in

WOW! Lihat Sawah Berundak Paling Spektakuler di Indonesia Bagaikan Tangga Raksasa

Panyaweuyan [Image Source]

Melihat pemandangan persawahan yang hijau memang membuat hati lebih tenang dan damai. Pemandangan tersebut dapat menjadi pengobat stres dan membuat pikiran lebih fresh. Tapi, jika area persawahan tersebut memiliki perundakan yang unik, apa jadinya ya?

Pasti dibenakmu sudah tersirat undakan-undakan sawah yang penampakannya seperti lukisan nyata, bukan? Agar tak lagi penasaran dengan lokasi sawah berundak, yuk lihat ulasan lima sawah berundak yang ada di Indonesia berikut ini!

1. Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan Argapura secara administratif berada di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Lokasi persawahan hijau dan indah ini menjadi salah satu surganya dari pecinta fotografi. Bahkan wisatawan lokal maupun mancanegara pun banyak yang berdatangan di sini sekadar untuk menikmati keindahannya.

Panyaweuyan [Image Source]
Panyaweuyan [Image Source]
Panyaweuyan sendiri merupakan tempat di mana wisatawan dapat melihat pemandangan gunung yang berada di daerah Majalengka. Waktu terbaik untuk menikmati terasiring ini adalah pukul enam hingga delapan pagi. Selain karena udaranya yang sejuk, matahari juga terbit dengan sempurna, lho!

2. Ladang Beras Ubud

Bali memag surganya pemandangan indah. Mulai dari pantai hingga area pegunungan, semuanya komplit di sini. Tapi, ada satu lagi nih keindahan yang tersimpan di daerah ini, yaitu ladang beras ubud.

Sawah Ubud [Image Source]
Sawah Ubud [Image Source]
Sawah berundak tersebut memiliki undakan-undakan yang menakjubkan layaknya lukisan nyata. Di tambah lagi warna hjau persawahan yang begitu memesona. Bahkan, wilayah ini menjadi lokasi instagram-able dari para pelancong yang datang. Mau datang ke sini secara langsung?

3. Sembalun

Bila mengunjungi Gunung Rinjani di Lombok, pasti para pendaki tak asing lagi dengan desa yang menjadi rute utama. Ya, apalagi kalau bukan Desa Sembalun. Desa ini disebut-sebut sebagai surga kecil yang tersembunyi di lereng Gununung Rinjani. Bagaimana tidak, wilayahnya memiliki udara sejuk dengan area persawahan yang terbentang luas.

Sembalun [Image Source]
Sembalun [Image Source]
Tidak hanya itu, bahkan persawahan tersebut memilii undakan-undakan yang sekilas mirip dengan lukisan. Udara sejuk, ditambah dengan pemandangan gunung menjadikan wilayah persawahan berundak sempurna dan membuat perjalanan wisatamu semakin memorable.

4. Terasering Samosir Toraja

Pernah mendengar nama sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba, bukan? Ternyata, pulau kecil tersebut tak hanya memberikan pesona unik pada danau. Bahkan wilayah tersebut memiliki terasering yang begitu indah bernama Terasering Samosir Toraja. Sama halnya dengan area persawahan lainnya, wilayah ini memiliki warna hijau padi dan ukuran yang begitu luas.

Terasering Samosir Toraja [Image Source]
Terasering Samosir Toraja [Image Source]
Ditambah lagi dengan undakna-undakan sawah yang bagaikan lapisan-lapisan bumi. Wisatawan yang datang ke area Samosir tak lupa berkunjung ke wilayah tersebut untuk mengabadikan momen. Bagaimana tidak, pemandangan hijau ditambah dengan sawah berundaknya jadi setting tempat yang pas untuk capture foto terbaik.

5. Jatiluwih

Satu lagi nih sawah berundak yang terletak di Bali. Area persawahan ini terletak di Bali Barat dan menjadi satu-satunya wilayah persawahan yang dinobatkan sebagai nominasi menjadi World Heritage Site oleh UNESCO. Bagaimana tidak, sawah berundak berwarna hijau segar menjadi pemandangan utama. Bahkan undakan tersebut berjumlah puluhan, lho!

Jatiluwih [Image Source]
Jatiluwih [Image Source]
Tempat ini juga merpakan spot terbaik untuk melihat sunset yang indah, sehingga tak perlu jauh-jauh hingga ke pantai ya. Jadi, tunggu apalagi, yuk abadikan momen bersama di tempat paling instagram-able ini!

Menarik ya sawah berundak yang ada di Indonesia. Melihat sawah yang terbentang hijau tersebut, jadi tidak sabar ingin pergi ke lima wilayah itu dan berfoto di sana. Yuk, segera agendakan untuk mengunjungi tempat berunak di atas!

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Mengenal John Lie, Perwira Tinggi AL Keturunan Tionghoa yang Ditakuti Belanda

Para Suku Minoritas Unik yang Hampir Tak Pernah Terdengar Keberadaannya