in

Savji Dholakia, Bos Idaman yang Beri Ratusan Anak Buahnya Mobil dan Apartemen

Setiap perusahaan pasti memiliki program pemberian hadiah pada karyawan yang diketahui telah menunjukkan performa terbaik. Hal itu dilakukan semata-mata untuk menghargai kerja keras para pegawai berprestasinya serta memotivasi karyawan lain agar juga ikut memberikan kemampuan yang maksimal. Hadiah yang diberikan biasanya berupa tambahan gaji, kesempatan berlibur, dan semacamnya.

Tapi bagaimanakah perasaan kalian bila ternyata atasan di kantor memberi hadiah yang selama ini tidak pernah sama sekali dibayangkan seperti mobil bahkan rumah. Tentu sebagian kalian tidak percaya kalau ada perusahaan yang memberikan benefit semacam itu. Tapi memang itulah yang selama ini dilakukan oleh bos kenamaan India Savji Dholakia.

Savji Dholakia adalah bos perusahaan berlian

Bagi para penggemar perhiasan, nama Savji Dhanji Dholakia pasti sudah sangat familiar. Pria berusia 54 tahun ini adalah seorang pendiri sekaligus bos dari Hari Krisna Exports Pvt. Ltd., sebuah perusahaan berlian yang beroperasi di daerah Gujarat, India. Pria yang dikenal dengan nama Savji Kaka di lingkungan pengusaha perhiasan ini juga membuat lapak penjualan berlian miliknya di daerah Mumbai.

Bos berlian [image source]
Perusahaan milik ayah dari tiga orang anak ini bisa dibilang maju dengan pesat. Bagaimana tidak, sekarang produksi berliannya sudah di ekspor ke lebih dari 50 negara langsung dari Mumbai. Hari Krisna juga saat ini berafiliasi di negara-negara maju lainnya seperti Amerika, Belgia, Uni Emirat Arab, Hong Kong, dan juga Cina.

Bos berlian ini berhenti dari sekolah di usia 13 tahun

Tak ada yang mengira bahwa Savji Dholakia ternyata masuk ke dalam daftar orang sukses yang tak pernah menyelesaikan pendidikan formalnya. Sang bos awalnya dibesarkan dalam keluarga petani yang sederhana di Gujarat dan terpaksa harus berhenti sekolah di usia 13 tahun. Selepas itu dia mulai bekerja di perusahaan berlian milik sang paman, dan kemudian diikuti adik-adiknya.

Savji Dholakia [image source]
Setelah 10 tahun bekerja memoles berlian dengan sang paman, Savji memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri di tahun 1992 dengan nama Hari Krisna Exports. Beruntungnya Savji karena perusahaan bentukannya bisa mendulang kesuksesan selama bertahun-tahun dan mendapat beberapa penghargaan. Dan sekarang si anak yang hanya bersekolah sampai usia 13 tahun itu berhasil membuat perusahaannya masuk jajaran 5 besar perusahaan berlian terbaik di dunia.

Memberi hadiah mewah untuk karyawan

Savji Dholakia juga dikenal sebagai bos yang sangat dermawan pada anak buahnya. Bayangkan saja pada tahun 2014 lalu pria ini memberikan hadiah berupa perhiasan mewah, mobil, dan apartemen karena telah mencapai target penjualan tahunan perusahaan. Satu tahun kemudian lagi-lagi karyawan dengan performa terbaik dia berikan hadiah, dan kali ini dengan total yang lebih besar.

Mobil mewah [image source]
Di 2015 Dholakia membagikan mobil serta apartemen untuk 1268 orang karyawannya. Bisa dibayangkan berapa uang yang dikeluarkan untuk hadiah-hadiah tersebut serta berapa dolar yang sudah diperoleh perusahaan itu selama ini? Dan pembagian hadiah itu masih belum berhenti karena pada perayaan Dilwali tahun lalu sang bos membagikan 1200 mobil dan 400 apartemen pada kurang lebih 1700 pegawainya.

Savji sangat mengedepankan karyawan

Kebiasaannya memberi hadiah pada karyawan terbaik ternyata sudah dilakukan sejak perusahaannya pertama kali berdiri. Bedanya bila sekarang hadiah yang diberikan terkesan sangat banyak, dan dulu benar benar orang tertentu saja yang menerima dan totalnya pun tak sampai 10 orang. Savji mengaku melakukan hal ini untuk semakin menambah semangat para pekerjanya agar target yang diberikan senantiasa tercapai.

Pemberian hadiah [image source]
Selain itu, Savji Dholakia juga memiliki prinsip bahwa bila kita berhasil membuat karyawan bahagia, maka Tuhan akan senantiasa memberikan kebahagiaan untuk kita juga. Pria asal Gujarat ini juga mengemukakan bahwa selama ini perusahaannya sudah melakukan ekspor senilai ratusan juta dolar di puluhan negara di dunia, namun bagaimanapun juga hal itu tidak mungkin bisa terwujud tanpa kerja keras pegawainya.

Savji Dhanji Dholakia memang berhasil menjadi sosok bos yang sangat mengedepankan kenyamanan para karyawannya. Itulah mengapa dia tak segan akan memberikan imbalan yang bernilai untuk mereka. Hal yang dia lakukan dalam tiga tahun ini sudah berhasil membuatnya diberikan gelar sebagai pemimpin paling dermawan, dan kira-kira hadiah apa lagi yang akan diberikan sang bos besar pada anak buahnya di akhir tahun ini ya?

Written by Faradina

Leave a Reply

Inilah Makanan Wajib Tentara di Dunia, Punya Indonesia Bikin Ngiler Loh

5 Fasilitas Militer Terbengkalai dengan Luas yang Bikin Geleng-geleng