Sangarnya Sukhoi T-50 yang Bikin Amerika Ketar-Ketir, Indonesia Harus Punya!

oleh Rizal
09:57 AM on Sep 5, 2016

Kalau ditanya soal pesawat tempur paling mematikan saat ini, rata-rata orang pasti akan menyebut nama F-35. Selama ini si pesawat super Amerika itu memang digembar-gemborkan sangat dahsyat. Entah karena kemampuan manuvernya yang seperti superman, cepat dan melesat, sampai soal teknologi vertical take off-nya yang bikin mata terbelalak. Amerika boleh bangga dengan pesawat terbarunya itu, tapi mereka rupanya terlalu terlena dan melupakan Rusia si saingan berat.

Ketika publik begitu terbengong-bengong dengan kehebatan F-35, Rusia diam-diam menyiapkan kejutan dengan membuat pesawat tempur terbaru generasi kelima mereka. Namanya adalah Sukhoi T-50. Pesawat yang masih prototype ini digadang memiliki kemampuan yang juga luar biasa. T-50 sudah beberapa kali dicoba dan hasilnya sungguh mengagumkan. Bahkan para pakar pun sepakat kalau pesawat ini bakal jadi saingan berat F-35, bahkan mungkin bisa dibilang sebagai pembunuh si pesawat tempur kebanggaan Amerika tersebut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Pesawat ini sudah melewati tahap uji coba dan akan memasuki fase produksi massal. Amerika sepertinya harus bersiap-siap nih, karena mungkin sebentar lagi popularitas F-35 bakal dilahap habis oleh T-50.

Spesifikasi Sukhoi T-50 Lebih Gahar

Sebenarnya pihak Sukhoi belum merilis spesifikasi resmi dari pesawat satu ini. Tapi, secara tersirat kita bisa meraba-rabanya lewat ungkapan Direktur Pusat Lingkungan Strategis Rusia, Ivan Konovalov. Ivan mengatakan jika T-50 ini secara teknis spesifikasinya berada beberapa level lebih tinggi dari F-22 bahkan F-35. Spesifikasi ini menyeluruh mulai dari mesin, teknologi dan sebagainya.

Spesifikasi lebih mumpuni [Image Source]
Spesifikasi lebih mumpuni [Image Source]
Tak hanya Ivan, mantan intelijen Angkatan Udara AS juga mengatakan hal serupa. Ia mengatakan kalau T-50 atau yang disebut juga dengan PAK-FA ini memiliki desain dan spesifikasi yang lebih unggul daripada pesawat tempur generasi kelima AS. Dari dua pernyataan ini, kita bisa simpulkan sendiri kalau T-50 sepertinya lebih gahar daripada si F-35.

Kemampuan Manuver Mematikan T-50

Desain T-50 tidak dibangun setahun atau dua tahun, melainkan sangat lama. Tujuannya adalah untuk menciptakan satu pesawat yang benar-benar handal, terutama soal manuver. Kabar baiknya, T-50 sepertinya memenuhi harapan tersebut. Berulang kali dicoba, T-50 selalu memberikan hasil yang benar-benar memukau.

Kemampuan manuver T-50 [Image Source]
Kemampuan manuver T-50 [Image Source]
T-50 nantinya dipercaya bakal sanggup melakukan misi apa pun. Entah menyerang cepat, patroli dengan jarak yang begitu jauh, atau pun pengintaian. Intinya, pesawat ini mampu untuk memecahkan segala masalah teknis untuk misi apa pun. Ini juga bakal jadi pukulan yang cukup berat bagi Amerika dan pabrikan Lockheed Martin.

Teknologi Robotik T-50

Tak hanya soal manuver saja nih, T-50 juga diperkirakan bakal dijejali dengan banyak teknologi canggih. Salah satunya adalah sistem cerdas. Sistem cerdas ini bertugas untuk melakukan analisa semua aspek, entah itu lokasi, kecepatan, radar, memilih rudal, dan termasuk juga urusan mengendalikan pesawat.

Sematan teknologi robotik [Image Source]
Sematan teknologi robotik [Image Source]
Jadi, pilot nantinya hanya akan berperan sebagai pengambil keputusan saja. Sedangkan sisanya bakal diurusi oleh si sistem cerdas. Ke depannya, T-50 mungkin juga bisa dioperasikan sebagai pesawat tanpa awak yang dikendalikan oleh si sistem cerdas tadi. Wih, makin sangar!

India Jadi Negara Kedua Pemilik T-50

Proyek T-50 memang diprakarsai oleh Rusia, tapi ternyata juga melibatkan India. Entah bagaimana mekanisme kerja samanya, yang jelas India ikut andil besar dalam proyek ini. Lalu sebagai negara yang terlibat aktif dalam kerja sama ini, maka India dijanjikan bakal mendapatkan 50 T-50 pertama dari proyek ini.

India bakal jadi pemilik kedua [Image Source]
India bakal jadi pemilik kedua [Image Source]
Bergabungnya T-50 di skuadron udara India tentu bakal membuat negara Bollywood itu makin menggila lagi. Dan kabarnya lagi, India juga bakal mendapatkan 50 lagi T-50 di beberapa tahun setelah T-50 yang pertama. Dengan 100 buah Sukhoi terbaru, India tentu bakal jadi kekuatan baru di Asia.

Harga Tidak Semahal F-35

Meskipun ini proyek gabungan dengan India, namun di masa depan nanti Sukhoi bakal tetap menjual T-50 seperti pesawat-pesawat buatan mereka sebelumnya. Diperkirakan mereka hanya akan memproduksi 1.000 T-50 saja. Soal harga, jet tempur ini takkan dijual dengan harga yang sangat mahal. Setidaknya tak akan semahal F-35.

Harganya tidak semahal F-35 [Image Source]
Harganya tidak semahal F-35 [Image Source]
Kabar suksesnya T-50 sendiri membuat beberapa negara menjatuhkan pilihannya kepada pesawat ini. Salah satunya adalah Vietnam yang katanya sudah ngebet ingin cepat-cepat memiliki pesawat ini. Indonesia sepertinya tidak masalah juga tuh untuk melakukan hal yang sama seperti Vietnam.

T-50 masih belum dirilis secara resmi, namun sepertinya hanya tinggal tunggu waktu saja. Rilisnya T-50 kemungkinan besar bakal bikin Amerika kelojotan. Alasan utama jelas karena T-50 bakal bikin pamor F-35 meredup seketika karena kalah saing. Oh iya, Indonesia sebaiknya juga patut mempertimbangkan untuk membeli pesawat ini. Kehandalan T-50 pasti bisa bikin Indonesia makin trengginas lagi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA