in

Sekolah Paling Unik di Dunia, Belajar di Atas Kapal Yang Mengapung

Sekolah Paling Unik
Sekolah Unik

Apa yang muncul di kepala anda jika mendengar kata “sekolah”? Mungkin anda akan langsung membayangkan ruang-ruang kelas, pelajaran yang membosankan dan tugas-tugas yang berat. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa pendidikan di Indonesia masih sangat kaku, sehingga bayangan kita tentang sekolah adalah sesuatu yang seram.

Namun tidak dengan sekolah-sekolah berikut. Sekolah ini memiliki bangunan dan sistem mengajar yang sangat berbeda dari yang kita terima di masa sekolah. Berikut kami rangkum lima sekolah yang paling unik yang ada di dunia.

1. Sekolah Terapung di Bangladesh

Bangladesh selalu dilanda banjir, setidaknya dua kali dalam setahun. Banjir tersebut demikian parahnya sehingga menyebabkan masyarakat kesusahan mendapatkan air bersih, listrik dan kebutuhan lainnya. Selain itu, banjir juga membuat anak-anak susah untuk pergi ke sekolah. Untuk menanggulangi masalah itu, organisasi Shidulai Swanirvar Sangstha memiliki sebuah ide yang brilian; sekolah terapung.

Kini, setidaknya ada 100 sekolah terapung dalam bentuk kapal. Sekolah itu dilengkapi dengan laptop, akses internet dan perpustakaan kecil. Jadi, saat sekolah formal ditutup akibat banjir, sekolah kapal ini akan tetap menerima murid. Sekolah ini telah memiliki 70.000 murid sejak kemunculannya di tahun 2002.

2. Sekolah Bebas di Brooklyn

Sekolah Brooklyn dibagi menjadi dua. Bagian atas sekolah adalah untuk anak-anak umur 11 hingga 18 tahun. Sementara di bagian bawah sekolah adalah untuk anak-anak umur 4 hingga 11 tahun. Tidak ada kurikulum di sekolah ini. Semua murid bebas untuk mempelajari apa yang ingin dia pelajari.

Seorang murid boleh memilih belajar sendiri dengan materi yang dia pilih sendiri. Di sekolah ini, tidak ada tingikatan kelas, tidak ada pekerjaan rumah dan tidak ada tugas. Seorang murid diberi kepercayaan penuh untuk mempelajari apa yang ingin dia pelajari dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Wah, sungguh sekolah yagn menyenangkan.

3. Sekolah Kereta Api di India

Inderjit Khurana merasa tergugah setiap melihat pengemis yang ada di stasiun keretap api yang dilewatinya setiap hari. Khurana berprofesi sebagai seorang guru di Orissa, India dan merasa anak-anak pengemis tersebut membutuhkan pendidikan untuk masa depan mereka. Karena membawa begitu banyak anak ke sekolah dirasa tidak memungkinkan, Khurana melaporkan kejadian ini pada Ruchika School Social Service Organization dan akhirnya berdirilah sekolah kereta api ini.

Sejak sekolah ini didirikan, terdapat lebih dari 4.000 murid yang mengikuti pendidikan informal tersebut. Sekolah ini mengajari anak-anak membaca, menulis, menghitung dan bermain drama. Sekolah ini juga menyediakan bantuan berupa makanan dan perobatan bagi anak-anak yang kurang mampu, beserta keluarganya.

4. Sekolah Gulu di China

Sekolah ini telah berdiri sejak akhir tahun 1980-an dan hanya diajar oleh satu guru, Shen Qijun. Qijun datang ke desa Gulu ketika umurnya masih 18 tahun. Saat itu, keadaan sekolah di kampung tersebut sangatlah mengenaskan.

Sekolah ini menjadi spesial karena letaknya yang ada di pegunungan dan para murid harus berjuang mendaki gunung untuk mencapai sekolah mereka. Tidak terbayang semangat anak-anak ini untuk menuntut ilmu.

5. Sekolah untuk Para PSK di China

Sebelum anda menilai lebih jauh, ini bukanlah sekolah untuk mengajarkan muridnya agar menjadi PSK. Sekolah ini pada dasarnya diperuntukkan kepada para PSK agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak klien dengan menggunakan sosial media.

https://www.youtube.com/watch?v=4bpdGa5ssks

Di sekolah ini, ada beberapa guru yang memberikan materi tentang marketing dan sosial media. Para PSK juga diajari tentang edukasi kesehatan dan asuransi agar keselamatan mereka lebih terjaga.

Itu tadi lima sekolah paling unik yang ada di dunia. Semoga sekolah-sekolah tadi memberi inspirasi bagi kita dan pemerintah agar mnjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik lagi. Sebab, pendidikan yang berkualitas harusnya melibatkan guru dan murid dalam porsi yang seimbang, bukan menjadikan murid melulu sebagai objek.

Dari kelima sekolah di atas, mana yang menjadi favorit anda? Semoga suatu saat anda cukup beruntung dan bisa melihat sekolah tersebut secara langsung. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

5 Fakta Aneh Tentang Kopi Yang Perlu Anda Tahu

Ini Dia 5 Pesawat Jet Pribadi Termahal di Dunia (Boeing 757)

Ini Dia 5 Pesawat Pribadi Termahal di Dunia