Sarwo Handayani Menjadi Kandidat Kuat Wakil Gubernur Jakarta

oleh didi
09:47 AM on Dec 1, 2014

Sarwo Handayani menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta sepertinya tinggal menunggu waktu. Pasalnya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sudah bertekad bulat untuk memilih Sarwo Handayani sebagai Wakil Gubernur DKI. Ahok mengaku telah menyampaikam nama mantan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup itu kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Namun, Ahok mengakui belum memperoleh jawaban dari Megawati yang tidak banyak berkomentar saat melontarkan nama Sarwo Handayani. Putri proklamator RI itu, beberapa saat diam sambil menyunggingkan senyum kecil.

Baca Juga
4 Bangunan Bersejarah Umat Manusia yang Hancur Gara-Gara Keangkuhan ISIS
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap

Sarwo Handayani
Sarwo Handayani

“Saya sih sudah berkali-kali ngomong dan mengajukan Bu Sarwo Handayani yang lebih cepat kerjanya dan sudah ngerti. Tanggapan beliau  sih senyum-senyum saja, enggak tahu aku apa maksudnya,” ujar Ahok  pada Raker Forum Kerja Sama Daerah MPU XIV di Hotel Borobudur, Kamis (27/11).

Sementara itu, PDIP sudah menunjuk Boy Sadikin untuk diusulkan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Harapan Ahok memiliki wakil gubernur non partai terancam tidak terwujud. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang menyatakan PDIP yang berhak mengajukan nama wakil gubernur. Walau pelantikan Ahok menggunakan dasar hukum Perpu Nomor 1 tahun 2014.

Mantan Bupati Belitung Timur itu sendiri sebenarnya sudah mengetahui bahwa Megawati merestui Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta, Boy Bernadi Sadikin, menjadi calon wakil gubernur. “Itu kan restu partai. Ya boleh saja merestui. Tapi kan untuk memilih wakil gubernur sesuai dengan Perpu itu haknya gubernur,” jelas Ahok.

Sarwo Handayani merupakan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Sarwo Handayani sendiri kini menjabat sebagai Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI. Mantan Bupati Belitung itu menilai Yani memiliki banyak pengalaman menata Ibu Kota. Terlebih, Yani sudah lebih dari 20 tahun bekerja di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lantas, nantinya siapa yang akan menjadi wakil gubernur DKI Jakarta selajutnya? Menurut Anda siapa yang lebih pantas menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Ahok saat ini?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA