in

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mengunjungi Malaysia

Malaysia adalah negeri tetangga Indonesia. Bisa dibilang bahwa negara ini merupakan gabungan Singapura dan Indonesia. Dengan kemajuan di berbagai bidang dan kekayaan alam yang lumayan melimpah. Malaysia juga punya beraneka macam lokasi wisata yang layak untuk dikunjungi oleh turis dari manca negara. Tak terkecuali oleh masyarakat kita yang mencari alternatif destinasi liburan di luar Indonesia.

Akan tetapi, tak semua hal yang bisa kita temukan di negara jiran ini patut diacungi jempol atau layak untuk diceritakan kepada teman-teman kita di Indonesia. Beberapa aturan, adat atau tempat yang ada di negara ini justru malah dijadikan alasan para turis agar tak mengunjungi Malaysia. Apa saja? Mari kita simak daftarnya.

1. Terdapat Kuil ular berbisa

Kamu pasti tahu kan kabar mengenai seekor ular yang menelan hidup-hidup salah seorang warga di Sumatera Barat? Nah, di Malaysia ini ternyata pernah ditemukan ular piton yang lebih besar dengan panjang sekitar delapan meter dan berat 250 kg. Jika itu belum membuatmu bergidik, ketahuilah bahwa di negara ini terdapat sebuah kuil khusus tempat bersarangnya ular-ular berbisa.

Di tempat ini banyak terdapat ular berbisa. [Image Source].
Kuil ular Penang namanya. Di kuil ini terdapat berbagai jenis ular berbisa seperti ular tanah hingga ular condro. Begitu kamu masuk, kamu akan langsung disambut oleh sebuah tanki transparan yang dipenuhi piton dan kobra. Tempat ini, meski cukup menyeramkan bagi sebagian orang, nyatanya menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh turis yang mengaku senang melihat reptil ini.

2. Berhati-hatilah terhadap penyebaran virus Zika

Mengacu pada data sebuah media online, hingga September 2016 Malaysia berada dalam situasi tanggap darurat terhadap virus Zika. Banyak orang yang terjangkit virus ini lantaran memang sulit menyadari bahwa ia tengah “digigit” nyamuk ini. Awalnya mungkin cuma gatal-gatal, tapi diam-diam virus sudah menyebar luas ke jaringan tubuh.

Awas bahaya virus Zika. [Image Source].
Pastikan, jika kamu melancong ke Malaysia, untuk membawa banyak obat anti nyamuk. Usahakan untuk membawa produk penolak nyamuk dalam bentuk lotion atau spray. Dikhawatirkan, jika kamu membawa obat nyamuk bakar orang di sekitar kamu akan ikut terganggu. Meski cuacanya sama panas dengan negara kita, kamu juga mesti menggunakan baju tertutup untuk menghindari gigitan nyamuk.

3. Makanan eksotis namun menjijikan

Tak kalah dengan negara seperti Thailand atau Vietnam, Malaysia juga punya sajian “eksotis” yang bahkan para turis yang datang belum tentu mau memakannya meski dibayar mahal. Olahan ini berbahan dasar cacing sagu.

Kelihatannya sih enak. [Image Source].
Makanan ini biasanya banyak dijadikan camilan oleh para penduduk asli di wilayah Sabah dan Sarawak. Meski makanan ini sudah banyak dihilangkan dari menu, namun kamu masih bisa menemukan makanan yang digoreng garing atau dibakar ini di beberapa kota besar Malaysia seperti Kuala Lumpur atau Penang.

4. Jika tak mau dipenjara, hati-hati ketika bercanda di Malaysia

Tak berbeda jauh dengan Indonesia, negara ini cukup sensitif terhadap lelucon yang dianggap terlalu vulgar, saru, atau menyimpang. Pernah ada kejadian sembilan orang turis yang berjoget ria dengan hanya mengenakan celana dalam bermotif bendera di sirkuit Sepang, Malaysia. Parahnya lagi, mereka juga terang-terangan mabuk bir.

Kalau di Indonesia, mungkin sudah diarak oleh Ormas “pembela kebenaran.” [Image Source].
Meski banyak orang yang tak keberatan dengan tingkah menggelikan mereka (bahkan banyak juga yang mengajak mereka berselfie ria), namun otoritas setempat langsung mengamankan mereka. Para pria ini terancam hukuman penjara hingga dua tahun karena dianggap telah sengaja mencederai kedamaian. Jadi, hati-hati ya kalau kamu mau bercanda.

5. Negara pertama yang mempraktikkan prosedur medis yang gila

Dokter Pathmanathan. [Image Source].
Tahukah kamu, bahwa ternyata Malaysia adalah negara pertama yang melakukan praktik transplantasi lengan di dunia? Prosedur ini dilakukan oleh Dokter V. Pathmanathan bersama timnya pada tanggal 18 Mei 2000. Pasiennya adalah seorang bayi perempuan yang baru berusia satu bulan. Lengan yang didonorkan berasal dari saudara kembarnya yang meninggal akibat kerusakan otak. Beruntung operasi yang berisiko ini sukses sesuai rencana.

6. Terdapat gua yang jadi sarangnya kecoa

Gua Gomantang, berani masuk? [Image Source].
Ada sebuah gua di daerah Sabah yang bernama gua Gomantong. Gua ini terkenal bukan karena keindahannya, namun karena gua ini dikenal sebagai sarangnya serangga menjijikan bernama kecoa. Tempat ini menjadi habitat favorit makhluk tersebut karena lembab dan gelap. Tak usah dijelaskan panjang lebar, gua ini jelas menjadi neraka bagi kamu yang kecoa-fobia.

7. Masih banyak yang percaya tahayul

Ilustrasi 3A. [Image Source].
Para penduduk Malaysia juga masih banyak yang percaya hal-hal mistis. Misalkan, mereka takut dengan angka empat. Makanya, jika kamu berada di elevator sebuah gedung, kamu tak akan menemukan lantai empat. Mereka biasanya mengganti angka tersebut dengan angka 3A. Sebab, mereka yakin bahwa nomor empat erat kaitannya dengan kematian.

Takhayul lain yang mereka percaya adalah, ketika seekor kucing melompati sebuah peti mati yang berisi orang meninggal sebelum peti tersebut dikuburkan, manusia yang ada di dalamnya diyakini bakal kembali hidup! Mitos ini uniknya dan anehnya masih dipercaya oleh bangsa yang cukup maju seperti Malaysia.

Supaya pengalamanmu melancong ke negeri seberang dapat maksimal, usahakan agar kamu setidaknya menghindari hal-hal di atas yang mungkin dapat membuatmu malah ingin buru-buru pulang ke kampung halaman. Setiap negara memang punya aturan dan keunikannya sendiri. Sebagai tamu, mau nggak mau harus nurut biar selamat dan nyaman di negeri tujuan.

Leave a Reply

4 Kejadian Menghebohkan yang Pernah Terjadi di Panggung Dangdut Tanah Air

Sarin, Gas Mematikan yang Bisa Membinasakan Ribuan Orang Dalam Sekejap