5 Samurai Jepang Paling Sangar Dengan Keahlian Pedang yang Sangat Mematikan

oleh Rizal
07:00 AM on May 29, 2016

Jika ada yang paling dikenal orang dari Jepang, hal tersebut jelas adalah samurai. Baju zirah super elegan, Katana yang berkilat-kilat, sampai lihainya mereka mengayun-ayunkan pedangnya, hal tersebut selalu membuat banyak orang terkagum-kagum. Samurai sendiri bagi Jepang bukan hanya sekedar simbol dan identitas, mereka adalah pencetak sejarah.

Para samurai memegang peranan penting dalam sejarah Jepang. Mereka lah pelaku sejarah yang mengiringi setiap perubahan Jepang dari zaman ke zaman. Para samurai memang sangat hebat, tapi tak semua benar-benar sangar dan berpengaruh. Tercatat, hanya beberapa gelintir samurai saja yang tak hanya dikenal karena kemampuan pedangnya yang gila, tapi juga punya pengaruh luar biasa bagi Jepang.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Berikut adalah para samurai kebanggaan Jepang. Mereka merupakan yang terhebat dari yang paling gila. Tak hanya itu, mereka juga punya pengaruh yang amat besar. Simak ulasannya berikut.

1. Oda Nobunaga, Samurai di Balik Bersatunya Jepang

Sebelum seperti sekarang Jepang adalah sebuah wilayah yang terpecah satu sama lain dan dikuasi oleh klan-klan. Lalu kemudian, muncul lah seorang pria bernama Oda Nobunaga yang sangat berambisi untuk menyatukan semua daerah lalu menguasainya. Cita-cita ini perlahan berhasil lantaran kemampuan Nobunaga yang gila.

Oda Nobunaga [Image Source]
Oda Nobunaga [Image Source]
Sejak muda Nobunaga sudah terbiasa hidup dengan tata cara militer, sehingga ini membentuknya menjadi pria yang luar biasa. Tak hanya itu, ia juga pria yang cerdas soal taktik. Salah satunya dengan membawahi banyak prajurit samurai edan seperti Akechi Mitsuhide dan Toyotomi Hideyoshi. Pada akhirnya Jepang berhasil disatukannya, sayangnya Nobunaga mati dengan cara yang tidak menyenangkan.

2. Toyotomi Hideyoshi, Bawahan Nobunaga yang Paling Gila

Nobunaga punya beberapa anak buah yang loyal dan memiliki kemampuan hebat. Salah satunya adalah Toyotomi Hideyoshi. Bersama Nobunaga pria satu ini melakukan banyak penaklukkan hingga akhirnya seluruh Jepang berhasil dikuasai. Peran Hideyoshi sangat besar dalam upaya ini, dan namanya makin dikenal tatkala sang pimpinan tewas.

Toyotomi Hideyoshi [Image Source]
Toyotomi Hideyoshi [Image Source]
Nobunaga mati Hideyoshi pun memimpin. Sama seperti sang pimpinan, Hideyoshi ini ternyata ambisius luar biasa. Jepang sudah ditaklukkan, ia menginginkan Tiongkok dan Korea. Sayangnya, usaha untuk menguasai dua negara tersebut tak pernah berhasil sampai ia mati. Tak hanya nama besar, Hideyoshi meninggalkan berbagai warisan mulai mengenyahkan sistem perbudakan sampai tradisi minum teh.

3. Tokugawa Ieyasu, Samurai Hebat Pencetak Sejarah

Hideyoshi memiliki anak angkat yang ternyata juga tak kalah hebat bernama Tokugawa Ieyasu. Bersama dengan Hideyoshi, Ieyasu meraih kejayaannya. Tapi puncaknya adalah ketika sang ayah angkat mati. Ieyasu harus berjuang keras menghadapi segala ancaman yang bertujuan merobohkan Jepang yang sudah bersatu.

Tokugawa Ieyasu [Image Source]
Tokugawa Ieyasu [Image Source]
Sepeninggal Hideyoshi, Jepang mengalami beberapa konflik, salah satunya adalah perang Sekigahara yang merupakan perseteruan paling besar dan penting dalam sejarah negeri Sakura. Dalam perang ini Tokugawa berhasil melumat musuhnya dan namanya pun dikenal bahkan hingga hari ini.

4. Miyamoto Musashi, Samurai Legendaris Terhebat

Membicarakan samurai terhebat, maka nama Miyamoto Mushashi harus masuk dalam daftar. Bagaimana tidak, tokoh satu ini memang luar biasa gila soal pedang. Hidupnya penuh dengan duel-duel maut sejak dirinya muda. Gilanya, puluhan kali berduel, tak pernah sekalipun Musashi mengalami kekalahan.

Miyamoto Musashi [Image Source]
Miyamoto Musashi [Image Source]
Hingga akhirnya ketika ia bertemu dengan Sasaki Kojiro yang menumbangkan rekornya. Selepas kekalahannya, Musashi pun membuka sebuah Dojo dan melatih pemuda-pemuda. Ia juga menulis beberapa buku, salah satunya berjudul The Book of the Five Rings yang isinya berkisar tentang cara bermain pedang yang baik dan benar. Tak seperti samurai biasanya, Musashi mati dalam damai di kasur tidurnya.

5. Hattori Hanzo, Samurai Sekaligus Ninja Terhebat Jepang

Semua tokoh di daftar ini murni seorang ahli pedang, kecuali sosok satu ini. Ya, Hattori Hanzo selain dikenal sebagai samurai, ia juga merupakan ninja kenamaan. Ia dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan Tokugawa yang sangat loyal dan setia.

Hattori Hanzo [Image Source]
Hattori Hanzo [Image Source]
Bicara soal kemampuan, Hanzo benar-benar sangat gila. Kemampuan menebas ala samurainya benar-benar jadi skill apik ketika digabung dengan keahlian ninja yang dimilikinya. Salah satu buktinya adalah ketika ia bisa menyelamatkan Tokugawa dalam sebuah konflik. Setelah melayani tuannya sekian lama, Hanzo akhirnya pensiun dan menjadi Buddha.

Inilah para samurai terhebat yang dimiliki Jepang. Mereka tak hanya punya skill yang benar-benar gila, tapi juga pengaruh yang besar bagi perkembangan negara Sakura. Tokoh-tokoh di atas juga sering diceritakan ulang dalam sebuah manga, anime, atau pun pementasan-pementasan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA