5 Sekolah Bisnis Populer di Indonesia untuk Kalian yang Pengen Jadi Pengusaha Pasca Lulus SMA

Untuk kamu yang ingin jadi pengusaha, sekolah-sekolah ini bisa jadi sasarannya

oleh Faradina
07:00 AM on Apr 14, 2017

Salah satu hal yang terkadang membuat siswa-siswi SMA bingung ketika akan lulus adalah tentang akan ke manakah mereka nanti. Sebagian dari mereka ada yang memilih bekerja, dan lainnya biasanya akan terjun ke dunia universitas. Namun memilih universitas juga bukan hal yang mudah lho bila tidak ada bimbingan. Karena seperti yang kita tahu di Indonesia ada banyak sekali kampus-kampus populer dengan program studi tak kalah keren.

Tapi bila saat ini kalian yang sedang duduk di bangku SMA ingin sekali belajar menjadi seorang pengusaha, tak ada salahnya bila memilih sekolah yang khusus mengajarkan tentang hal itu. Tak perlu jauh-jauh belajar di Singapura ataupun Cina, karena Indonesia juga memiliki lima sekolah bisnis berkualitas seperti di bawah ini.

Baca Juga
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

Sekolah Bisnis IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hanya menyediakan jurusan khusus pertanian saja lho, karena di sana juga ada program bernama Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor atau SB IPB. Sekolah ini awalnya hanya menawarkan program S2 Magister manajemen Agribisnis sebelum kemudian pada tahun 2015 diganti menjadi Sekolah Bisnis IPB.

SB IPB [image source]
Saat ini SB IPB sudah membuka program untuk S1 sampai S3. Selain itu juga ada kegiatan konsultasi, penelitian, serta pelatihan di sana. Adapun program S1 yang ditawarkan antara lain, S1 bisnis, magister manajemen, doktor manajemen, program pembangunan eksekutif, serta kemitraan dan kerja sama. Jadi di sini kalian tidak hanya bisa memperoleh ilmu di kelas saja, tetapi juga dalam kegiatan-kegiatan tambahan supaya nantinya lebih matang menjadi seorang pengusaha.

Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

Selain IPB, universitas bergengsi lain yang juga menawarkan program bisnisnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Untuk universitas ini programnya dikenal dengan istilah Sekolah Bisnis dan Manajemen IPB. SBM-ITB ini memiliki beberapa program studi diantaranya magister administrasi bisnis, magister sains manajemen, sarjana manajemen, doktor sains manajemen, dan sarjana kewirausahaan.

ITB [image source]
Adapun untuk program studi Sarjana Kewirausahaan ternyata memang baru pertama kali di buka di kampus ini dalam lingkup Indonesia. Tujuan dari dibukanya program studi ini sendiri adalah untuk mencetak sebanyak mungkin jumlah pengusaha muda di Indonesia. Mahasiswa program studi ini tak hanya mempelajari konsep bisnis di dalam kelas tetapi juga akan diajarkan penerapannya.

STIE Malangkucecwara

Jawa Timur juga memiliki salah satu sekolah bisnis yang patut diperhitungkan di Indonesia yaitu STIE Malangkucecwara. Sama seperti namanya, sekolah ini memang terletak di kota Malang. Dulunya sekolah ini dikenal dengan nama ABM atau Akademi Bank Malang. Namun seiring berjalannya waktu, konsep sekolah diubah dan jadilah sampai sekarang sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi.

Malangkucecwara [image source]
STIE Malangkucecwara ini menyediakan program S1 dan juga S2 untuk calon mahasiswanya. Ada program studi akuntansi dan manajemen keuangan untuk S1. Sementara untuk S2 program studi dikhususkan di bidang manajemen. Saat ini Malangkucecwara semakin melebarkan sayap ke dunia internasional dengan mengadakan program kerjasama dengan universitas asing.

Universitas Prasetya Mulya

Universitas Prasetya Mulya ini merupakan salah satu sekolah bisnis yang terletak di ibu kota Jakarta sejak  tahun 80-an dengan nama awalnya Management Development Centre. Kampus ini beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari institut, sekolah tinggi ilmu ekonomi, sampai sekarang menjadi universitas.

Prasetya Mulya [image source]
Prasetya Mulya memiliki lima jurusan yang tak pernah sepi peminat, diantaranya Finance Management, Accounting, Event Management, Marketing Management, dan juga Business Management. Selain itu, universitas ini juga memiliki program non gelar seperti pengembangan eksekutif, in house Training, certificate of Business Management, dan juga international purchasing & supply chain Management.

BINUS Business School

Alternatif sekolah bisnis lain yang bisa dipilih adalah Binus Business School. Sekolah ini bisa dibilang menjadi salah satu favorit banyak siswa yang ingin mendalami dunia bisnis. Selain bisa memfasilitasi mahasiswanya untuk menjadi seorang pebisnis, Binus juga dikenal sangat unggul dalam bidang IT. Hal itu dikarenakan bisnis dan IT adalah dua ilmu yang saling mempengaruhi dan dangat penting dikuasai oleh pengusaha.

Binus [image source]
Adapun program studi yang ditawarkan sangatlah beraneka ragam, di antaranya akuntansi, keuangan, komunikasi pemasaran, manajemen hotel, dan lainnya. Bahkan sekolah ini baru saja diakreditasi oleh sekolah bisnis internasional Belgia yaitu European Foundation for Management Development (EFMD).

SB IPB, SBM-ITB, STIE Malangkucecwara, Universitas Prasetya Mulya, BINUS Business School adalah lima sekolah bisnis yang bisa jadi alternatif bagi para siswa SMA pasca lulus sekolah. Lima sekolah tersebut sangat cocok untuk mereka yang benar-benar ingin fokus ke dunia bisnis dan menjadi pengusaha. Bila ingin informasi lebih lanjut tentang pendaftarannya, cek saja langsung di situs resmi mereka. Semangat!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA