepercayaan baru. Akhirnya ia dengan sekuat tenaga membuat sebuah gerakan yang menggabungkan beberapa agama untuk menekan komunisme, semitik, dan nasionalisme.

Corneliu Zelea Codreanu (kanan) [image source]
Corneliu Zelea Codreanu (kanan) [image source]
Gerakan ini terus membesar karena ia pandai sekali memengaruhi orang-orang yang berada di daerah pelosok. Sekte ini akhirnya membuat pemerintah Romania jadi geram. Pasalnya sejak dibentuk pada tahun 1923, kelompok terus menekan pemerintahan. Akhirnya dengan sekuat tenaga pemerintah memberikan perlawanan dan membuat legiun itu kalah. Sejak tahun 1941 sekte yang dipimpin oleh Codreanu dilarang untuk diikuti.

3. German Christian Movement

German Christian Movement adalah sebuah gerakan yang dibuat untuk memberikan doktrin agama dan juga gerakan rasial. Gerakan ini memberikan penolakan kepada Perjanjian Lama yang dipercaya oleh semua orang Kristen di Jerman pada era itu. Gerakan ini akhirnya memiliki pengikut hingga 600.000 dan membuat Jerman yang kala itu mulai dikuasai oleh Nazi jadi semakin kesal.

German Christian Movement [image source]
German Christian Movement [image source]
Perseteruan antara Nazi dan gerakan ini akhirnya tak bisa dihindarkan. Nazi memperlakukan gerakan ini dengan sangat buruk. Pasalnya mereka terobsesi menguasai negara, membuat negara tandingan sesuai dengan keyakinannya. Akhirnya gerakan ini berhasil digagalkan oleh Nazi hingga tidak bisa melakukan hal-hal merepotkan lainnya.

4. Cult of Reason

Pada abad ke-18 di mana Prancis melakukan revolusi besar-besaran pada negaranya, sebuah sekte baru muncul. Sekte ini memiliki obsesi untuk melakukan dekristianisasi atau merombak agama Kristen yang saat itu sudah ada. Mereka ingin memberikan doktrin-doktrin baru yang dianggap lebih tepat dan mewakili keadaan dari Prancis saat revolusi yang besar terus dikumandangkan.

Cult of Reason [image source]
Cult of Reason [image source]
Cult of Reason sering sekali melakukan pertunjukan-pertunjukan di pusat kota. Mereka ingin semua warga berkumpul dan menikmati apa yang mereka tunjukkan. Dari pertunjukan ini mereka mulai memasukkan beberapa pemikiran yang dianggap aneh dan menyimpang. Akhirnya sekte ini ditentang karena berpotensi mampu merusak pemikiran dan melakukan pendudukan pada pemerintah.

5. Cult of The Supreme Being

Cult of The Supreme Being didirikan di Prancis setelah Cult of Reason hancur. Maximilien Robespierre ingin membuat sebuah kepercayaan yang bisa dikagumi oleh semua rakyat. Ia ingin memberikan aturan moral juga bagi semua orang yang bersumber dari kepercayaan yang tinggi dan tak terbatas.

Cult of The Supreme Being [image source]
Cult of The Supreme Being [image source]
Sekte ini lambat laun membesar hingga berubah haluan ingin menduduki Prancis. Semua orang ingin negeri ini benar-benar bebas dari Kristen yang menjadi kepercayaan mereka. Sayangnya kepercayaan ini tak lagi bisa dilanjutkan karena ada bagian yang cacat. Banyak orang akhirnya tidak puas dengan segala bentuk ritual dan aturan hingga akhirnya memilih untuk kembali ke kepercayaan lama.

Inilah lima sekte berbahaya yang terobsesi membuat negara sendiri. Mereka melakukan segala hal mengerikan agar apa yang diinginkan bisa tercapai. Coba bayangkan apa yang akan terjadi jika sekte ini berhasil membuat sebuah negara?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA