5 Daerah Unik di Indonesia ini Sering Dijuluki Sebagai Surga Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 18, 2016

Indonesia memiliki banyak sekali tempat yang sangat indah, bahkan sebagian di antaranya sangat unik. Sayangnya tak semua orang tahu tempat-tempat unik namun menyimpan sebuah keajaiban ini. Keindahan dan keunikan yang sangat asli membuat wilayah ini benar-benar layak disebut sebut sebagai surga dunia.

Anda tidak akan menemui Bali, atau tempat wisata mainstream lainnya meski tempat itu juga indah. Tempat yang akan anda baca ini mungkin terdengar asing, namun benar-benar ada dan berada di negeri ini. Mari simak secuil surga yang jatuh di bumi Indonesia tercinta ini.

Baca Juga
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya

1. Lembah Baliem – Papua

Lembah Baliem adalah surga yang jatuh di tanah Papua. Lembah ini terletak di pegunungan Jayawijaya dan memiliki ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Cuaca di sini sejauh dengan suhu rata-rata 10-15 derajat Celcius. Lembah ini menyimpan banyak sekali keindahan yang tiada duanya. Hamparan hujan hijau dibalut dengan pegunungan yang menjulang tinggi akan membuat banyak wisatawan enggan pulang.

Lembah baliem [image source]
Lembah baliem [image source]
Lembah Baliem memiliki panjang sekitar 20 km dan lebar 1,5 km. Tempat ini dihuni oleh Suku Dani yang kemungkinan berjumlah 100.000 penduduk. Di Lembah Baliem, pengunjung bisa menyaksikan kegiatan Suku Dani, melihat ritual mereka yang kadang agak ngeri (ada ritual potong jari). Yang sangat hebat, setahun sekali ada festival Lembah Baliem yang digelar selama tiga hari. Semua penduduk akan menunjukkan seni dan budaya mereka kepada wisatawan yang datang. Masih kurang? Ada mumi dari Suku Dani yang siap mengejutkan anda.

2. Raja Ampat – Papua

Sudah tidak bisa dimungkiri lagi jika Raja Ampat adalah surga lain dari bumi Papua yang tiada duanya. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar yang berlokasi di Kepala Burung, Pulau Papua. Raja Ampat menyimpan keindahan alam yang masih sangat alami. Selain itu, laut di sekitar pulau juga menyimpan kekayaan hayati yang sangat fantastis.

Raja Ampat [image source]
Raja Ampat [image source]
Raja Ampat memiliki sekitar 540 jenis karang atau 75% dari total karang yang ada di dunia. Selanjutnya ada 1000 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan masih banyak lagi. Banyaknya hewan laut yang ada di sini menjadikan Raja Ampat berubah jadi surga penyelaman dunia. Bahkan banyak orang dari berbagai negara rela datang jauh-jauh ke pelosok Papua ini untuk membuktikan keindahan yang konon hanya ada di Indonesia.

3. Lembah Bada – Sulawesi Tengah

Lembah Bada adalah sebuah tempat yang terletak di Poso, Sulawesi Tengah. Lembah ini masuk ke dalam Taman Nasional Lore Lindu yang memiliki keindahan yang luar biasa. Di tempat ini wisatawan tidak hanya akan mendapatkan keindahan alam hijau membentang saja. Namun juga menikmati sensasi megalitikum yang tiada duanya. Di tempat ini tertancap banyak sekali patung-patung batu yang kemungkinan berasal dari abad ke-14.

Lembah Bada [image source]
Lembah Bada [image source]
Sepanjang perjalanan, wisatawan akan melihat hamparan hijau dengan patung batu berada di sisi kiri dan kanan. Tak hanya patung batu berwujud kepala itu saja. Di beberapa tempat seperti ladang dan sawah kadang ada batu yang berbentuk bulat, pipih, dan panjang yang kemungkinan juga berasal dari zaman yang sama dengan patung batu itu. Ke Lembah Bada sama halnya terjun mencari harta karun yang kadang masih tersembunyi di suatu tempat.

4. Situs Gunung Padang – Jawa Barat

Situs Gunung Padang adalah situs megalitikum paling besar yang berada di Jawa Barat. Lokasi dari situs ini berada di ketinggian 885 mdpl dan berada di tanah seluas 3 hektare. Situs Gunung Padang adalah sebuah situs punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Tumpukan batu yang berserakan serta berundak-undak membuat banyak arkeolog berspekulasi jika tempat ini adalah sebuah sistem kota.

Situs Gunung Padang [image source]
Situs Gunung Padang [image source]
Sebuah penelitian menyebutkan jika situs ini berusia lebih dari 25.000 tahun. Artinya situs ini benar-benar purba, bahkan lebih tua dari Candi Borobudur maupun Prambanan. Wisatawan yang datang ke sini akan mendapatkan sensasi masuk ke zona purbakala. Sepanjang kaki melangkah, semua batuan yang berada di tanah berusia sangat tua. Banyak orang mengatakan jika Situs Gunung Padang adalah sebuah keajaiban dunia, sebuah surga kecil yang terlupakan dari masa lalu.

5. Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan adalah super star lain yang dimiliki oleh Indonesia. Terletak di perairan Kalimantan Timur, kawasan ini memiliki banyak sekali pulau yang eksotis. Keindahan lautnya setingkat di bawah Raja Ampat, namun tetap menyajikan pengalaman yang sangat hebat bagi wisatawan yang sangat menyukai pengalaman bawah air. Jika beruntung, puluhan lumba-lumba akan menyambut dengan sangat riang di sepanjang lautan.

Danau Kakaban [image source]
Danau Kakaban [image source]
Jika pengalaman yang sehebat itu masih kurang, Pulau Kakaban yang sangat indah siap menyambut. Di pulau ini sebuah danau yang sebenarnya air laut yang terperangkap. Di dalam sini ada jutaan ubur-ubur yang berenang dengan bebas. Uniknya ubur-ubur ini tidak beracun sama sekali. Wisatawan bisa berenang dengan tenang bersama ubur-ubur yang sangat memesona itu.

Inilah 5 daerah unik di Indonesia yang sudah layak dijuluki sebagai secuil surga dunia. Dari lima daftar di atas adakah surga andalan sobat Boombastis? Atau ingin menambahkan surga lain yang ada di Indonesia? Yuk, share biar banyak teman yang tahu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA