Serunya Ikut SBY Pulang Kampung, Mulai Dari Groufie Bareng Sampai Makan Gratis!

oleh Alfry
09:53 AM on Mar 12, 2015

Untuk kali pertama setelah tidak menjabat sebagai Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono kembali pulang ke kampung halamannya di Pacitan. Selama di Pacitan SBY mengagendakan beberapa kegiatan diantaranya berziarah ke makam almarhum ayahanda, melihat pameran batu akik Pacitan, dan bernostalgia bareng sahabat sewaktu sekolah.

Meski agenda kunjungan SBY selalu berubah-ubah namun warga Pacitan tetap antusias menyambut mantan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Banyak keseruan yang terjadi selama kunjungan SBY yang di mulai dari Selasa (10/3) hingga Kamis (12/3). Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Penyambutan yang Mengharukan

Persiapan penyambutan SBY dilakukan secara meriah, lebih dari 500 siswa di Kabupaten Pacitan antusias menunggu kedatangan orang nomor satu di Indonesia periode 2004-2014 itu. Selain itu ada juga para pejabat penting Pacitan yang menunggu kedatangan SBY, mereka semua sangat bersemangat meskipun saat itu hujan sedang mengguyur kota Pacitan.

Warga menyambut kedatangan SBY (c) Instagram
Warga menyambut kedatangan SBY (c) Instagram

SBY tiba di Pacitan sekitar pukul 16.10 pada hari Selasa (10/3). Padahal penyambutan sudah dilakukan sejak pukul satu siang, namun demikian tidak nampak raut wajah kekecewaan diantara mereka yang menunggu kedatangannya. Setelah rombongan datang warga langsung berebut untuk berjabat tangan langsung dengan SBY. Antusias warga ini diapresiasi oleh Ibu Ani Yudhoyono, hal ini diperlihatkan dengan diunggahnya foto yang menunjukkan warga sedang menunggu SBY saat hujan turun di akun instagramnya.

2. Berziarah ke Makam Ayahanda SBY

Agenda pertama SBY saat tiba di Pacitan adalah berziarah ke makam ayahandanya di TMP Bunga Bangsa. Dalam foto yang diunggah Ibu Ani Yudhoyono di akun instagramnya terlihat SBY di dampingi anak bungsunya Edhie Baskoro Yudhoyono dan juga Ibu Ani Yudhoyono sedang menabur bunga ke makam almarhum R.Soekotjo yang tidak lain adalah ayah SBY.

SBY beserta Ibu Ani Yudhoyono dan Anak Bungsunya menabur bunga di makam ayahanda SBY (c) Instagram
SBY beserta Ibu Ani Yudhoyono dan Anak Bungsunya menabur bunga di makam ayahanda SBY (c) Instagram

Momen ini merupakan hal yang lazim dilakukan kala SBY pulang ke kampung halamannya. Yang menarik adalah berbagai komentar dari para follower instagram Ibu Ani pada foto tersebut. Ternyata banyak juga fans SBY meski sudah tidak menjabat sebagai presiden. Seperti yang dituliskan oleh @dwi_lara_suci yang meminta SBY tampil lagi menjadi presiden.

3. Silaturahmi Bareng SBY di Luar TMP

Lagi, warga Pacitan yang belum kebagian kesempatan untuk bersilaturahmi dengan SBY saat baru tiba diberi kesempatan kembali untuk sekedar berjabat tangan dengan beliau selepas berziarah. Setelah selesai melakukan tabur bunga di makam ayahandanya, SBY langsung di sambut ratusan warga yang sudah menunggu di luar area Taman Makam Pahlawan.

Silaturahmi dengan SBY di Luar TMP (c) Instagram
Silaturahmi dengan SBY di Luar TMP (c) Instagram

Dalam foto di instagram Ibu Ani, nampak terlihat bukan hanya siswa-siswi saja yang berusaha menjabat tangan SBY. Namun tampak pula warga yang berseragan PNS juga sedang menyodorkan tangannya dengan harapan mendapat balasan dari SBY. Bahkan dalam foto tersebut ada salah satu follower yang berkomentar iri dengan warga Pacitan karena bisa berjabat tangan langsung dengan beliau.

4. Makan Gratis Bareng SBY

Pada hari pertama tepatnya Selasa malam (10/3) SBY dan rombongan melakukan makan malam di pusat kuliner Pacitan yang ada di halaman Pasar Minulyo. Kabar tersebut sudah didengar warga sehingga beberapa jam sebelum kedatangan SBY di Pasar Minulyo, warga sudah banyak yang datang ke lokasi untuk menyambutnya.

Saat iring-iringan mobil SBY tiba, warga langsung berhamburan mengerumuni mobil yang ditumpangi SBY. Warga langsung berebut bersalaman dengan Presiden ke-6 RI tersebut. Setelah itu rombongan langsung melanjutkan untuk makan malam. Saat itu SBY memilih untuk memesan menu kupat tahu yang memang merupakan makanan favoritnya.

Makan Gratis di Traktir SBY di Pasar Minulyo (c) ardhaniaji
Makan Gratis di Traktir SBY di Pasar Minulyo (c) ardhaniaji

Keseruan tidak berhenti sampai di situ, warga Pacitan yang datang menyambut SBY di Pasar Minulyo pun ketiban rejeki nomplok. Malam itu seluruh kios kuliner di Pasar Minulyo sudah di borong SBY, sehingga warga dipersilahkan memilih dan makan gratis di mana saja di area tersebut. Tentu itu menjadi malam yang penuh berkah bagi warga Pacitan yang ada di Pasar Minulyo.

5. Groufie Bareng SBY, Bu Ani dan Ibas

Di hari kedua tepatnya hari Rabu (11/3) SBY mengagendakan acara bernostalgia dengan para sahabat semasa sekolah. Dalam kesempatan itu Presiden ke-6 RI mengunjungi sekolah-sekolah dimana dulu ia menimba ilmu. Seperti ke SDN Baleharjo I, SMPN I Pacitan dan SMAN I Pacitan. Setelah itu SBY juga memberikan kesempatan untuk menggelar kopi darat jumpa follower instagram Ibu Ani dari Pacitan.

Follower Instagram Ibu Ani dari Pacitan Groufie Bareng SBY, Ibu Ani dan Ibas (c) Instagram
Follower Instagram Ibu Ani dari Pacitan Groufie Bareng SBY, Ibu Ani dan Ibas (c) Instagram

Ada sembilan orang yang diundang untuk berbincang langsung dengan SBY, Ibu Ani dan Edhie Baskoro. Dalam kesempatan itu SBY juga sempat membacakan sebuah puisi yang mengisahkan perjalanan hidup seorang SBY yang berasal dari kampung Pacitan. Setelah itu pertemuan diakhiri dengan foto groufie bareng SBY lengkap dengan istri dan anak bungsunya. Foto tersebut menunjukkan wajah ceria dari para follower yang mendapat kesempatan langka bertatap muka langsung dengan SBY. Tentu ini bikin ngiri semua orang.

Itulah beberapa keseruan penyambutan SBY saat pulang kampung yang berlangsung pada hari pertama dan kedua. Hari ini SBY dijadwalkan akan mengunjungi destinasi wisata Gua Tabuhan dan kunjungan ke pengusaha akik di Punung.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA