Seperti Ini Sangarnya Militer Vietnam, Saingan Terhebat Indonesia di Asia Tenggara

oleh Rizal
09:18 AM on Sep 14, 2016

Berbicara soal militer di Asia Tenggara, kita boleh sangat bangga karena Indonesia lah yang jadi jawaranya. Ini bukan omong kosong lho karena sesuai dengan fakta dan data. Kalau kamu lihat di Global Fire Power, di sana bakal nampak Indonesia yang bercokol di peringkat 14 dunia. Sedangkan negara-negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia atau Singapura, hanya berada di urutan 34 dan 64 dunia.

Indonesia memang jawara di Asia Tenggara, tapi bukan berarti nggak punya saingan sama sekali. Vietnam, negara satu ini diam-diam ternyata mulai menyusul Indonesia. Alasannya apalagi kalau bukan karena peringkat mereka yang ternyata nggak terpaut begitu jauh dengan Indonesia yakni berada di posisi 17 dunia. Nggak hanya peringkat saja sih, pelan tapi pasti negara satu ini juga melakukan banyak pembenahan militer yang cukup drastis. Indonesia sudah selayaknya untuk waspada.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Vietnam hari ini mungkin hanya menempati peringkat 17, tapi diprediksi kalau mereka bakal meroket di beberapa tahun ke depan dan sangat mungkin menyaingi Indonesia. Lebih dalam soal militer si negeri berbendera bintang, berikut adalah fakta-fakta angkatan bersenjata Vietnam yang mungkin nggak banyak yang tahu.

Vietnam Punya Tentara Sebanyak Indonesia

Indonesia adalah negara dengan jumlah tentara terbanyak di Asia Tenggara. Global Fire Power mencatat kalau negara kita ini memiliki sekitar 476 ribu tentara aktif. Jumlah ini begitu mentereng kalau dibandingkan dengan Malaysia atau Singapura. Tapi, jika dengan Vietnam, jumlah ini bisa dibilang tak terlalu besar.

Potret tentara Vietnam [Image Source]
Potret tentara Vietnam [Image Source]
Ya, saat ini mereka memiliki 415 ribu tentara aktif. Selisihnya tak sampai 100 ribu dengan kita, itu artinya mereka bisa dibilang seimbang. Soal tentara bagaimana pun Indonesia tetaplah unggul melawan Vietnam. Tak hanya soal jumlah saja sih, tapi juga kualitas. Di dunia, tentara Indonesia lebih dikenal kegaharannya dari pada Vietnam.

Alutsista Darat Indonesia Nggak Ada Apa-Apanya

Kita boleh unggul jumlah tentara, tapi soal alutsista ternyata Indonesia bisa dibilang kalah telak dengan negara satu ini. Di ranah darat, jumlah alutsista Indonesia dilewati dengan selisih yang begitu besar. Misalnya saja tank, Indonesia tercatat hanya memiliki 468 buah saja, sedangkan Vietnam menggilas kita dengan 1.470 buah tank. Selisihnya hampir seribu buah.

Vietnam lebih punya banyak tank [Image Source]
Vietnam lebih punya banyak tank [Image Source]
Tak hanya tank saja, jumlah kendaraan tempur militer mereka juga luar biasa banyak. Totalnya mencapai 3.150 buah, sedangkan Indonesia hanya memiliki 1.089 saja. Soal tank dan kendaraan tempur militer, jelas Indonesia bisa mendatangkan lebih banyak lagi, tapi dengan selisih sebanyak itu, nampaknya cukup sulit bagi kita untuk mengejar persamaan.

Kekuatan Udara Vietnam yang Sangat Memukau

Tak hanya alutsista darat, kita juga sepertinya kalah cukup telak di ranah udara. Diketahui Vietnam ternyata memiliki lebih banyak alutsista udara dibanding Indonesia, khususnya untuk armada tempur. Menurut data, Vietnam saat ini memiliki sekitar 73 pesawat penyerang, sedangkan Indonesia hanya 58 buah juga. Helikopter tempur juga, mereka memiliki 25 buah, dan Indonesia hanya 5 saja.

Sangarnya kekuatan udara Vietnam [Image Source]
Sangarnya kekuatan udara Vietnam [Image Source]
Kekuatan udara Vietnam sendiri digadang-gadang bakal naik makin drastis. Hal tersebut tak lain karena mereka sudah memesan Sukhoi T-50 yang saat ini masih dalam proses produksi. Kalau jet-jet T-50 sudah ada di tangan mereka, kita makin nggak ada apa-apanya.

Sangarnya Kekuatan Kelautan Vietnam

Tak hanya di darat dan udara, nyatanya Indonesia pun kalah dengan Vietnam di ranah kelautan yang harusnya kita lebih jago. Ya, hal ini bisa dilihat dari jumlah alutsista laut mereka yang lebih banyak dari Indonesia.

Kekuatan laut Vietnam sangat gahar [Image Source]
Kekuatan laut Vietnam sangat gahar [Image Source]
Dari data yang ada, Vietnam hari ini memiliki 11 Corvete, sedangkan Indonesia hanya 10 buah saja. Lalu Frigates mereka punya 7 buah sedangkan kita hanya 6 saja. Dan yang paling telak adalah kapal selam, Indonesia hanya punya dua buah saja sedangkan mereka punya 7.

Mental Perang Vietnam Luar Biasa

Soal mental bertarung, sepertinya kita harus mengakui kalau mereka lebih memilikinya daripada Indonesia. Vietnam mungkin tak berperang sebanyak kita, tapi mereka pernah melawan salah satu negara adidaya dan berhasil menang. Ya, ini adalah tentang pergolakan mereka melawan Amerika di tahun 1957 dan 1975.

Vietnam pernah menang lawan Amerika [Image Source]
Vietnam pernah menang lawan Amerika [Image Source]
Amerika adalah negara pemenang Perang Dunia dan merupakan pemilik kekuatan militer terkuat di muka Bumi, tapi Vietnam berhasil mengalahkan mereka dengan sangat menyakitkan. Meskipun kemenangan ini sudah berlalu begitu lama, Vietnam jelas masih memiliki semangat para pejuang mereka terdahulu itu.

Setelah mengetahui ini, sudah seharusnya Indonesia berhati-hati. Mungkin sekarang kita unggul, tapi siapa yang tahu 5-10 tahun lagi? Bisa-bisa Vietnam mendahului Indonesia dan jadi negara terkuat se-Asia Tenggara. Indonesia juga harus berbenah nih, bukan hanya untuk pamor saja tapi agar kualitas militernya makin bagus.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA