in

7 Sekolah dan Kampus Berbentuk Unik Ini Bikin Belajar Jadi Asik

Biasanya bentuk sekolah itu seperti layaknya sebuah gedung biasa, yakni berbentuk kotak. Kalau di Indonesia biasanya bangunan itu berbentuk menyerupai huruf L atau huruf N. Tapi bosankah kamu dengan bentuk sekolah yang seperti itu saja sejak dahulu?

Nah, di beberapa ini ada sekolah dengan bentuk yang sangat unik. Tujuan dibangun seperti itu agar menarik minat siswa dalam belajar, sehingga siswa dalam belajar dengan perasaan senang dan tidak cepat bosan. Seperti apakah keunikan itu? Mari kita simak lebih lanjut.

1. TK di Georgia – Dari Pesawat Bekas

Sebuah pesawat Yakovlev 42 yang sudah tidak terpakai dari bandara Tbilisi, Georgia disulap menjadi sebuah ruang kelas. Dalam ruang pesawat, kursi penumpang diganti menjadi meja dan kursi belajar anak. Sedangkan ruang kokpit dibiarkan begitu saja agar anak-anak dapat merasakan jadi pilot yang sesungguhnya.

Belajar Sambil Menjadi Pilot
Belajar Sambil Menjadi Pilot [ImageSource]
Gari Chapidze, sang kepala sekolah adalah orang di balik ide cemerlang ini. Dialah yang membeli pesawat tak terpakai ini dan mengubahnya menjadi ruang belajar taman kanak-kanak. Di sekolah ini kita bisa belajar sekaligus bermain-main di ruang kokpitnya.

2. TK Wolfartsweier, Jerman – Berbentuk Kucing

Sekolah yang mempunyai gedung unik ini berada di Karlsruhe, Jerman. Ini adalah sebuah TK yang bernama “Wolfartsweier”. Gedung sekolah ini berbentuk seperti seekor kucing yang sedang duduk. Jika dilihat dari depan, tampak kepala kucing lengkap dan dua buah kaki depannya.

Tampak Seperti Seekor Kucing Sedang Duduk
Tampak Seperti Seekor Kucing Sedang Duduk [ImageSource]
Gedung sekolah yang sangat lucu ini dirancang oleh seniman bernama Tomi Ungerer dan d’Ayla-Suzan Yondel. Dengan gedung berbentuk kucing ini, diharapkan para siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan menyenangkan di sekolahnya.

3. TK Hounslow Heathrow, London – Berbentuk Iglo

Sebuah sekolah yang berada di London ini pun juga tak kalah unik bentuk gedungnya. Bentuknya itu serupa dengan iglo, yakni rumah yang biasanya ada di kawasan bersalju dan bentuknya berkubah-kubah. Ada sekitar empat buah kubah yang berada di lapangan sekolah tersebut.

Gedungnya Berkubah-Kubah
Gedungnya Berkubah-Kubah [ImageSource]
Bangunan dari TK Hounslow Heathrow ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Iran Nader Khalili. Kubah itu berfungsi untuk meredam suara bising pesawat yang lewat tepat di atas sekolah, setiap dua menit sekali. Sekolah ini letaknya memang sangat dekat dengan lintasan pesawat bandara Heathrow.

4. Nanyang University, Singapore – Atapnya Berumput

Sebuah kampus yang berada di Singapore ini akan menjanjikan suasana belajar yang berbeda. Di mana akan ada rumput yang ditanam di atap gedung universitas tersebut. Dinding-dindingnya pun diselimuti oleh kaca.

Bangunannya Memakai Konsep Go Green
Bangunannya Memakai Konsep Go Green [ImageSource]
Atap berumput pada kampus ini berguna untuk melindungi bangunan, mendinginkan udara sekitar dan menadah air hujan. Air hujan itu ditampung untuk proses irigasi tumbuhan yang berada di sekitarnya. Sebuah konsep yang keren sekali bukan. Di atas itu sering dijadikan sebagai ruang pertemuan mahasiswa.

5. Bobigny School, Perancis – Berbentuk Seperti Terasering

Hampir mirip dengan Nayang University, sebuah kampus bernama “Bobgny School” yang berada di Prancis ini juga menanam tanaman hijau di atap bangunannya. Hanya saja bentuknya tidak rata, tetapi dibuat bertingkat menyerupai terasering yang biasanya ada di persawahan.

Mirip Terasering Yang Ada Di Persawahan
Mirip Terasering Yang Ada Di Persawahan [ImageSource]
Tujuan atap dibuat seperti terasering ini adalah untuk memaksimalkan pencahayaan dan menciptakan perlindungan bagi pejalan kaki. Gedung ini terlihat semakin keren dengan dinding yang terbuat dari balok kayu berwarna mengkilap.

6. Arcadia University, Pennsylvania

Di Pennsylvania ada sebuah universitas bernama “Arcadia University”. Gedung dari kampus ini berbentuk layaknya sebuah kastil yang berwarna abu-abu. Maka dari itu, bangunannya sering disebut sebagai ” The Grey Tower Castle of Arcadia University”.

Serasa Belajar Di Negri Dongeng
Serasa Belajar Di Negri Dongeng [ImageSource]
Yang uniknya lagi, dalam gedung ini terdapat perapian dan juga terowongan bawah tanah, yang menghubungkan ruangan satu dengan lainnya. Saat ini ruangan-ruangan itu sudah menjadi ruang belajar-mengajar, kantor, ruang rektorat serta asrama.

7. Kanagawa Institute of Technology, Jepang – Tembus Pandang

Di Jepang ada sebuah bangunan tembus pandang. Bangunan itu adalah sebuah universitas bernama “Institute of Technology”. Seluruh permukaan gedung ini terbuat dari kaca, jadi semua yang ada dalam ruangan bisa terlihat dari luar, begitu pula sebaliknya.

Gedungnya Tembus Pandang
Gedungnya Tembus Pandang [ImageSource]
Bangunan tembus pandang ini dirancang oleh sekelompok arsitek bernama Junga Ishigami. Sekolah ini dibuat tembus pandang agar mahasiswa yang sedang beraktifitas di dalam gedung bisa tetap berinteraksi dengan alam sekitar. Jadi di saat jenuh, sang mahasiswa bisa menjernihkan fikiran hanya dengan melihat sekelilingnya.

Tuh, unik sekali bukan gedung sekolah dan kampus ini. Belajar di tempat yang keren seperti ini pasti tambah semangat deh. Saking asiknya belajar, mungkin bisa-bisa gak terasa tiba-tiba sudah waktunya jam pulang sekolah nih. Kalau sekolah kita seperti ini gedungnya, belajar seharian juga gak apa-apa deh….

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Ini Nih Sejarah Pertama Kali Ditemukannya Lampu Lalu Lintas

Ternyata Perilaku Aneh Kita Sehari-Hari Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho