Setiap Hari Dipakai, Ternyata Ini Lho Sejarah Penggunaan “Wkwkwk” Sebagai Ekpresi Tertawa di Sosial Media

Karena wkwkwk ternyata cuma dipakai di Indonesia

oleh Nikmatus Solikha
10:00 AM on Jun 12, 2017

Mayoritas netizen di dunia mengekspresikan tawa dengan kata “laugh out loud” atau biasa disebut LOL. Namun, di Indonesia ternyata memiliki cara yang lebih unik untuk menggambarkan tawa, yaitu wkwkwk. Mungkin kamu juga sering mengetikkannya saat berkomunikasi di jejaring sosial.

Ternyata, penggunaan kata wkwkwk juga hanya digunakan oleh orang di Indonesia. Meski demikian, masih banyak orang yang nggak sadar dari mana datangnya kata tersebut. Sebenarnya, dari mana kata tersebut berasal? Berikut ini dipercaya sebagai asal usulnya.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Konon, istilah tersebut lahir dari komunitas game online

Salah seorang netizen bernama Dio menjelaskan bahwa para pecinta game online selalu menyebut gua sebagai pengganti saya. Lama kelamaan, istilah gua dipersingkat dengan gw. Kebiasaan menyingkat tersebut juga melebar pada kata lain.

Gamer Indonesia [image soruce]
Demikian pula saat mengekspresikan tertawa, diambil dari kata ngakak yang lambat laun menjadi ka-ka-ka, yang menggambarkan tertawa sarkastik, hingga akhirnya kata wakaka digunakan sebagai pengganti. Dan ternyata, lebih sederhananya lagi wkwkwk yang digunakan dan makin familier di kalangan pengguna internet.

Singkatan dari ngakak

Sementara itu, seorang netizen bernama Arman Ardan mengatakan jika wkwkwk berasal dari kata ‘ngakak’. Tapi, dahulu di SMS diketik dengan kata wakaka. Namun, untuk mempercepat cara ketik, jadilah kata wkwkwk digunakan.

Ngakak [image source]
Dan ternyata menyebar dan jadi kebiasaan sampai sekarang. Masih menurut Arman, kebiasaan tersebut sudah ada sebelum ramenya aplikasi sosial media. Dia juga mengaku memiliki teman yang bahkan menggunakan kata kak-kak-kak meski berada di dunia nyata.

WK sama dengan Gua Ketawa

Sementara itu, seorang pengguna Kaskus dengan nama inisial TS menjabarkan bahwa wkwkwk merupakan kata yang terdiri dari dua huruf. Menurutnya, dua kata tersebut mengandung singkatan. W adalah gua. Sementara k adalah ketawa.

emot ngakak [image source]
Jadi, wkwkwk bisa diartikan dengan gua ketawa. Tapi sayangnya, jawaban tersebut berasal dari analisa pribadi. Bukan dari sejarah-sejarah khusus yang menjadi sumbernya.

Istilah yang muncul dari Waka Waka Shakira

Kamu pasti nggak asing dengan lagu Waka Waka, kan? Yup. Lagu piala dunia yang dulu sempet booming banget. Saking terkenalnya, tiap jam selalu diputar di radio. Seiring itu, Facebook juga tengah naik daun, menggilas Friendster.

Shakira waka waka [image source]
Di Facebook juga kebanjiran status waka waka. Sementara itu, banyak orang yang mengekspresikan tertawa ringan dengan hahaha. Sedangkan untuk tertawa yang lebih heboh, diganti dengan waka waka. Seiring berjalannya waktu, penulisannya juga lebih sederhana, yaitu wkwkwk dan makin menjamur hingga saat ini.

Itulah beberapa pendapat netizen tentang asal-usul wkwkwk. Menurut kamu, mana yang paling masuk akal? Atau jangan-jangan punya pendapat sendiri? Share sini, dong.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA