in

VAT-69, Satuan Malaysia Paling Rahasia dengan Kemampuan Tiada Tara

Tujuan VAT-69 dibentuk [Image Source]

Soal militer, Malaysia bukanlah siapa-siapa. Alasannya apalagi kalau bukan peringkat angkatan perang mereka yang cukup terjerembab dan terpaut begitu jauh dengan Indonesia. Namun, meskipun demikian, adalah kesalahan besar kalau kita memandang remeh militer negeri tetangga ini. Pasalnya, diam-diam mereka menyimpan satu kekuatan yang digadang sangat hebat bahkan di level dunia.

Ya, kekuatan rahasia yang dimaksud ini adalah VAT-69, satuan super elit Malaysia yang kemampuannya sangat oke, bahkan jika diadu dengan tentara elit kita. Tentu ada alasannya kenapa sampai seperti itu. Beberapa di antaranya misalkan pengalaman mereka yang sungguh luar biasa, lalu rutinitas latihan bak neraka, sampai supply senjata mahal mematikan. Tak hanya itu, mereka ini juga merupakan bentukan SAS Inggris yang kamu tahu merupakan salah satu satuan elit paling disegani di dunia.

Pasukan ini punya sejarah yang sangat panjang, termasuk salah satunya adalah soal awal pembentukannya yang bertujuan untuk menghadang Komunisme di negeri jiran, atau tentang perseteruan mereka dengan pasukan elit kita. Lebih jauh tentang si pasukan elit Malaysia ini, berikut adalah beberapa fakta tentang VAT-69.

VAT-69 Adalah Salah Satu Satuan Elit Tertua Malaysia

Sama sekali bukan guyon ketika dibilang VAT-69 ini begitu sarat pengalaman. Pasalnya, kalau kita melihat sejarah pembentukannya, satuan ini memang berumur begitu tua. Menurut data yang ada, VAT-69 dibentuk pada tahun 1969 dan jadi satuan elit paling uzur dari semua angkatan bersenjata di Malaysia.

Pasukan tertua Malaysia [Image Source]
VAT-69 mungkin terkesan seperti pasukan elit dari ketentaraan, namun sebenarnya mereka adalah cabang dari kepolisian. Kalau di Indonesia mungkin seperti Brimob dengan kemampuan paramiliter. Meskipun tidak murni tentara, namun jangan tanya soal kemampuan dan kualitas. Kalau diadu, pasukan satu ini sungguh bisa memberikan perlawanan sengit yang menakutkan.

Dibentuk untuk Memberangus Komunis di Negeri Jiran

VAT-69 tidak dibentuk tanpa tujuan. Ya, ada semacam urgensi khusus sehingga dibangunlah pasukan ini oleh pemerintahan Malaysia. Tujuannya utama dibikin VAT-69 tak lain adalah memerangi komunisme di sana. Kasusnya hampir mirip dengan Indonesia di mana gerakan komunis di sana sudah mulai mengancam stabilitas pemerintahan.

Tujuan VAT-69 dibentuk [Image Source]
Lalu untuk mencegah hal-hal buruk terjadi macam kudeta dan semacamnya, kemudian dibentuklah VAT-69 untuk mengantisipasi. Dibantu dan dibimbing oleh SAS Inggris, kemudian pasukan ini pun lahir. Pada proses perekrutannya, VAT-69 dipilih dari mereka yang sudah ahli. Awalnya hanya terkumpul 30 orang saja. Namun karena semuanya sangat hebat dan terlatih, maka gerakan komunis di sana bisa disikat habis dengan lumayan gampang.

Kemampuan Hebat VAT-69

Secara umum, para anggota VAT-69 memiliki tiga kualifikasi, yakni Task Force, Charlie Force, serta Tim Tugas Khusus. Gampangnya, mereka ini memiliki semua keahlian SWAT dan SEAL yang kurang lebih sama seperti kemampuan Tri Matra-nya TNI. Jadi, bisa dikatakan jika VAT-69 ini pasukan yang lengkap karena ahli di semua ranah, situasi, dan apa pun itu.

Kemampuan hebat VAT-69 [Image Source]
Sama seperti pasukan elit pada umumnya, VAT-69 pun memiliki anggota-anggota yang mempunyai kemampuan khusus. Mulai dari ahli tembak jarak jauh alias sniper, spesialis raid alias serbu, ahli sandi dan kode, medis, komunikasi, dan juga demilition alias penghancuran. Tidak sampai situ, kemampuan hebat itu masih ditambah dengan peralatan perang canggih yang mematikan.

Jadi Tandingan Pasukan Elit Indonesia di Konflik Kalimantan

Seperti yang kamu tahu, Indonesia pernah satu kali berhadapan secara militer dengan Malaysia. Momennya adalah ketika Bung Karno merasa terhina oleh si Jiran kemudian memutuskan untuk angkat senjata melawan Malaysia. Saat itu, Malaysia dibantu oleh berbagai pasukan, termasuk SAS, Gurkha, dan tentara-tentara India bikinan Inggris.

Diduga pernah melawan pasukan elit Indonesia [Image Source]
Ketika itu kita menurunkan para pasukan elit yang sukses bikin Gurkha dan yang lain terkencing-kencing. Sayangnya, Malaysia ketika itu tak juga takluk. Alasannya tak lain karena di sisi mereka berdiri para anggota VAT-69 yang berkemampuan sama. Cerita ini agak disangsikan sebenarnya, namun diduga kuat memang benar terjadi.

Latihan-Latihan Neraka ala VAT-69

Alasan kenapa VAT-69 begitu kuat tak lain karena para anggotanya adalah personel-personel yang diseleksi ketat. Namun, sebenarnya tak hanya itu. Ya, latihan-latihan bak neraka yang mereka punya juga ikut andil membentuk VAT-69 menjadi pasukan yang sangat mematikan. Lalu seperti apa sih latihan berat mereka?

Latihan hebat VAT-69 [Image Source]
Secara umum latihan para anggota VAT-69 ini tak ada bedanya dari pasukan elit pada umumnya. Hanya saja, menu trainingnya lebih kompleks dengan intensitas yang agak tinggi. Dan tak hanya itu, mereka pun dituntut untuk melakukan latihan-latihan mandiri sehingga membuatnya semakin mumpuni.

Malaysia mungkin ecek-ecek ya soal militer, tapi bukan berarti kita boleh menganggapnya remeh. Siapa sangka di balik peringkat mereka yang jauh dari kita, si negeri Jiran ini memiliki VAT-69 yang super duper mematikan itu. Namun, meskipun mereka sangat ahli, tentu kita tak perlu terlalu segan atau bagaimana karena Indonesia punya tandingannya. Ya, kita punya Satbravo, Kopassus, atau si mematikan Denjaka.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Republik Lanfang, Negara Kecil Milik Tiongkok yang Pernah Berdiri di Tanah Borneo

Pertempuran Lima Hari Semarang, Saat Jepang Terbirit-birit Diterjang Amukan Pejuang Indonesia