Misteri Pengobatan Tulang Ala Sangkal Putung yang Ajaib dan Sakti

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 27, 2016

Pengobatan alternatif bukan ada belakangan melainkan sejak dulu sekali. Bahkan sebelum ada dokter-dokter, masyarakat sangat mempercayakan kesehatannya kepada tabib atau dukun yang notabene sangat tradisional cara mengobatinya. Dan pengobatan alternatif sekarang ini kurang lebih memakai teknik yang serupa.

Ada berbagai macam pengobatan alternatif yang dikenal masyarakat Indonesia. Dan salah satu yang paling terkenal dan mujarab adalah Sangkal Putung. Jadi, Sangkal Putung ini adalah semacam teknik pengobatan tulang yang dipercaya sakti. Tak hanya sanggup menyembuhkan tulang yang dislokasi, bahkan yang putus tus pun bisa disambung lagi.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Memandang kesaktian yang luar biasa dari Sangkal Putung ini, maka tak heran kalau kemudian banyak orang yang memilihnya sebagai solusi utama dari berbagai problem soal tulang. Lebih jauh soal teknik pengobatan sakti itu, berikut hal-hal yang mungkin kamu belum tahu soal Sangkal Putung.

Pengobatan Sakti Sangkal Putung

Ada banyak alasan kenapa masyarakat lebih mendahulukan Sangkal Putung daripada dokter ortopedi. Salah satunya adalah keyakinan kalau Sangkal Putung akan memberikan hasil yang lebih cepat, meskipun dalam prosesnya banyak yang bilang sangat menyakitkan.

Kesaktian Sangkal Putung [Image Source]
Kesaktian Sangkal Putung [Image Source]
Jika lewat cara biasa dan umum seseorang yang patah tulangnya akan sembuh berbulan-bulan, dengan Sangkal Putung waktu sembuhnya bisa lebih cepat. Entah, kenapa bisa begini. Namun diyakini hal tersebut karena pijatan, ramuan, serta doa-doa yang dipanjatkan oleh si tabib selama masa pengobatan.

Ilmu Sangkal Putung Tidak Sembarangan

Tidak seperti ortopedi atau ilmu tulang, Sangkal Putung bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dengan mudah. Bahkan ada yang bilang kalau Sangkal Putung merupakan ilmu turunan yang hanya dikuasai oleh orang-orang tertentu. Dan dari semua tabib Sangkal Putung, rata-rata mereka mendapatkan ilmu ini lewat jalan turunan itu tadi.

Ilmu Sangkal Putung tidak sembarangan [Image Source]
Ilmu Sangkal Putung tidak sembarangan [Image Source]
Ilmu turunan ini maksudnya adalah yang diturunkan dari generasi ke generasi. Mulai dari buyut, kakek, orangtua kemudian diri sendiri. Biasanya ilmu turunan ini juga hanya dikuasai oleh satu orang keturunan saja. Uniknya, beberapa tabib mengaku mendapatkan ilmu turunan ini lewat jalan mimpi.

Syarat Mempelajari Ilmu Sangkal Putung

Meskipun bukan sesuatu yang mudah untuk dipelajari, namun bukan berarti ilmu Sangkal Putung tak bisa sama sekali untuk dikuasai. Ada yang mengatakan kalau ilmu ini bisa ditekuni oleh siapa pun. Namun untuk itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama harus ada gurunya dan kedua mau melakukan syarat-syarat tertentu.

Syarat mempelajari ilmu Sangkal Putung [Image Source]
Syarat mempelajari ilmu Sangkal Putung [Image Source]
Untuk syarat tertentunya ada berbagai macam jenis. Beberapa di antaranya adalah puasa selama 15 hari, membaca mantera-mantera, serta memberi makan orang-orang miskin. Ilmu dari guru serta dibantu dengan syarat-syarat tadi dipercaya akan membuat seseorang jadi ahli tulang alias Sangkal Putung.

Kontroversi Sangkal Putung

Di satu sisi Sangkal Putung dianggap sebagai metode pengobatan ajaib yang laris, tapi di sisi lain banyak orang yang meragukan teknik medis alternatif ini. Alasan ragunya sendiri banyak, salah satunya adalah soal si tabibnya sendiri. Tanpa kualifikasi, seseorang bisa menjadi ahli Sangkal Putung hanya berdasarkan mimpi. Tak heran kalau banyak orang kemudian meragukan kemampuan si tabib Sangkal Putung.

Kontroversi Sangkal Putung [Image Source]
Kontroversi Sangkal Putung [Image Source]
Selain itu, banyak juga kasus malapraktik yang terjadi dalam proses penyembuhan melalui Sangkal Putung ini. Alih-alih makin membaik, yang terjadi justru sebaliknya. Mulai dari tulang dislokasi, sampai urat-urat yang jadi kejepit setelah dipijat.

Banyak Dokter yang Tidak Menyarankan Sangkal Putung

Para dokter sama sekali tidak melarang masyarakat untuk pergi ke Sangkal Putung ketika terjadi masalah tulang. Namun, mereka juga tidak menyarankan untuk menjadikan Sangkal Putung ini sebagai prioritas. Alasannya sendiri banyak, salah satunya adalah soal diagnosa dan keilmuan.

Dokter tidak menyarankan Sangkal Putung [Image Source]
Dokter tidak menyarankan Sangkal Putung [Image Source]
Dokter bagaimana pun lebih tahu soal dua hal itu dibanding para tabib Sangkal Putung. Diagnosa, dokter lebih tahu karena mereka bisa melihatnya dari foto rontgen. Soal penanganan, dokter pun lebih jago karena punya ilmunya. Namun, pertimbangan antara memilih dokter atau Sangkal Putung sepenuhnya berada di tangan pasien.

Sangkal Putung hari ini masih sangat laris dan dipercaya sebagai alternatif utama untuk masalah tulang. Selain biayanya lebih terjangkau, Sangkal Putung diyakini bisa memberikan kesembuhan jauh lebih cepat. Antara percaya dan tidak sih, tapi begitulah yang diyakini masyarakat soal teknik pengobatan alternatif ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA