Ngakak, Satpam Tegas nan Gahar Ini Nangis Jejeritan Kayak Bocah Ketika Disuntik Oleh Dokter

Tampang boleh sangar, tapi lihat jarum suntik reaksinya ini lho?

oleh Aini Boom
07:00 AM on May 29, 2017

Setiap orang pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seberapa hebat dan sempurnanya manusia, akan ada saja cela di dalam dirinya, entah hal itu diketahui atau tidak oleh orang lain. Pun kelebihan dan kekurangan juga dimiliki Eja. Seorang satuan pengaman (satpam) dengan badan tegak, berisi dan muka sangar. Sekilas melihat Eja dan baju putih dan celana biru, nampak aura tegas dan sikap sigap.

Namun ternyata di balik muka sangar dan fisik kuat yang terlihat, Eja punya sisi lain yang tak banyak diketahui orang. Gara-gara sebuah video yang tersebar di dunia maya, Eja kini tengah menjadi sosok yang hangat diperbincangkan di sosial media. Ini lantaran video yang memperlihatkan reaksi Eja pada jarum suntik, sungguh sangat bertolak belakang dengan postur tubuhnya yang terlihat kuat tak takut apapun.

Baca Juga
Kisah Murid Madrasah Cerdas yang Viral Gara-Gara Berkeluh Kesah pada Pak Jokowi
5 Kelakuan Bocah Pamer Kenakalan di Medsos Agar Tenar Ini Berhasil Buat Netizen Geram

Eja Fobia Jarum Suntik

Jarum suntik [image: source]
Lantaran bentuknya yang lancip dan tajam, dari 100 orang, lebih dari 10 merasa ketakutan pada jarum suntik. Maka orang-orang ini, sesaat sebelum menjalani serangkaian perawatan yang melibatkan suntikan, mereka akan panik dan ketakutan. Hal itulah yang juga dialami Eja, sosok satpam berbadan kekar itu tak lagi memperlihatkan wajah sangar. Saat petugas menyiapkan peralatan suntik, Eja mulai menunjukkan mimik ketakutan. Ternyata, lelaki ini menderita fobia jarum atau trypanophobia.

Kepanikan Eja Saat Petugas Akan Mulai Menyuntik

Eja saat disuntik [image: source]
Dalam video berdurasi 1 menit 6 detik, terlihat sosok satpam yang biasa disapa Eja duduk di sebuah bangku biru. Petugas yang akan menyuntik mulai menarik pelan-pelan tangan Eja. Namun Eja nampaknya mulai menampakkan gerak-gerik bahasa tubuh yang tak biasa. Telapak tangannya menengadah, dan Eja memegangi tubuh pria berbaju batik. Terdengar suara orang bekata, “Diem, diem, tidur, tidur, jangan napas, jangan gerak, santaiii”. Kata-kata tersebut menenangan Eja sementara petugas menyiapkan segala sesuatu.

Respon Eja Saat Disuntik Membuat Seisi Ruangan Heboh

Dalam video yang dishare oleh akun Facebook Masyarakat Pecinta Bogor, terlihat Eja berteriak-teriak dengan nyaring dan melengking saat jarum ditusukkan di kulitnya. Melihat pria kekar bertampang sangar itu berteriak-teriak, orang-orang di dalam ruangan pun sempat tak percaya dengan apa yang mereka lihat. Mereka pun menertawakan Eja yang tengah membuka mulutnya lebar-lebar sambil meringis berteriak.

Kondisi yang Membuat Seseorang Mengalami Fobia Jarum

Ketakutan pada jarum suntik seperti yang dialami Eja, umumnya terjadi jika sebelumnya pernah merasakan serangkaian tindakan suntikan yang lama kelamaan memicu timbulnya rasa takut terhadap jarum suntik. Selain itu, beberapa anak kecil yang dipegang dan dipaksa suntik kadang menimbulkan trauma hingga mereka dewasa. Kondisi lain yang dapat memicu keadaan ini adalah karena pengaruh orang lain. Ketakutan ini akan menimbulkan reaksi fisik berlebihan, penyebab utamanya adalah dari pikiran negatif yang terlebih dahulu muncul.

Ilustrasi fobia jarum suntik [image: source]
Cara mengatasi ketakutan pada jarum suntik bisa dilakukan dengan memberikan dukungan bagi penderita. Niat untuk sembuh juga menjadi hal penting yang harus dimiliki penderita ketakutan ini. Proses penyembuhan bisa dilakukan dengan cara memperlihatkan jarum suntik dari waktu tertentu, untuk kemudian diberikan rentang lebih lama hingga akhirnya diminta memegang jarum. Selain itu penderita juga diminta memikirkan jarum untuk kemudian menulis cerita tentang benda itu. Terakhir, penderita diminta melihat orang lain (bukan penderita ketakutan) saat disuntik. Lama kelamaan, fobia ini akan berkurang dan menghilang.

Setiap orang selalu punya kelemahannya sendiri yang kadang sangat nggak terduga. Seperti Pak Eja ini, beliau dikenal sebagai satpam yang luar biasa tegas, tapi langsung nangis bak bocah ketika berhadapan dengan jarum suntik. Tapi, memang serem sih benda satu ini. Sensasi masuk ke dalam kulit itu lho, nyeri-nyeri gimana gitu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA